Sukses

12 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Bantu Atasi Penyakit Kulit

Daun lalapan yang punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Di masyarakat luas, manfaat daun kemangi terkenal dapat mencegah bau badan dan bau mulut. Hal ini dikarenakan daun kemangi mengandung banyak zat seperti beberapa jenis vitamin, protein, karbohidrat, serta mineral tubuh. 

Daun yang biasa dijadikan lalapan untuk menambah cita rasa makanan ini ternyata punya manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang menakjubkan. Beberapa orang percaya daun kemangi dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit.

Sayangnya hingga saat ini penelitian medis untuk membuktikan efektivitas manfaat daun kemangi untuk kesehatan masih sangat minim. Namun kamu enggak perlu khawatir untuk mengonsumsi daun yang bisa dikonsumsi tanpa dimasak ini.

Pasalnya ada beberapa nutrisi penting di dalam daun kemangi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi penting daun kemangi lainnya seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, folat, vitamin , A, B, C, dan K walaupun dalam jumlah yang tidak banyak.

Berikut ada 12 manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Meringankan Penyakit Kulit dan Menjaga Kesehatannya

Meringankan Penyakit Kulit

Daun kemangi memiliki antimikroba dan antibakteri yang dikenal efektif untuk mengobati beberapa penyakit kulit. Penyakit kulit yang bisa diredakan dengan daun kemangi seperti psoriasis dan panu.

Untuk mendapatkan manfaat daun kemangi untuk kesehatan ini, cukup balurkan kemangi segar yang sudah dihaluskan pada kulit yang bermasalah. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Jaga Kesehatan Kulit

Minyak daun kemangi dapat membantu membersihkan kulit dari dalam. Minyak ini dapat dijadikan pembersih kulit yang sangat cocok untuk pemilik kulit berminyak.

Selain itu, juga mampu untuk membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Jadikan daun kemangi sebagai pasta dengan mencampurkannya dengan air mawar. Oleskan pasta tersebut ke wajah.

Diamkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Sifat Anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat dari daun kemangi akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

3 dari 7 halaman

Jaga Kesehatan Pencernaan dan Meringankan Sakit Perut

Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Pada beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun kemangi mampu mencegah gejala yang timbul akibat adanya luka di lambung. Untuk itu, manfaat daun kemangi dipercaya mampu menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendiri yang melindungi dinding lambung.

Adanya Eugenol dalam daun kemangi dapat menjadi anti-inflamasi di saluran pencernaan. Daun kemangi membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh dan mengembalikan kadar pH tubuh yang tepat.

Meringankan Sakit Perut

Minyak atsiri pada daun kemangi dipercaya mampu mengobati berbagai masalah penyakit perut selain gangguan pencernaan. Mengonsumsi daun kemangi dapat membantu mengurangi kembung dan retensi air.

Bahkan daun kemangi dapat merangsang hilangnya nagsu makan dan juga bisa menyembuhkan refluks asam.

4 dari 7 halaman

Meredakan Demam dan Batuk

Meredakan dan Cegah Demam

Manfaat daun kemangi untuk mengatasi masalah kesehatan selanjutnya adalah mampu mengurangi demam akibat flu. Kamu bisa mengunyah daun kemangi saat deman karena flu.

Sedangkan untuk mencegah demam, kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun kemangi. Minum setiap hari untuk mencefag demam terutama saat di musim penghujan.

Meredakan Batuk

Tak hanya meredakan dan mencegah flu, daun kemangi juga mampu meredakan batuk. Cara memanfaatkan daun kemangi untuk meredakan batuk dengan mencampurkan beberapa lembar daun kemangi dengan cengkeh.

Lalu campurkan kedua bahan tersebut dan seduh dengan air mendidih. Kamu juga bisa menambahkan garam untuk menambah cita rasa. Diamkan hingga dingin, kemudian minum. Lakukan secara rutin untuk meredakan batuk.

5 dari 7 halaman

Melawan Radikal Bebas dan Depresi

Melawan Radikal Bebas

Menurut buku ‘Healing Foods’, mengatakan bahwa ramuan dari daun kemangi mengandung antioksidan alami yang dapat membantu melindungi jaringan tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Daun kemangi mengandung dua antioksidan flavonoid penting yang larut dalam air, yang dikenal sebagai orientin dan viceninare. Jenis antioksidan ini mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, melindungi struktur sel, dan menunda penuaan dini.

Melawan Depresi

Minyak esensial pada daun kemangi dapat membantu mengatasi depresi dan masalah kecemasan. Hal ini dikarenakan daun kemangi mampu merangsang neurotransmitter yang mengatur hormon yang bertanggung jawa untuk mendorong kebahagiaan dan energi.

Daun kemangi dianggap sebagai adaptogen yang kuat atau agen anti-stres. Sifat anti-inflamasi dan mampu membantu mengelola stres.

6 dari 7 halaman

Meringankan Diabetes dan Jaga Kesehatan Hati

Meringankan Diabetes

Mengonsumsi daun kemangi dapat melepaskan gula dalam darah, tentunya yang sangat dibutuhkan bagi penderita diabetes. Racikan daun kemangi memuat glikemil yang sangat rendah.

Minyak atsiri dalam daun kemangi juga mampu membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko persisten bagi penderita diabetes.

Jaga Kesehatan Hati dan Bantu Mendetoksifikasi Tubuh

Daun kemangi punya kemampuan untuk mendetoksifikasi tubuh sehingga baik untuk menjaga kesehatan hati. Organ hati sangat penting bagi tubuh karena punya peran penting dalam metabolisme tubuh.

Untuk mencegah penumpukan lemak di hati, maka tak ada salahnya mengonsumsi daun kemangi untuk menjaga kesehatan hati.

7 dari 7 halaman

Jaga Kesehatan Mata dan Usus

Meningkatkan Kesehatan Mata

Daun kemangi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Hal ini dikarenakan daun kemangi memiliki kandungan vitamin A yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata.

Jaga Kesehatan Usus

Manfaat daun kemangi lainnya mampu mengembalikan tingkat pH alami tubuh dan memberi bakteri sehat dalam usus mikroflora. Pada usus yang sehat dapat meningkatkan kekebalan dan meningkatkan pencernaan yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini