Sukses

6 Tanaman Hias yang Cocok Dipelihara saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta Tanaman hias merupakan tanaman yang sengaja ditanam seseorang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, dan berbagai tujuan lainnya. Selain sebagai pelengkap sudut rumah, alasan seseorang menanam tanaman hias karena beberapa jenisnya punya kesan keindahan yang dimunculkan.

Memilih tanaman hias yang mudah dirawat adalah cara praktis yang tepat. Memilih tanaman hias yang dapat hidup di segala cuaca juga menjadi salah satu pertimbangan yang perlu dipikirkan.

Pasalnya, menentukan tanaman hias yang mampu bertahan di segala musim sangat dibutuhkan guna mengetahui bagaimana cara merawatnya agar tetap hidup. Salah satu kendalah menanam tanaman hias ketika memasuki musim hujan.

Tak semua tanaman hias mampu bertahan lama di musim hujan alias yang banyak airnya ini. Berikut ada lima referensi tanaman hias yang cocok dipelihara saat musim hujan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019).  

2 dari 7 halaman

Kembang Sepatu

Kembang sepatu merupakan salah satu tanaman hias yang aman untuk ditanam pada musim hujan. Kembang sepatu merupakan tanaman yang mudah tumbuh, bahkan bunganya tetap bermekaran di musim penghujan sekalipun. Jadi, taman kamu akan tetap indah dengan aneka warna-warni bunga kembang sepatu.

3 dari 7 halaman

Melati

Bunga melati juga merupakan tanaman hias terbaik yang bisa ditanam di musim hujan. Jadi, kamu enggak perlu takut tanaman melati gugur atau mati di saat musim penghujan.

Kamu dapat menggunakan tanaman hias melati ini sebagai tanaman container, pagar tanaman, dan lain sebagainya. Selain membuat penampilan pekarangan rumah menjadi indah, bunga melati juga punya aroma yang sangat khas.

4 dari 7 halaman

Teratai

Apabila kamu memiliki kolam di rumah, bisa jadikan teratai sebagai alternatif tanaman hias yang bisa ditanam saat musim hujan. Teratai merupakan bunga musim hujan paling eksotis yang dapat kamu miliki di pekarangan rumah.

Teratai memang merupakan jenis tanaman yang hidup di air. Jadi, saat musim hujan pun teratai akan tetap tumbuh dengan baik di kolam.

 

5 dari 7 halaman

Fuchsia

Fuchsia merupakan tanaman hias yang tergolong relatif sulit untuk dipelihara, karena tenaman hias ini hanya mampu bertahan hidup dengan asupan air yang sangat mencukupi.

Namun, di saat musim penghujan seperti ini, tanaman hias fuchsia menjadi sangat mudah untuk dirawat. Lingkungan yang sejuk dan pasokan air yang sangat banyak membuat tanaman ini akan tetap hidup.

6 dari 7 halaman

Mawar

Mawar merupakan tanaman hias yang bisa tetap hidup musim hujan. Bunga mawar sangat cocok untuk ditanam saat musim hujan.

Alasan ini karena tanaman ini relatif membutuhkan air dalam jumlah yang banyak sehingga menanamnya saat musim hujan akan membantu untuk mencukupi kebutuhan airnya sepanjang waktu.

7 dari 7 halaman

Jenggot Putih

Tanaman hias yang bisa kamu rawat di saat musim penghujan lainnya adalah jenggot putih. Cara menanam tanaman hias ini sangat mudah, karena tidak butuh media tanam khusus. Letakkan saja ke pohon atau pagar,  maka tanaman ini akan beradaptasi cepat pada kondisi panas maupun hujan.

Apabila kandungan airnya cukup, maka warnanya akan menjadi putih kehijauan. Sedangkan kalau asupan air berkurang, maka warnanya akan menjadi abu-abu.