Sukses

Drama 3 Jam Evakuasi Kucing Terjebak di Fly Over Selama 5 Hari Ini Bikin Haru

Selama 3 jam lebih, tim evakuasi anak kucing yang terjebak di fly over akhirnya terselamatkan.

Liputan6.com, Jakarta Senin (25/11/2019), tim Animal Rescue dibantu Damkar Sleman melakukan upaya evakuasi anak kucing di lorong sempit jembatan fly over Janti, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Proses evakuasi tersebut dilakukan karena anak kucing sudah terjebak lebih dari 5 hari di atas tiang jembatan fly over Janti.

Mengetahui ada anak kucing yang berada di lorong sempit jembatan fly over Janti, ibu bernama Retno Tri Iswanti berusaha untuk memberikan pertolongan. Retno sudah mengawasi selama seminggu lamanya ke anak kucing tersebut. Anak kucing tersebut tidak bisa turun dan terjebak di lorong sempit jembatan fly over Janti.

Melihat hal tersebut, Retno berusaha untuk memberikan laporan ke tim Animal Rescue yang dibantu oleh Damkar Sleman untuk melakukan upaya penyelamatan. Upaya evakuasi pun berlangsung lebih dari tiga jam. Evakuasi anak kucing tersebut kemudian dibagikan oleh Retno di Facebooknya ke Info Cegatan Jogja pada kemarin (25/11/2019).

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang kronologi dan fakta-fakta terkait proses evakuasi kucing yang terjebak di fly over Janti, Sleman, Selasa (26/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Awal mula kejadian

Kucing merupakan hewan yang lucu dan menggemaskan. Namun bagi kucing jalanan yang tidak terurus, hanya sedikit orang yang merasa peduli. Seperti yang terjadi di fly over Janti kemarin, Senin (25/11/2019).

Seorang anak kucing terjebak di bagian atas lorong sempit di fly over tersebut. Anak kucing tersebut sudah terjebak selama lebih dari 5 hari. Hal tersebut diketahui dari Retno Tri Iswanti yang membagikan momen penyelamatan anak kucing.

"Iya mas saya yg selama ini pantau kucingnya sudah semingguan di atas. Selama itu saya beri makan dari bawah, saya uncali (lempar)," konfirmasi Retno Tri saat dihubungi via pesan teks oleh Liputan6.com, Selasa (26/11/2019).

3 dari 6 halaman

Memerlukan persiapan khusus

Penyelamatan kucing yang terjebak di lorong fly over bukan tanpa persiapan. Retno Tri yang sudah memantau semingguan lebih dibantu oleh tim Animal Rescue dan Damkar Sleman untuk melakukan evakuasi.

Persiapan seperti tangga darurat, senter dan tongkat dipersiapkan. Pihak kepolisian Sat Sabhara Polda DIY pun juga terlihat turun tangan untuk membantu.

4 dari 6 halaman

Perlu waktu 3 jam untuk evakuasi

Semuanya dikerahkan agar kucing bisa diselamatkan dari terjebak lorong sempit jembatan fly over. Tangga darurat pun dipasang dan beberapa orang terlihat menaiki tangga tersebut untuk menyelamatkan kucing.

Salah satu orang dari Animal Rescue, Jarwo Kuat, turut andil menyelamatkan kucing. Liputan6.com melakukan konfirmasi ke Jarwo Kuat dan menuturkan butuh sekitar 3,5 jam dengan bantuan dari Animal Rescue, Damkar Sleman dan Sar Sabhara Polda DIY untuk menyelamatkan anak kucing.

Setelah dibantu oleh banyak pihak, akhirnya anak kucing yang terjebak di lorong sempit fly over bisa terselamatkan. Kondisi kucing hanya kotor saat diselamatkan. Untuk kesehatannya, kucing masih terlihat aktif bergerak.

5 dari 6 halaman

Sosok di balik evakuasi anak kucing

Posted by Retno Tri Iswanti on Sunday, 24 November 2019

 

Sebagai hewan yang lucu dan menggemaskan, kucing tentu banyak yang menyukai. Namun belum tentu orang-orang turut menyukai kucing jalanan atau peduli terhadap kucing jalanan. Retno Tri Iswanti tidak termasuk orang seperti itu.

Retno sangat peduli dengan kucing. Terlebih semingguan ada suara kucing di lorong sempit fly over. Dengan kepekaannya, Retno berusaha melapor ke Animal Rescue dan Damkar Sleman untuk upaya penyelamatan.

Sifat peduli Retno ini banjir pujian dari netizen. Retno memang sosok yang peduli dengan kucing. Hal tersebut terkonfirmasi dari teman Retno bernama Sari Legmy Tri yang membeberkan bahwa Retno memang sosok penyayang binatang. Retno kerap memberikan donasi ke kucing-kucing liar agar lebih terurus. Ia pun di rumah memiliki banyak kucing peliharaan.

"Ibu Retno pecinta kucing, punya banyak kucing di rumah. Beliau juga sering donasi untuk kucing-kucing terlantar," ujar Sari Legmy kepada Liputan6.com (26/11/2019).

Retno sendiri membenarkan ucapan Sari Legmy kalau ia pecinta kucing. Retno kerap memberikan donasi untuk kucing terlantar. Saat Liputan6.com bertanya tentang motivasinya, Retno pun menjawab karena ia pecinta kucing yang sangat peduli dengan kucing jalanan.

"Yang sakit di jalan pun kita obati, kita bawa ke RSH kalau pun kita nggak bisa cover dana kita open donasi. Jadi kucing apapun kita peduli mas, setiap pagi saya ke pasar beli ikan keranjang sehari 50 ribu itu saya muter tak kasihkan kucing di sepanjang perjalanan. Untuk yang di atas jembatan fly over sudah beberapa hari, kita kasih makan dari bawah, kita uncali," cerita Retno pada Liputan6.com (26/11/2019)

6 dari 6 halaman

Tanggapan Netizen

Postingan akun Facebook Retno Tri Iswandari dan Jarwo Kuat mendadak mendapat perhatian netizen. Hal tersebut dikarenakan Retno dan Jarwo membagikan momen penyelamatan anak kucing yang terjebak di lorong sempit fly over Janti. Banyak netizen yang mengomentari postingan tersebut.

"Masyaa Alloh, Alhamdulilahh,Terimakasih byk,Bpk2 team penyelamat,..jazaakumullah khoiron katsiro,...Hny Alloh yg membalas nya, dgn ribuan keBaikan seBaik2 KeBaikan yg berlipat lipat,...Aamiin...," tulis akun Facebook Asyraf Farras, Selasa (26/11/2019).

"Alhamdulillah. Maturnuwun pakdhe dan kawan2nya," tulis akun Facebook Yulie Rbm, Selasa (26/11/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.