Sukses

10 Macam-Macam Penyakit Psikologis yang Umum Terjadi

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam penyakit psikologis memiliki beragam bentuk. Istilah gangguan psikologis kadang-kadang digunakan untuk merujuk pada apa yang lebih sering dikenal sebagai gangguan mental atau gangguan Kejiwaan. Umumnya, macam-macam penyakit psikologis dikaitkan dengan gangguan pemikiran, persepsi, emosi, dan perilaku.

Ada banyak macam-macam penyakit psikologis, dengan presentasi yang berbeda. Macam-macam penyakit psikologis tak bisa dianggap sebagai gangguan enteng. Gangguan psikologis dapat memengaruhi aktivitas dan kehidupan sehari-hari.

Macam-macam penyakit psikologis ini bisa menimbulkan gejala yang berbeda dan khas. Ada pengobatan yang efektif untuk gangguan mental dan cara untuk meringankan penderitaan. Pemulihan macam-macam penyakit psikologis ini pastinya berbeda.

Penting untuk diketahui, seseorang tidak bisa sembarangan mendiagnosis dirinya mengidap penyakit mental. Diperlukan serangkaian tes dan obeservasi oleh dokter untuk mengetahui seseorang terganggu psikologisnya. Maka dari itu, penting untuk memperoleh banyak informasi tentang macam-macam penyakit psikologis.

Berikut 10 macam-macam penyakit psikologis yang umum terjadi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Penyakit Psikologis: Gangguan suasana hati

Bipolar

Gangguan bipolar dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrem. Kondisi ini juga membuat fluktuasi tingkat energi dan aktivitas yang dapat membuat kehidupan sehari-hari menjadi sulit.

Ciri-ciri penyakit bipolar utama ditandai oleh perubahan suasana hati yang ekstrem dari tinggi ke rendah, dan dari rendah ke tinggi. Tertinggi adalah periode mania, sedangkan terendah adalah periode depresi.

Depresi

Depresi adalah gangguan mood yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat yang terus-menerus. Depresi memengaruhi cara seseorang merasakan, berpikir, dan berperilaku, serta dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik.

Depresi dapat dipecah menjadi beberapa kategori tergantung pada keparahan gejala. Ada dua jenis utama depresi, gangguan depresi mayor dan gangguan depresi persisten.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Penyakit Psikologis: Gangguan makan

Anorexia nervosa

Anorexia nervosa, atau anoreksia umumnya berkembang selama masa remaja atau dewasa muda dan cenderung mempengaruhi lebih banyak wanita daripada pria. Orang-orang dengan anoreksia umumnya menganggap diri mereka kelebihan berat badan, bahkan saat mereka terlalu kurus.

Gejala umum anoreksia nervosa meliputi sangat kurus dibandingkan dengan orang dengan usia dan tinggi yang sama, pola makan sangat terbatas, Ketakutan yang kuat akan kenaikan berat badan, hingga gejala obsesif-kompulsif.

Bulimia nervosa

Orang-orang dengan bulimia sering makan makanan dalam jumlah besar dalam periode waktu tertentu (binge). Individu dengan bulimia kemudian berusaha melakukan pembersihan untuk mengimbangi kalori yang dikonsumsi dan meredakan ketidaknyamanan usus. Perilaku pembersihan umum termasuk muntah paksa, puasa, obat pencahar, diuretik, enema, dan olahraga berlebihan.

Pica

Pica adalah gangguan makan lain yang melibatkan makan hal-hal yang tidak dianggap makanan. Individu dengan pica merasa ingin memakan zat non-makanan, seperti kotoran, tanah, kapur tulis, sabun, kertas, rambut, kain, wol, kerikil, deterjen cucian, dan lainnya. Pica dapat terjadi pada orang dewasa, serta anak-anak dan remaja.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Penyakit Psikologis: Trauma, kecanduan dan kecemasan

Gangguan stres pasca-trauma (PTSD)

Gangguan stres pasca-trauma atau Post-traumatic stress disorder (PTSD) adalah penyakit mental yang dipicu setelah mengalami atau menyaksikan peristiwa traumatis. Pengalaman yang dapat menyebabkan PTSD dapat berkisar dari peristiwa ekstrem, seperti perang dan bencana nasional, hingga pelecehan verbal atau fisik.

Gangguan kecemasan

Orang-orang dengan gangguan kecemasan seringkali memiliki kekhawatiran dan ketakutan yang intens, berlebihan dan persisten tentang situasi sehari-hari. Gangguan kecemasan termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, dan fobia spesifik. Perasaan cemas dan panik ini mengganggu aktivitas sehari-hari dan bisa sulit dikendalikan.

Kontrol impuls dan gangguan kecanduan

Orang dengan gangguan kontrol impuls tidak dapat menahan dorongan, atau impuls, untuk melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri mereka sendiri atau orang lain. Pyromania (menyalakan api), kleptomania (mencuri), dan perjudian kompulsif adalah contoh-contoh gangguan kontrol impuls. Alkohol dan narkoba adalah obyek umum kecanduan.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Penyakit Psikologis: Skizofrenia dan OCD

Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan mental serius di mana orang menafsirkan realitas secara tidak normal. Skizofrenia dapat menyebabkan beberapa kombinasi antara halusinasi, delusi, dan pemikiran dan perilaku yang sangat tidak teratur yang mengganggu fungsi sehari-hari, dan dapat melumpuhkan seseorang.

Gangguan obsesif-kompulsif (OCD)

Obsessive Compulsive Disorder atau OCD adalah gangguan perilaku kronis yang menyebabkan pengidapnya tidak memiliki kontrol atas pikiran-pikiran obsesifnya dan perilakunya yang kompulsif atau berulang-ulang. Penderita OCD dapat terjebak dalam siklus pikiran dan perbuatan berulang yang tidak ada hentinya. Melakukan aktivitas berulang tersebut dapat menghentikan perasaan cemas sementara. Namun penderita akan tetap melakukan aktivitasnya lagi ketika pikiran obsesif muncul kembali.