Sukses

Cara Mengubah Tampilan Android Jadi Seperti IPhone

Androidmu juga bisa dibuat menyerupai iPhone

Liputan6.com, Jakarta Android dan IPhone menjadi dua sistem operasi yang saling menampilkan keunggulannya. Jika kamu memiliki ponsel Android dan bosan dengan tampilan displanya yang itu-itu saja, kamu bisa mengubahnya sesukamu. 

Kamu mungkin ingin merasapak pengalaman memiliki tampilan ponsel seperti IPhone. IPhone adalah ponsel yang luar biasa dengan desain yang menarik. Jika kamu bosan dengan tampilan ponsel Androidmu atau hanya kagum pada seberapa mudahnya ponsel Androidmu bisa diutak-atik, kamu bisa menggunakan cara satu ini.

Kamu cukup memanfaatkan sepenuhnya kemampuan kustomisasi Android. Dengan beberapa kombinasi aplikasi, launche, dan tips serta trik lainnya kamu bisa memiliki Android dengan tampilan tak kalah keren dengan IPhone.

Cara ini membuat tampilan Androidmu tampak seperti IPhone mulai dari ikon menu, home screen, hingga aplikasi-aplikasi yang biasa kamu temui di IPhone. Berikut cara mengubah tampilan Android menjadi seperti IPhone, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(26/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengubah home screen

Home screen IPhone sangat khas dengan app drawer yang tidak dapat ditemukan dalam Android. Tapi kini banyak launcher mencoba meniru atau menyalin tampilan home screen iPhone. Agar perangkat Androidmu terlihat seperti iPhone, kamu akan memerlukan launcher.

Kamu bisa menggunakan Phone X launcher misalnya. Tepat setelah kamu menginstal aplikasi ini di Play Store, kamu akan merasa bahwa sudah melihat iPhone. Ikon aplikasi akan berubah menjadi yang kamu lihat di iPhone.

Jika Chrome adalah browser defaultmu, itu akan diganti dengan ikon aplikasi Safari. Kamu bisa menggeser ke bawah dari mana saja di layar beranda untuk bisa mecari aplikasi dengan cepat atau menemukan aplikasi yang baru saja digunakan.

3 dari 7 halaman

Lock Screen

Tampilan Android ala iPhone-mu tidak akan lengkap jika layar kuncimu masih memiliki tampilan Android. Dengan menginstal iOS12 Lock Screen, lock screenmu akan berubah seperti Lock Screen IPhone. Dengan aplikasi ini, kamu akan melihat semua notifikasi di layar kunci iOS barumu, belum lagi bahwa pesan teks dan panggilan tidak terjawab juga akan memiliki tampilan layaknya iOS.

Kamu juga bisa mengatur kata sandi untuk membukanya yang tampilannya juga seperti IPhone. Buka aplikasi iOS12 Lock Screen, Ketuk opsi setel kata sandi, dan masukkan kata sandi dua kali. Ketuk pada opsi Passcode untuk mengubah kode sandimu menjadi kode numerik khusus, kode numerik empat digit, atau kode numerik enam digit.

Dalam pengaturan aplikasi, kamu juga dapat memodifikasi pengaturan seperti format tanggal, wallpaper, suara kunci, ukuran teks, dan banyak lagi.

4 dari 7 halaman

Menggunakan iMusic

Kamu juga bisa mengganti pemutar musikmu menjadi mirip iMusic. Aplikasi yang kamu perlukan adalah iMusic - Music Player for OS 13. Dengan pemutar musik ini, kamu dapat mendengarkan file audio dengan format berbeda seperti WAV, MP3, AAC, FLAC, 3GP, OGG, dan MIDI.

Kamu juga dapat memilih dari sembilan preset genre musik untuk dipilih seperti Hip-Hop, Pop, Dance, Metal, Latin, Klasik, dll. Aplikasi ini akan membagi musikmu menjadi lima tab berbeda seperti Music, Playlist, Artist, Album and Genre. Ketuk tiga titik di kiri atas untuk mengakses opsi seperti pengulangan, acak, equalizer, dan lainnya. Kamu juga dapat mencari lagu tertentu di bilah pencarian.

5 dari 7 halaman

Aplikasi pesan

Tidak ada iMessage untuk Android. Apple tidak peduli tentang membuat sistem olahpesannya yang luar biasa tersedia untuk platform lain. Tapi, sekarang ada banyak aplikasi perpesanan teks yang menyerupai aplikasi perpesanan iPhone.

Kamu bisa menggunakan Textra. Textra memungkinkan kamu untuk membuat gelembung teks dengan bentuk yang sama seperti di iMessage. Kamu bahkan dapat memiliki munculan pesan baru dengan balasan cepat seperti yang bisa dilakukan di iPhone.

Selain Textra kamu juga bisa menggunakan Messaging+ 7 Free. Ini adalah aplikasi pesan gaya datar. UI gaya datar keren. Sangat mudah digunakan. Messaging+ 7 Free adalah aplikasi pengiriman pesan yang akan membuat pesanmu terlihat seperti iPhone.

6 dari 7 halaman

Kamera

Untuk tampilan kamera menyerupai iPhone kamu bisa menggunakan GEAK Camera. Aplikasi ini berjalan berdasarkan pada teknologi OpenGL. GEAK Camera memberimu Filter Real-time yang kuat.

Antarmuka mirip iPhone yang bersih dan mudah memungkinkan kamu mengambil foto yang indah di mana saja dan kapan saja. Aplikasi ini memungkinkan kamu mendapatkan filter iOS di perangkat Androidmu.

7 dari 7 halaman

Aplikasi pendukung

Kalender

Meskipun Google Kalender cukup bagus,kamu mungkin tidak tertarik jika menginginkan tampilan ponselmu menyerupai Apple. Untuk sesuatu yang menyerupai kalender iPhone di Android, kamu bisa menginstal iCalendar iOS 13. Aplikasi ini kompatibel dengan Google Calendar, menawarkan pengkodean warna khusus untuk acara, mendukung tampilan peta, dan memiliki task manager terintegrasi.

Kalkulator

Selain kalender kamu mungkin juga ingin tampilan kalkulatormu seperti iPhone. Di Play Store kamu bisa menginstal iCalculator. iCalculator akan mengemas kalkulator iOS ke Androidmu. Ini termasuk tombol angka bulat dan skema warna. Selain dasar-dasarnya, iCalculator dapat mencatat riwayat, memberikan fitur grafik, melakukan konversi, dan memiliki fungsi memori seperti M +, M, MR, dan MC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.