Sukses

Cara Melukis Wajah untuk Pemula, dari Menggambar hingga Mewarnai

Liputan6.com, Jakarta Bagi pemula, cara melukis wajah bisa menjadi proses yang rumit. Menggambar dan melukis wajah yang terlihat realis bisa dipelajari dengan mudah. Cara melukis wajah untuk pemula bisa dimulai dari cara sederhana.

Penting bagi seniman pemula untuk belajar tentang proporsi wajah dan penempatan elemen wajah yang efektif sebelum beralih ke gaya gambar yang lebih realistis. Cara melukis wajah untuk pemula ini meliputi cara menggambar tiap elemen wajah seperti mata, hidung, bibir, telinga dan rambut.

Cara melukis wajah untuk pemula ini merupakan dasar untuk menggambar wajah yang realis dan proposional. Kamu bisa menerapkan cara melukis wajah ini untuk berlatih. Cara melukis wajah ini juga disertai cara mewarnainya.

Berikut cara melukis wajah untuk pemula, lengkap dari langkah menggambar hingga mewarnai, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (27/11/2019).

2 dari 5 halaman

Menggambar Bentuk Kepala

1. Pertama-tama gambar lingkaran dengan dua garis berpotongan yang terhubung langsung di tengah. Lingkaran mewakili bagian atas kepala.

2. Selanjutnya, gambar kotak di mana setiap sudut menyentuh lingkaran. Kotak ini nantinya akan mewakili ujung-ujung wajah. Garis atas pada akhirnya akan menjadi garis rambut bagian bawah. Garis bawah akan menjadi garis hidung, sedangkan garis tengah akan menjadi garis alis.

3. Langkah selanjutnya adalah dagu. Buat garis horizontal dan vertikal untuk membuat dagu. Dari garis bawah kotak, gunakan pengukuran ini untuk menandai lokasi bagian bawah dagu. Kemudian, gambarkan tepi dagu dari setiap sisi bujur sangkar sehingga mereka terhubung di lokasi yang kamu tandai.

4. Semakin pendek kamu membuat garis horizontal, semakin sempit dagu yang kamu buat. Semakin lebar kamu menggambar garis horizontal ini, semakin lebar dagu. Semakin jauh garis ke bawah dari lingkaran yang kamu gambar, semakin panjang wajahnya. Semakin dekat ke lingkaran, semakin bulat wajahnya. Itu semua tergantung pada karakteristik wajah yang kamu ingin buat.

3 dari 5 halaman

Menggambar elemen wajah

Mata

Karena sebelumnya kamu telah membuat garis bantu untuk tiap elemen wajah, kamu dapat dengan mudah menempatkannya. Kamu bisa menggunakan ketinggian kepala untuk membantu menentukan lokasi mata pada wajah.

Mata umumnya ditemukan pada garis di tengah kepala tepat di bawah garis alis. Garis alis diwakili oleh garis tengah yang kamu gambar pada langkah pertama. Buat garis horizontal tepat di bawah garis alis.

Untuk membuat mata kamu bisa mulai dengan menggambar bentuk segi enam memanjang. Bulatkan segi enam tersebut hingga membentuk mata dan tambahkan kelenjar air mata. Tambahkan iris, pupil, kelopak mata, dan bulu mata. Setelah itu gambarkan alis pada garis alis yang telah tersedia.

Hidung

Kamu dapat mulai menggambar bagian bawah hidung pada garis bawah kotak yang kamu gambar pada langkah awal. Lebar hidung bervariasi dari orang ke orang, tetapi umumnya selebar sudut bagian dalam mata.

Mulai dengan menggambar tiga lingkaran, buat lingkaran tengah lebih besar dari dua lainnya. Gunakan tiga lingkaran ini untuk membuat garis lubang hidung. Tambah garis panjang agak melengkung untuk membuat garis hidung.

Mulut

Untuk mata kamu bisa memulainya di bawah hidung. Mulut sedikit lebih tinggi dari setengah jalan antara bagian bawah hidung dan dagu.

Tentu saja, pengukuran ini bervariasi dari orang ke orang. Kamu bisa menggunakan mata untuk membantu menentukan lebar mulut. Sudut-sudut mulut umumnya sejajar dengan tepi bagian dalam pupil.

Telinga

Cara melukis wajah selanjutnya adalah bagian telinga. Kamu bisa menggunakan lokasi fitur wajah untuk membantu menentukan lokasi telinga.

Bagian atas telinga umumnya akan sejajar dengan garis alis, sedangkan bagian bawah telinga sejajar dengan garis hidung. Perlu diingat bahwa telinga keluar dari kepala dan sedikit memanjang ke atas.

Setelah kamu selesai menggambar elemen wajahmu, hapus semua garis bantu yang ada kecuali garis rambut.

4 dari 5 halaman

Menggambar rambut dan leher

Menggambar rambut

Ada banyak cara menggambar rambut, tergantung pada gaya rambut yang kamu inginkan untuk karaktermu. Rambut bisa panjang, pendek, lurus, keriting, bergelombang, dan lainnya. Kamu perlu menentukan garis rambut untuk membuat ini. Garis rambut ditemukan di tepi atas kotak yang kamu gambar pada langkah awal.

Rambut yang lebih pendek hanya sedikit memanjang dari bagian atas kepala, sementara rambut yang lebih panjang atau lebih lebat dapat memanjang sedikit. Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai jenis rambut.

Menggambar leher

Pada titik ini, gambar wajah sudah selesai terbentuk. Sekarang kamu perlu menambahkan leher untuk gambarmu. Secara umum, leher memanjang ke bawah dari bagian bawah telinga. Leher wanita sedikit lebih ramping, sementara leher pria lebih lebar.

Untuk menggambar leher, kamu cukup menjulurkan dua garis ke bawah dari bagian bawah telinga.

5 dari 5 halaman

Cara mewarnai wajah

1. Mulai dengan mewarnai mata, warnai pupil dan warna putih pada bola mata. Warnai juga alis dan bulu mata. Setelah itu mulai dengan mewarnai kulit.

2. Warna kulit akan bervariasi dan tidak pernah sama di seluruh wajah, jadi kamu bisa mengombinasikan warna-warna monokrom yang ada.

3. Kamu bisa mulai mewarnai bagian wajah yang berwarna lebih tua terlebih dahulu. Warnai juga bagian bibir, bibir tidak harus berwarna merah, kamu juga bisa menggunakan warna kulit untuk bibir.