Sukses

10 Manfaat Klorofil dalam Sayuran, Bisa Detoks Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Klorofil merupakan zat yang hadir dalam sebagian besar sayuran hijau. Zat ini memberi warna hijau pada sayuran. Klorofil bertanggung jawab menyerap energi matahari untuk memfasilitasi fotosintesis pada tumbuhan.

Sumber klorofil terbaik berasal dari sayuran dan rempah-rempah yang berwarna hijau, dari luar dan dalam. Klorofil memberikan manfaat nutrisi bagi tubuh dan membantu menjaga kesehatan. Manfaat klorofil bisa didapat dari mengonsumsi langsung sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, atau rumput gandum. Klorofil juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Sebagian besar suplemen klorofil mengandung klorofilin. Klorofilin adalah turunan klorofil alami yang larut dalam air yang berpotensi diserap lebih baik oleh tubuh daripada bentuk klorofil lainnya.

Berbagai penelitian medis telah menemukan klorofil bermanfaat untuk kondisi kulit, bau badan, dan melawan jenis kanker tertentu. Berikut manfaat klorofil untuk kesehatan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019).

2 dari 6 halaman

Kuatkan tulang dan otot

Sehatkan tulang

Klorofil mengandung sejumlah besar magnesium, membantu menjaga tulang tetap kuat. Di dalam tubuh, sekitar 50 persen magnesium ada di tulang, dan 50 persen sisanya didistribusikan di sel, jaringan, dan organ. Klorofil yang baik untuk tulang ini bisa didapatkan dari sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, dan bayam.

Kuatkan otot

Magnesium dalam klorofil juga membantu otot berkontraksi dan rileks serta tetap kuat. Tidak cukup klorofil membuat tubuh kekurangan pasokan magnesium, dan kekurangan moneral ini bisa membuat otot lemah. Disarankan untuk tidak memasak sayuran terlalu matang agar klorofil tak hilang dalam pemanasan.

3 dari 6 halaman

Manfaat untuk kulit

Anti penuaan

Klorofil yang diaplikasikan secara topikal dapat bekerja sebagai obat anti-penuaan. Mengoleskan gel klorofil ke kulit mengurangi tanda-tanda penuaan akibat paparan sinar matahari. Perawatan kulit dengan klorofilin meningkat dengan cara yang mirip dengan perawatan kulit dengan tretinoin yang telah terbukti membantu mengurangi penuaan kulit.

Atasi jerawat

Klorofilin telah terbukti mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri pada luka kulit termasuk yang disebabkan oleh jerawat. Klorofilin juga efektif untuk jerawat ringan hingga sedang. Klorofilin juga efektif untuk jerawat ringan hingga sedang. Dalam sebuah studi tahun 2015, orang-orang dengan jerawat dan pori-pori besar melihat perbaikan kulit ketika mereka menggunakan gel klorofilin topikal selama 3 minggu.

4 dari 6 halaman

Lancarkan peredaran darah dan bantu turunkan berat badan

Sehatkan peredaran darah

Salah satu dari banyak manfaat yang diberikan klorofil adalah menjaga tekanan darah normal. Magnesium dalam klorofil dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, klorofil secara kimiawi mirip dengan hemoglobin, protein yang penting dalam sel darah merah karena membawa oksigen ke seluruh tubuh seseorang.

Para peneliti telah menyarankan bahwa jus wheatgrass, yang kaya akan klorofil, dapat membantu dalam mengobati gangguan kekurangan hemoglobin, seperti anemia dan talasemia.

Bantu penurunan berat badan

Penurunan berat badan adalah salah satu manfaat klorofil yang paling populer. Klorofil dapat mengurangi nafsu makan karena menurunkan kadar gula darah. Kadar gula darah tinggi dikaitkan dengan selera makan dan rasa lapar yang lebih tinggi. Para peneliti mengungkapkan bahwa klorofil dapat membantu penurunan berat badan dengan mengurangi keinginan untuk makan makanan manis dan berlemak.

5 dari 6 halaman

Cegah bau badan dan sehatkan hati

Deodoran alami

Klorofilin telah digunakan sejak 1940-an untuk menetralisir bau tertentu. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1960 menyarankan bahwa klorofil dapat mengurangi bau bagi orang yang pernah menjalani colostomy. Saat ini, beberapa deodoran dan obat kumur mengandung klorofil. Beberapa orang juga minum pil klorofil untuk membantu mengurangi bau badan.

Dukung kesehatan hati

Selain efek neuroprotektif dan penekan nafsu makan, klorofil meningkatkan kesehatan hati dan menyeimbangkan flora usus. Sebuah penelitian terbaru yang diposting di Frontiers in Physiology pada tahun 2018 telah menemukan bahwa klorofilin dapat membantu meringankan gejala fibrosis hati dengan mengurangi bakteri usus yang berbahaya.

6 dari 6 halaman

Detoks tubuh dan cegah kanker

Detoks tubuh

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menyatakan bahwa klorofil memiliki kapasitas antioksidan yang kuat bersama dengan sejumlah besar vitamin esensial. Peran antioksidan dalam klorofil ini efektif membantu menetralkan molekul berbahaya yang disebabkan oleh stres oksidatif akibat radikal bebas.

Klorofil menghasilkan aliran oksigen dan darah yang lancar. Efek ini membantu tubuh menyingkirkan kotoran dan racun berbahaya. Klorofil memiliki kemampuan untuk mengikat dan membuang bahan kimia beracun dan logam berat seperti merkuri dari tubuh.

Cegah kanker

Klorofil dapat mencegah kerusakan DNA dan peroksidasi lipid, mengurangi risiko kanker dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Klorofil memiliki struktur yang mirip dengan hemoglobin dan dapat membantu melindungi terhadap kanker. Sebuah studi kecil juga menemukan bahwa klorofil dapat membatasi aflatoksin yang tertelan, senyawa yang diketahui menyebabkan kanker.