Sukses

8 Bahan Alami untuk Mengobati Sakit Kuning, Konsumsi Makanan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami untuk mengobati sakit kuning terdiri dari buah-buahan hingga sayuran. Sakit kuning disebabkan oleh adanya kelebihan jumlah bilirubin dalam tubuh karena ketidakmampuan atau kelemahan fungsi hati yang bekerja bersama-sama dengan ginjal untuk menyaring zat tersebut.

Pengobatan sakit kuning tidak dapat dilakukan dengan obat-obatan saja. Aspek yang paling penting dari pengobatan penyakit kuning adalah makan makanan yang tepat. Beberapa makanan dapat menyembuhkan penyakit kuning dan membantu kamu sembuh lebih cepat.

Bahan alami untuk mengobati sakit kuning umumnya mengandung vitamin C yang baik untuk hati. Konsumsi berbagai makanan sehat ini akan membantu memulihkan sakit kuning lebih cepat, di samping secara teratur mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter. Tanyakan pada dokter bagaimana penyembuhan terbaik untuk penyakit kamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019) tentang bahan alami untuk mengobati sakit kuning.

2 dari 5 halaman

Tomat dan Kunyit

Tomat

Bahan alami untuk mengobati sakit kuning yang pertama adalah tomat. Tomat merupakan salah satu bahan makanan sumber likopen yang baik untuk kesehatan darah dalam tubuh. Minum jus tomat setiap pagi akan membantu memulihkan kesehatan hati.

Tomat juga kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga sangat baik dalam proses penyembuhan organ hati. Jus tomat juga membantu dalam meremajakan sel-sel hati.

Kunyit

Manfaat kunyit untuk kesehatan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah banyak yang tahu bahwa rimpang berwarna kuning oranye ini adalah tanaman obat yang sangat baik untuk berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit kuning.

Kunyit yang antibakteri, antimikroba, anti-inflamasi, dan bersifat antioksidan ini dapat mengatasi penyakit kuning jika dikonsumsi secara rutin. Cukup mencampur dua ruas kunyit dengan madu dan diminum setiap 3 kali sehari.

3 dari 5 halaman

Jahe dan Pepaya

Jahe

Bahan alami untuk mengobati sakit kuning selanjutnya adalah Jahe. Jahe juga merupakan salah satu obat yang baik untuk penyakit kuning. Sifatnya yang antibiotik dan antioksidan, mampu menyembuhkan dengan baik.

Cukup campur jahe yang sudah dihaluskan dengan air jeruk nipis dan ekstra mint, kemudian minum setiap hari. Kamu juga bisa menambahkan madu asli untuk mempercepat pemulihan.

Pepaya

Sakit kuning juga bida diobati dengan mengonsumsi pepaya. Pepaya memiliki kandungan enzim peptin yang dapat membantu menyembuhkan penyakit kuning.

Caranya cukup dengan menyampurkan pepaya mentah dengan daun pepaya, semua bahan dihaluskan dan ditambah madu. Kemudian campur dengan sedikit air dan minum sehari sekali.

4 dari 5 halaman

Lemon dan Nanas

Lemon

Lemon juga merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan vitamin C, karena itulah lemon juga bisa mengobati sakit kuning. Lemon adalah salah satu makanan terbaik untuk mendetoks tubuh.

Peras satu lemon dan campur dengan segelas air hangat serta madu. Minum ramuan ini setiap pagi saat perut kamu masih kosong untuk membersihkan tubuh. Hal ini akan membantu membuka saluran empedu yang terhambat.

Nanas

Sama dengan lemon, nanas adalah buah yang dapat mendetoks tubuh dan membantu membersihkan sel-sel hati. Nanas merupakan salah satu makanan yang dapat menyembuhkan sakit kuning secara efektif. Jadi, kamu juga bisa mengonsumsi nanas secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya ini.

5 dari 5 halaman

Air Tebu dan Wortel

Air Tebu

Bahan alami untuk mengobati sakit kuning selanjutnya adalah air tebu. Air tebu memiliki kandungan energi yang sangat tinggi dan dapat mempercepat proses pemulihan tubuh saat terkena sakit kuning. Bahkan konsumsi secara teratur dapat membantu memulihkan kapasitas hati dan membantu pencernaan 

Wortel  

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan wortel sebagai bahan alami untuk mengobati sakit kuning. Kaya akan beta-karoten dan rendah kolesterol, wortel merupakan sumber vitamin A dan C. Vitamin dan nutrisi yang ada dalam wortel ini membantu detoksifikasi hati dan bermanfaat untuk berfungsinya hati dengan baik.