Sukses

10 Obat Tradisional Penyakit Kuning yang Ampuh, Gunakan Bahan Alami

Obat tradisional penyakit kuning bisa menjadi alternatif pengobatan agar sembuh lebih cepat

Liputan6.com, Jakarta Obat tradisional penyakit kuning menggunakan berbagai bahan-bahan alami. Seperti yang telah diketahui, pengobatan sakit kuning ini memang tidak dapat dilakukan dengan obat-obatan saja. Aspek yang paling penting dari pengobatan penyakit kuning adalah makan makanan yang tepat. 

Sakit kuning sendiri disebabkan oleh adanya kelebihan jumlah bilirubin dalam tubuh karena ketidakmampuan atau kelemahan fungsi hati yang bekerja bersama-sama dengan ginjal untuk menyaring zat tersebut.

Obat tradisional penyakit kuning bisa menjadi alternatif pengobatan agar sembuh lebih cepat. Di samping harus mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter, kamu juga perlu menjaga konsumsi makanan, khususnya yang dapat menjadi obat tradisional penyakit kuning ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/11/2019) tentang obat tradisional penyakit kuning

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tomat dan Air Tebu

Tomat

Obat tradisional penyakit kuning yang pertama adalah tomat. Tomat merupakan salah satu bahan makanan sumber likopen yang baik untuk kesehatan darah dalam tubuh. Minum jus tomat setiap pagi akan membantu memulihkan kesehatan hati.

Tomat juga kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga sangat baik dalam proses penyembuhan organ hati. Jus tomat juga membantu dalam meremajakan sel-sel hati.

Air Tebu

Bahan alami untuk mengobati sakit kuning selanjutnya adalah air tebu. Air tebu memiliki kandungan energi yang sangat tinggi dan dapat mempercepat proses pemulihan tubuh saat terkena sakit kuning.

Bahkan konsumsi secara teratur dapat membantu memulihkan kapasitas hati dan membantu pencernaan. Minumlah 1-2 gelas jus tebu setiap hari.

3 dari 6 halaman

Bawang Putih dan Pepaya

Bawang Putih

Obat tradisional penyakit kuning selanjutnya adalah bawang putih. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bawang putih membantu dalam detoksifikasi hati, yang selanjutnya membantu mempercepat proses pemulihan dari penyakit kuning.

Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan menambahkan 3-4 siung bawang putih cincang ke dalam makanan sehari-hari.

Pepaya

Obat tradisional penyaki kuning berikutnya adalah mengonsumsi pepaya. Pepaya memiliki kandungan enzim peptin yang dapat membantu menyembuhkan penyakit kuning.

Caranya cukup dengan menyampurkan pepaya mentah dengan daun pepaya, semua bahan dihaluskan dan ditambah madu. Kemudian campur dengan sedikit air dan minum sehari sekali.

4 dari 6 halaman

Kunyit dan Jahe

Kunyit

Manfaat kunyit untuk kesehatan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah banyak yang tahu bahwa rimpang berwarna kuning oranye ini adalah tanaman obat yang sangat baik untuk berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit kuning.

Kunyit yang antibakteri, antimikroba, anti-inflamasi, dan bersifat antioksidan ini dapat menjadi obat tradisional penyakit kuning jika dikonsumsi secara rutin. Cukup mencampur dua ruas kunyit dengan madu dan diminum setiap 3 kali sehari.

Jahe

Obat tradisional penyakit kuning selanjutnya adalah Jahe. Jahe juga merupakan salah satu bahn alami yang baik untuk penyakit kuning. Sifatnya yang antibiotik dan antioksidan, mampu menyembuhkan dengan baik.

Cukup campur jahe yang sudah dihaluskan dengan air jeruk nipis dan ekstra mint, kemudian minum setiap hari. Kamu juga bisa menambahkan madu asli untuk mempercepat pemulihan.

5 dari 6 halaman

Lemon dan Wortel

Lemon

Lemon juga merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan vitamin C, karena itulah lemon juga bisa mengobati sakit kuning. Lemon adalah salah satu makanan terbaik untuk mendetoks tubuh.

Peras satu lemon dan campur dengan segelas air hangat serta madu. Minum ramuan ini setiap pagi saat perut kamu masih kosong untuk membersihkan tubuh. Hal ini akan membantu membuka saluran empedu yang terhambat.

Wortel  

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan wortel sebagai obat tradisional penyakit kuning. Kaya akan beta-karoten dan rendah kolesterol, wortel merupakan sumber vitamin A dan C. Vitamin dan nutrisi yang ada dalam wortel ini membantu detoksifikasi hati dan bermanfaat untuk berfungsinya hati dengan baik.

6 dari 6 halaman

Nanas dan Minyak Esensial Rosemary

Nanas

Sama dengan lemon, nanas adalah buah yang dapat mendetoks tubuh dan membantu membersihkan sel-sel hati. Nanas merupakan salah satu makanan yang dapat menyembuhkan sakit kuning secara efektif.

Jadi, kamu juga bisa mengonsumsi nanas secara teratur sebagai salah satu obat tradisional penyakit kuning.  

Minyak Esensial Rosemary

Obat tradisional penyakit kuning selanjutnya adalah minyak esensial rosemary. Minyak esensial rosemary ini memiliki sifat antioksidan dan efek hepatoprotektif pada hati.

Campurkan 12 tetes minyak esensial rosemary dengan 30 ml minyak kelapa dan oleskan campuran ini pada perut kamu di dekat daerah hati. Pijat dengan lembut dan biarkan beberapa saat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini