Sukses

10 Cara Balikan Sama Mantan yang Baru Putus, Jangan Terburu-Buru

Liputan6.com, Jakarta Mencari bagaimana cara balikan sama mantan yang baru putus kerap dibutuhkan bagi mereka yang masih ingin menjalin hubungan bersama. Pasalnya, putus hubungan dengan seseorang belum berarti benar-benar akhir dari segalanya.

Seiring dengan waktu dan komunikasi yang lebih baik, bukan tidak mungkin kamu dan mantan bisa kembali menjadi pasangan. Namun, cara balikan sama mantan yang baru putus tidak bisa dilakukan dengan asal.

Walaupun rasa rindu untuk ingin menyalakan kembali hubungan setelah putus cinta, kamu tetap perlu cara balikan sama mantan yang baru putus dengan tepat. Jika kamu yakin mantan memiliki perasaan yang sama, maka berjuanglah.

Namun, jangan terburu-buru atau gegabah. Alih-alih, cara balikan sama mantan ini malah akan semakin membuatnya menjauh. Berikut ada 10 cara balikan sama mantan yang baru putus yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (1/12/2019).

2 dari 6 halaman

Beri Ruang dan Waktu untuk Mantan

Beri Waktu untuk Menenangkan Diri

Cara balikan sama mantan yang baru putus pertama kali yang perlu diperhatikan yaitu memberikan waktu satu sama lain untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Bukan tanpa tujuan, memberi sedikit waktu setelah putus untuk balikan berguna untuk menenangkan kodisi masing-masing.

Jangan terburu-buru minta balikan dengan mantan. Terburu-buru hanya akan membuat hasilnya tidak akan maksimal. Dala jeda waktu ini, setidaknya kamu bisa merenungkan kesalahan-kesalahan dan memberi ketenangan untuk mantan.

Selama jeda waktu, kamu bisa mengingat-ingat kembali kesalahan-kesalahan besar yang pernah kamu perbuat dengan dirinya. Kamu juga bisa curhat ke teman yang lebih dewasa dan bisa dipercaya. Hal ini akan memberikan sudut pandang lain untuk masalah kamu dan mantan.

Beri Dia Ruang

Cara balikan sama mantan yang baru putus selanjutnya yaitu dengan memberinya waktu untuk memproses emosinya karena mantan memiliki lebih banyak energi maskulin daripada feminin. Hal ini terjadi terlebih pada pria yang memiliki perbedaan dengan wanita.

Mereka biasanya menyembunyikan perasaan sampai merasa nyaman untuk diekspresikan kepada kamu. Semakin banyak ruang yang kamu berikan, semakin ingin dirinya kembali dengan caranya sendiri sambil berpikir bahwa itu adalah idenya selama ini.

3 dari 6 halaman

Jaga Jarak dan Dekati Jika Sudah Yakin

Jaga Jarak

Bagi beberapa orang, menjaga jarak dengan matan merupakan cara yang cukup sulit untuk dilakukan. Mencoba untuk tidak stalking dan berhenti berpikir yang tidak-tidak tentang dia bukan sesuatu hal yang mudah.

Hal ini sangat wajar, mungkin kamu memang sedang kangen dengan dia. Walaupun begitu, kamu disarankan untuk tidak menghubungi dia tanpa ada motivasi atau alasan yang jelas. Jangan mencoba mencuri perhatian dia, apalagi dengan cara yang arogan.

Kamu bisa tetap bersikap ramah dengan semua orang. Jangan beranggapan karena kamu lagi masa berkabung, orang lain juga harus merasakan kesedihan seperti kamu. Intinya, tetap baik dengan semua orang dan jangan menambah drama dengan orang lain.

Kembali Dekati Kalau Sudah Benar-benar Yakin

Sedih setelah putus tidak boleh berlarut-larut. Kamu harus segera menyimpulkan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Kalau kamu masih ragu mau balikan dengan mantan, jangan dilakukan.

Dekati kembali mantan dengan cara yang sederhana saja, seperti kegiatan-kegiatan sederhana dan sehari-hari yang biasa dilakukan. Jangan tiba-tiba mengajaknya nonton bareng, mengajak makan malam, dan lain sebagainya yang berlebihan.

4 dari 6 halaman

Bukan Hubungan Baru dan Saling Jujur

Jangan Anggap sebagai Hubungan Baru

Memang mudah untuk tergoda dan menganggap kesempatan kedua kamu dan mantan ini sebagai hubungan baru. Namun faktanya, kamu berdua sudah pernah menjadi pasangan sebelumnya.

Kamu berdua memang sudah pernah menjalin hubungan sebelumnya, tetapi ini adalah bab baru dan pasti akan seru.

"Sangatlah penting bagi pasangan untuk membangun lanjutan dari hubungan sebelumnya, lengkap dengan segala kekurangannya," ujar Klow selaku pemilik dari Skylight Counseling Center di Chicago. 

Jujur tentang Waktu Berpisah

Cara balikan sama mantan yang baru putus selanjutnya mengatakan yang sejujurnya tentang apa yang terjadi saat kamu berpisah dengan dirinya. Kamu tidak perlu menjelaskan detailnya. Cukup katakan kamu sudah berkencan dengan siapa saja selama putus.

Namun, jangan mengatakan apabila orang yang kamu kencani adalah teman kerja atau teman baiknya, atau siapa saja yang mungkin bisa menyebabkan kecemburuan dan sakit hati.

Sangatlah penting menjelaskan hal tersebut, sehingga tidak aka nada kejutan nantinya. Jika pasangan kamu merasa sedih atau marah karena hal tersebut (walau sebenarnya saat itu kamu sudah tidak bersama lagi) berilah ia penjelasan. Bahaslah semua ketakutan dan kekhawatirannya secara menyeluruh, lalu melangkahlah ke depan.

5 dari 6 halaman

Jelaskan Alasan Ingin Kembali dan Selesaikan Masalah Sebelumnya

Jelaskan Alasan Kenapa Kamu Ingin Kembali Bersama

Apakah kamu kembali bersama karena orang terakhir yang kamu kencani melakukan hal konyol dan bodoh yang membuat kamu kehilangan harapan bisa mendapatkan pacar baru?

Ataukah karena kamu yakin ada sesuatu yang positif dan membahagiakan yang membuat hubungan kamu dan mantan layak diperjuangkan?

Jika jawabannya alasan yang pertama, hal itu bukanlah alasan yang cukup kuat. Namun, jika jawaban kamu adalah yang kedua, maka lanjutkan cara balikan sama mantan ini.

Menyelesaikan Masalah Sebelumnya

Sangat mungkin hal-hal yang dulu menjadi masalah kembali mencuat ke permukaan. Oleh karena itu, lebih baik kamu menyelesaikannya sebelum benar-benar ingin kembali dengan mantan.

Hal ini bukan berarti kamu memulai pertengkaran. Hanya saja kamu berdua harus membahas dan menyelesaikan permasalahan yang sempat membuat kamu dan mantan berpisah sekaligus menemukan solusi agar masalah tersebut tidak kembali muncul ke depannya.

6 dari 6 halaman

Jangan Bersedih Jika Dia Tidak Ingin Kembali

Memulai Kembali

Setelah sukses dengan cara balikan sama mantan, jangan lupa bahwa semuanya sudha berbeda. Kamu harus menjadi pribadi yang lebih baik dan dia juga demikian.

Biarkan suasana menjadi cair, cobalah ajak dia untuk melakukan hal-hal positif baru yang belum pernah kalian lakukan bersama sebelumnya. Tetap mempertahankan nuansa bahagia di antara kalian berdua dan jangan mengungkit masa lalu dengan sindirian-sindiran pahit.

Walaupun sebenarnya maksuda kamu hanya bercanda, bisa jadi dia masih sensitif. Jangan lupa untuk mengapresiasi perubahan yang sudah dia lakukan.

Jangan Bersedih Jika Mantan Tidak Mau Balikan

Kalau ternyata hasilnya mantan tidak mau menjalin kembali hubungan dengan kamu, terima dan hargai keputusannya. Sedih dan kecewa tidak bisa dipungkiri lagi.

Boleh bersedih, tetapi jangan habiskan waktu kamu untuk bersedih. Segeralah untuk bangkit lagi. Apa yang sudah terjadi, jadikan saja sebagai pengalaman dan jangan kamu ulangi kembali kesalahan yang sama di masa depan.

Selama kamu sendiri, cobalah untuk meningkatkan kualitas diri. Cobalah untuk memantaskan diri. Mungkin saja ada kesempatan berikutnya.