Sukses

10 Manfaat Menguapkan Air ke Wajah, Bikin Makin Glowing

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara menjadikan kulit wajah terlihat glowing bercahaya. Tak sedikit perawatan kulit dan spa yang menjanjikan hasil memukau pada wajah. Tapi, tak sedikit pula cara sederhana untuk melakukan perawatan ala spa ini.

Salah satu cara sederhana untuk mendukung wajah glowing adalah face steaming. Face steaming atau metode penguapan wajah adalah proses perawatan kulit yang lembut dan alami. 

Kamu bisa melakukan penguapan sederhana di rumah. Menguapkan air ke wajah merupakan cara relaksasi termudah dan terjangkau. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk facial di spa untuk menikmati manfaatnya. Kamu hanya perlu memanfaatkan bahan-bahan yang sudah teredia di rumah.

Berikut manfaat menguapkan air ke wajah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (2/12/2019). 

2 dari 7 halaman

Bersihkan pori-pori dan lancarkan sirkulasi

Bersihkan pori-pori

Uap membuka pori-pori wajah dan membantu melonggarkan penumpukan kotoran untuk membersihkan lebih dalam. Membuka pori-pori juga melembutkan komedo, membuatnya lebih mudah dihilangkan. Salah satu cara terbaik untuk membersihkan pori-pori wajah adalah dengan menguapkan air ke wajah.

Ketika keringat mengalir dari kulit, ia mengangkat kotoran, sel-sel kulit mati dan puing-puing lain yang mungkin terperangkap dalam pori-pori ke permukaan kulit. Ini membuat kotoran dapat dengan mudah dihilangkan.

Meningkatkan sirkulasi

Kombinasi uap hangat dan peningkatan keringat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Peningkatan aliran darah ini memberi nutrisi pada kulit dan memberikan oksigen. Hasilnya adalah kulit nampak bercahaya alami dan sehat.

3 dari 7 halaman

Cegah jerawat dan komedo

Melepaskan bakteri dan sel penyebab jerawat

Membuka pori-pori memungkinkan pelepasan sel kulit mati, bakteri, dan kotoran lain yang menyebabkan jerawat. Pori-pori yang tersumbat adalah salah satu faktor utama penyebab jerawat, dan dapat menyebabkan infeksi dan iritasi kulit yang parah.

Uap hangat menyebabkan wajah berkeringat yang membuka pori-pori dan membantu melembutkan lapisan permukaan sel-sel kulit mati dan melepaskan kotoran yang bisa menjadi penyebab berjerawat.

Hilangkan komedo

Kulit kita secara alami menghasilkan sebum yang melindungi dan melumasi kulit. Minyak yang diproduksi secara alami ini diproduksi oleh kelenjar sebaceous untuk melumasi kulit dan rambut. Ketika sebum terjebak di bawah permukaan kulit, ini menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri dan menyebabkan jerawat dan komedo. Ketika uap diterapkan pada wajah, ia melunakkan sumbat komedo, dengan lembut melepaskannya dari celah-celah folikel.

4 dari 7 halaman

Hidrasi kulit dan rawat kulit

Bantu hidrasi kulit

Uap melembabkan kulit dengan membantu meningkatkan produksi minyak. Efek ini secara alami melembabkan wajah. Menguapkan air ke wajah dapat mengatasi kulit kering dan mengelupas.

Membantu kulit menyerap produk perawatan kulit lebih efektif

Uap meningkatkan permeabilitas kulit, memungkinkannya menyerap perawatan topikal dengan lebih baik. Setelah pori-pori terbuka dan kotoran serta serpihannya dihilangkan, pori-pori bersih sekarang dapat dengan lebih baik menyerap produk yang kamu gunakan, seperti masker wajah atau serum.

5 dari 7 halaman

Tingkatkan kolagen dan menenangkan

Membantuk kolagen dan elastin

Peningkatan aliran darah yang dialami selama facial steam meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Ini menghasilkan kulit yang lebih kencang dan tampak lebih muda. Kolagen bertanggung jawab untuk memproduksi sel-sel kulit yang menggantikan sel-sel mati. Kolagen adalah bagian regeneratif kulit. Ini menjaga kulit agar tetap bersinar, kenyal, dan awet muda.

Menenangkan

Perasaan hangat di wajah akan membuat kulit terasa rileks. Tambahkan beberapa aroma yang menenangkan menggunakan rempah-rempah atau minyak esensial untuk aromaterapi yang membawa uap ke tingkat ketenangan.

6 dari 7 halaman

Lancarkan hidung tersumbat dan detoks kulit

Melancarkan hidung tersumbat

Uap dapat membantu meringankan hidung tersumbat dan sakit kepala yang sering menyertainya. Menambahkan minyak esensial tertentu ke dalam uap dapat meningkatkan efeknya.

Detoks kulit

Ketika kamu berkeringat di ruang uap atau mandi detoksifikasi panas, tubuhmu mengeluarkan keringat dan melepaskan racun. Ini juga berlaku pada wajah, melakukan face steaming adalah cara yang bagus untuk melepaskan racun yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan di kulit. Penguapan juga bisa mengangkat sisa makeup yang tersisa di wajah.

7 dari 7 halaman

Cara melakukan penguapan air pada wajah

Ada beberapa cara yang bisa kamu nikmati untuk perawatan kulit serbaguna ini di rumah. Berikut caranya:

Menguapkan air dengan baskom

1. Ambil handuk berbulu besar dan pilih tempat paling nyaman.

2. Ikat rambut, dan bersihkan wajah dengan scrub lembut.

3. Siapkan 4 hingga 6 gelas air mendidih dalam ketel atau panci.

4. Masukkan air mendidih ke dalam baskom.

5. Duduk, gantungkan handuk di atas kepala dan baskom, dan posisikan wajah 6 inci dari atas air.

6. Uapkan wajah ke air 5 hingga 10 menit.

Menguapkan air dengan handuk panas

1. Siapkan handuk kecil.

2. Ikat rambut, bersihkan wajah dan leher menggunakan pembersih scrub lembut.

3. Rendam handuk dalam air panas dan peras sehingga handuk menjadi lembab.

4. Bersandar di kursi yang nyaman atau berbaring. Tempatkan handuk di wajah, pegang setiap sudut sehingga mereka bertemu di tengah dahi.

5. Sesuaikan handuk sehingga menutupi seluruh wajah, termasuk mata, dan hidung. Biarkan selama 5 menit.

Menambahkan minyak esensial ke dalam uap juga bisa menawarkan manfaat ekstra. Tumbuhan tertentu dianggap lebih bermanfaat untuk berbagai jenis kulit. Beberapa minyak atsiri dan herbal diketahui memiliki efek menenangkan atau menyegarkan, tergantung pada apa yang kamu cari.

Loading