Sukses

Ini Olahraga yang Cocok dengan 4 Golongan Darah

Olahraga yang baik memang seharusnya disesuaikan dengan golongan darahnya.

Liputan6.com, Jakarta Berolahraga tentunya sudah menjadi gaya hidup setiap orang. Namun, kebanyakan orang melakukan olahraga sesuai dengan apa yang menjadi tren sekarang. Salah satu olahraga yang sedang tren dan banyak digemari adalah lari marathon.

Tanpa disadari, ternyata tidak semua olahraga bisa dilakukan. Jadi tak heran, jika sudah rutin berolahraga tetapi hasilnya tetap tak sesuai yang diharapkan. Mungkin yang perlu dilakukan adalah memilih jenis olahraga sesuai golongan darah.

Olahraga yang baik memang seharusnya disesuaikan dengan golongan darahnya. Menurut Joseph Christiano dalam bukunya yang berjudul Blood Types, Body Types, and You, menjelaskan bahwa golongan darah adalah jejak genetis yang sangat kuat.

Selain itu, ada hubungan dan reaksi kimia antara makanan yang kita konsumsi, jenis olahraga dan golongan darahnya. Brikut olahraga berdasarkan golongan darah dirangkum Liptan6.com dari berbagai sumber, Senin (2/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Golongan darah A

Orang dengan tipe golongan darah A tidak bisa berolahraga yang terlalu berat, karena akan cepat merasa pegal dan nyeri otot. Sebaiknya olahraga yang dilakukan golongan darah ini yang bisa memberikan relaksasi sekaligus meditasi, seperti yoga, tai chi, pilates, zumba, dan aerobik.

Berolahraga ringan seperti itu dijamin akan membuat golongan darah A terhindar dari depresi dan stres. Setelah berolahraga, dianjurkan untuk mandi supaya makin segar dan mood semakin naik.

3 dari 5 halaman

2. Golongan darah B

Golongan darah B ini pada zaman dahulu dikenal sering hidup berpindah-pindah atau nomaden. Saat berpindah-pindah itu, golongan darah B melakukannya tidak tapi secara berkelompok.

Menyesuaikan dengan kebiasaan ini, olahraga yang tepat untuk kamu yang bergolongan darah B adalah olahraga cardio yang dilakukan secara berkelompok dengan efek berpusat di bagian bawah tubuh. Contohnya seperti tenis atau bersepeda.

4 dari 5 halaman

3. Golongan darah O

Golongan darah O memiliki aliran darah yang lambat, sehingga golongan darah ini cocok dengan program olahraga yang intens dan terus menerus. Renang, jogging, sepedaan, hiking, berlari, dan sepakbola adalah olahraga untuk golongan O.

Tipe O seringkali merasa malas dan tidak bersemangat, oleh sebab itu, kamu tidak perlu terburu-buru saat berolahraga. Mulailah sedikit demi sedikit, perlahan pasti bisa meningkatkan keadaan tubuhmu dan jadi makin fit.

5 dari 5 halaman

4. Golongan darah AB

Jika diibaratkan seperti mobil, golongan darah AB ini termasuk golongan mobil hybrid. Golongan darah ini merupakan perpaduan dari golongan A dan B. Tapi sayangnya, pemilik golongan darah AB memiliki kebiasaan untuk cidera yang sangat tinggi, terutama di bagian otot dan sendi. Karena itu tidak boleh melakukan olahraga yang berat-berat.

Olahraga yang cocok adalah olahraga ringan seperti jalan, hiking, golf, atau menari bisa dilakukan. Sisi jeleknya lagi, golongan darah AB itu punya problem sama yang namanya kendali emosi. Jadi selain olahraga ringan itu, kamu juga bisa melakukan yoga atau tai chi untuk melenturkan sendi dan menjaga mood kamu agar tetap stabil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini