Sukses

5 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan, Perhatikan Cara Mengolahnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat biji chia untuk kesehatan mungkin sudah cukup terkenal di kalangan yang menerapkan pola hidup sehat. Apalagi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Biji Chia merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L.

Biji chia kini telah menjadi salah satu makanan organik favorit. Untuk menyantap biji chia ini, kamu perlu merendamnya di dalam cairan atau air selama beberapa menit. Bisa juga dengan mencampurkannya ke makanan atau minuman, seperti sup, salad, bubur oat, jus, smoothies, dan yoghurt.

Manfaat biji chia untuk kesehatan didapatkan dari berbagai kandungannya. Biji chia mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti asam lemak omega 3, serat, antioksidan, dan mineral. Kelebihan biji chia lainnya yaitu tidak mengandung gluten dan kaya akan antioksidan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/12/2019) tentang manfaat biji chia untuk kesehatan.

2 dari 6 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat biji chia yang pertama yaitu dapat menurunkan berat badan. Jumlah serat yang cukup tinggi di dalam biji chia dipercaya dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung serat tinggi umumnya dapat membantu dalam membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Kandungan protein pada biji chia juga dipercaya dapat mengurangi keinginan untuk makan. Penelitian menunjukkan bahwa penderita obesitas yang rutin mengonsumsi biji chia selama 6 bulan, terlihat mengalami penurunan berat badan sekitar 2 kg.

Namun, mengonsumsi biji chia saja tidak cukup membuat program penurunan berat badan kamu sukses. Dalam hal ini, biji chia bisa membantu menurunkan berat badan jika diikuti dengan pola makan dan pola hidup yang sehat, yakni dengan mengontrol asupan kalori, rajin berolahraga, hingga istirahat yang cukup.

3 dari 6 halaman

Membantu Memelihara Kesehatan Jantung

Biji chia dengan kandungan protein, serat, antioksidan, dan lemak baik yang tinggi ternyata juga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi biji chia dapat melindungi jantung dari pengerasan pembuluh darah dan penyakit jantung.

Kandungan serat dan asam lemak omega 3 dalam biji chia sangat tinggi. Serat dan asam lemak omega 3 ini membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Namun efek ini tidak hanya semata-mata dari mengonsumsi biji chia, namun juga dengan menjalani pola hidup sehat.

4 dari 6 halaman

Baik untuk Kesehatan Tulang

Kandungan protein serta mineral pada biji chia, seperti kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor baik untuk mendukung kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Sebuah penelitian menemukan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti biji chia dapat meningkatkan kesehatan tulang.

Konsumsi rutin biji chia juga dipercaya sebagai salah satu cara efektif untuk memperbaiki asupan kalsium untuk tulang dan gigi. Selain itu, biji chia yang berasal dari tanaman juga merupakan sumber kalsium yang baik bagi kamu yang vegetarian.

5 dari 6 halaman

Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat biji chia untuk kesehatan selanjutnya adalah baik untuk penderita diabetes. Sejumlah penelitian menunjukkan keterkaitan mengonsumsi biji chia dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa biji chia dapat mencegah lonjakan gula darah di dalam tubuh. Efek ini diduga terkait dengan kandungan gizi di dalam biji chia yang dapat membantu menjaga stabilnya gula darah

6 dari 6 halaman

Mengatasi Masalah pada Usus

Kandungan seratnya yang tinggi membuat biji chia dipercaya dapat mengatasi masalah diverticulosis pada usus. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat membantu meringankan gejala divertikulosis.

Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dapat memperlancar pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Selain itu, biji chia juga diperkirakan baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Bahkan, dengan kandungan omega-3 di dalamnya yang juga tidak kalah tinggi, biji chia dipercaya dapat menurunkan risiko munculnya stroke.

Biji chia dapat langsung dimakan mentah atau dicampurkan ke dalam masakan. Rasa biji chia mirip seperti rasa kacang, cocok digunakan baik dalam masakan manis maupun masakan gurih. Biji chia dapat ditaburkan pada sereal, salad, atau nasi. Biji chia juga dapat ditambahkan pada smoothies, yoghurt, maupun puding. Saat dicampur dengan cairan, biji chia akan mengembang dan berubah teksturnya menjadi seperti jeli.

 

Loading