Sukses

Kisah Nelayan Menolong Ikan Paus yang Terjerat Tali Ini Bikin Haru

Liputan6.com, Jakarta Perburuan liar ikan di lautan Indonesia semakin marak terjadi. Hal itu membuat biota laut ini semakin terancam akibat perburuan ilegal oleh oknum tidak bertanggung jawab. Bahkan ada yang membuat para ikan tersebut terluka parah.

Baru-baru ini publik tengah dihebohkan oleh video ikan paus yang sedang meminta tolong pada nelayan karena tubuhnya terjerat oleh tali. Seperti diketahui, ikan paus tergolong hewan langka. Maraknya peburuan ikan penanda bencana alam ini, membuat ikan paus terancam punah.

Namun di video yang diunggah akun twitter @vincent_ves warganet dibuat tersentuh oleh kisah seorang nelayan yang berjumpa dengan seekor ikan paus di lautan. Ikan paus itu terlihat mendekati perahu nelayan. Tak terlihat berbahaya, ikan paus ini seakan meminta pertolongan setelah badannya tersangkut pada seutas tali yang menghalang pergerakkannya.

Menyadari hal tersebut, beberapa nelayan berusaha menolong. Akibat perbuatan nelayan itu banyak warganet yang memberikan komentar baik.

"Smakin bnyak org yg peduli thd laut dn pnghuninya, menjaga kelestarian mahluk hidupnya, mnjaga ekosistem laut... smga kian hari kian brtambah. Laut jgn drusak, namun cintailah keindahannya" tulis akun Twitter @kianinara1 seperti Liputan6.com kutip, Kamis (14/11/2019).

2 dari 3 halaman

Ikan Paus seolah meminta pertolongan

Meski semakin marak perburuan ikan ilegal, tapi masih banyak nelayan yang masih mengikuti peraturan yang tercatat di Undang-Undang dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Melalui akun twitter @vincent_ves sekumpulan nelayan berhasil membuat haru warganet.

Sebuah kejadian unik dialami beberapa nelayan saat sedang mencari ikan. Para nelayan itu mendapati seekor paus yang meminta bantuan untuk melepaskan tali yang mengikat tubuhnya.

Para nelayan ini menolong sang ikan paus dan membebaskannya dengan memotong tali yang menjerat tubuh hewan tersebut. Akhirnya ikan paus itu bebas, lalu ia mengibas-ngibaskan ekornya sebagai tanda penghargaan dan mengucapkan selamat tinggal pada nelayan. Kemudian ikan tersebut kembali berenang ke dalam lautan.

3 dari 3 halaman

Menyelamatkan ikan paus yang terdampar di hutan bakau

Melalui akun twitter @wahyu493, ia juga membagikan para warga yang sedang menyelamatkan ikan paus. Video yang dibagikannya tersebut berisi tentang warga pantai Buton, Sulawesi Tenggara yang sedang gotong royong untuk menyelamatkan ikan paus yang terdampar di hutan bakau.

Tanpa mengenakan baju, para warga tersebut terjun langsung ke dalam hutan bakau tersebut. Meski tergolong hewan berbagaya, para warga tidak merasa takut. Dengan bergotong royong, warga menggendong paus dan membebaskannya kembali ke lautan.

Loading