Sukses

7 Potret Prosesi Adat Sunda di Pernikahan Citra Kirana dan Rezky Aditya

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan Citra Kirana dan Rezky Aditya sedang menjadi perbincangan. Pasangan pesinetron yang telah lama menghiasi layar kaca sejak muda ini pun kini telah resmi menjadi sepasang suami istri, Minggu (1/12/2019). Pernikahan yang dilangsungkan di Bandung ini pun menggunakan adat Sunda.

Momen sakral, bahagia sekaligus haru ini pun diabadikan dalam potret yang dibagikan oleh Citra Kirana dalam media sosial Instagramnya @citraciki. Dalam unggahannya pun terlihat bagaimana proses demi proses yang dilalui kedua dalam menjalani adat pernikahan Sunda.

Diawali dengan sungkeman sebagai wujud tanda meminta maaf kepada orang tua atas kesalahan, begitu pula juga dilakukan oleh Rezky Aditya. Hal ini pun juga dilakukan kepada orangtua Rezky. Momen seperti ini pun sangat mengharukan, biasanya bila tidak tahan akan meneteskan air mata.

Dalam keterangannya pun, Citra Kirana mengungkapkan bahwa momen sungkeman merupakan momen mengharukan dan ia menahan tangis. Ia pun juga berbisik kepada mamanya untuk tak menangis, karena nanti makeupnya akan luntur.

Berikut 7 potret prosesi adat Sunda di pernikahan Citra Kirana dan Rezky Aditya yang Liputan6.com kutip dari Instagram @citraciki, Selasa (3/12/2019).

2 dari 8 halaman

1. Dalam prosesi ini pun diawali dengan sungkeman kepada kedua orangtua mempelai

3 dari 8 halaman

2. Sungkeman pun juga dilakukan oleh Rezky Aditya yang tentu menjadi momen yang sangat mengharukan

4 dari 8 halaman

3. Usai sungkeman kedua mempelai ini duduk anteng berdua mendengar pantun ala Sunda yang dinyanyikan untuk mereka

5 dari 8 halaman

4. Usai mendengarkan pantun, Citra Kirana pun mendapatkan saweran uang dari anggota keluarga yang lebih tua

6 dari 8 halaman

5. Citra Kirana dan Rezky Aditya kemudian menjalani prosesi meleum harupat

7 dari 8 halaman

6. Prosesi nincak endog alias injak telur, Rezky sebagai suami menginjak terlur mentah yang kemudian dibasuh sampai bersih oleh Citra Kirana

8 dari 8 halaman

7. Usai melakukan prosesi keduanya berjalan diiringi penari lalu memotong tali yang terbuat dari rangkaian bunga