Sukses

12 Manfaat Sukun untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Di setiap buah maupun sayuran selalu terdapat kandungan nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bantu jaga kesehatan. Salah satu buah yang mudah ditemui di Indonesia, yaitu buah sukun. 

Bukan hanya sekadar enak untuk dijadikan sebagai bahan olahan makanan saja, namun di balik kelezatannya tersebut ada segudang manfaat sukun untuk kesehatan. Karena mudah ditemukan dan mudah diolah, maka tak ada alasan untuk tidak mencoba buah sukun guna merasakan manfaat buah sukun.

Manfaat sukun untuk kesehatan sudah terbukti mampu dijadikan sebagai bahan pengobatan dan mencegah penyakit tertentu. Berikut 12 manfaat sukun untuk kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/12/3019).

2 dari 8 halaman

Kandungan Nutrisi Sukun

Manfaat sukun untuk kesehatan bisa dirasakan karena di dalam buahnya memiliki segudang nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh. Kandungan gizi pada sukun relatif tinggi, seperti:

- Serat.

- Karbohidrat kompleks.

- Protein.

- Air.

- Mineral; kalium, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, dan fosfor.

- Vitamin; vitamin B, vitamin C, beta karoten, folat, dan viatamin E.

Nutrisi sukun dibandingkan dengan makanan sumber karbohidrat lainnya seperti beras dan kentang, sukun mengandung mineral dan vitamin yang lebih banyak dan lengkap. Akan tetapi sukun kalorinya lebih rendah, maka sukun cocok sekali untuk dijadikan makanan diet.

Sukun juga mengandung antioksidan yang tinggi karena adanya kandungan flavonoid, dan polifenol di dalamnya. Di balik nutrisinya yang sangat kaya inilah, menjadikan sukun mampu membantu menjaga kesehatan tubuh kamu.

3 dari 8 halaman

Kontrol Kolesterol dan Obati Asam Urat

Bisa Kontrol Kolesterol

Manfaat sukun untuk kesehatan yang bisa dirasakan adalah mampu mengontrol kolesterol. Hal ini dikarenakan sukun mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga mampu menurunkan kolesterol darah dengan cara mencegah penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan.

Mengobati Asam Urat

Manfaat sukun untuk kesehatan lainnya juga mampu menurunkan asam urat. Untuk mendapatkan manfaatnya ini, kamu bisa mengonsumsi daun sukun.

Rasanya memang cenderung pahit, namun daun sukun sangat ampuh untuk mengurangi asam urat. Cara mengolah daun sukun untuk dikonsumsi, gunakan daun sukun yang sudah kering dan seduh untuk dijadikan teh daun sukun.

4 dari 8 halaman

Menurunkan Gula Darah dan Sumber Energi

Menurunkan Gula Darah

Manfaat sukun untuk kesehatan selanjutnya dapat diperoleh karena adanya kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat ini dapat membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah.

Sumber Energi

Sukun bisa kamu jadikan sebagai pengganti bahan untuk memperoleh energi. Sukun bisa kamu jadikan sebagai salah satu makanan yang menghasilkan sumber energi tanpa menambah jumlah kalori.

Sukun akan bekerja dengan baik untuk mengurangi penyakit jantung dan kelebihan kolesterol jahat.

5 dari 8 halaman

Melancarkan Buang Air dan Meningkatkan Imun Tubuh

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kaya akan serat, sukun mampu membantu melancarkan sistem pencernaan yang terganggu dan membuatnya menjadi lancar. Sukun akan membantu melancarkan buang air kecil maupun buang air besar.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Meningkatkan sistem imun tubuh merupakan serangkaian manfaat sukun untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh. Untuk memperoleh manfaat sukun tersebut, kamu bisa mengolahnya dengan merebus buah sukun.

Penting untuk mejaga sistem imun tubuh agar selalu bekerja guna menjaga kamu tidak mudah terserang penyakit.

6 dari 8 halaman

Lawan Radikal Bebas dan Cegah Sel Kanker

Bantu Melawan Radikal Bebas

Beberapa penelitian memebuktikan bahwa sukun mengandung senyawa phenolic dan flavonoid yang bersifat antioksidan. Kedua kandungan inilah yang dapat membantu tubuh kamu melawan radikal bebas.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kaya kandungan nutrisi dan antioksidan pada sukun menjadikannya mampu bekerja untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Terkait manfaat sukun untuk mencegah pertumbuhan kanker, masih dibutuhkan studi klinis lebih lanjut lagi untuk memastikannya.

Tetapi tidak ada salahnya untuk tetap mengonsumsi buah sukun secukupnya. Konsumsi sukun berlebihan justru akan menimbulkan masalah kesehatan seperti tekanan darah rendah atau hipotensi.

7 dari 8 halaman

Lindungi Kesehatan Jantung dan Sumber Omega-3

Melindungi Kesehatan Jantung

Sari pada buah sukun terlihat memiliki efek dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini diduga berkat adanya kandungan antioksidan pada buah sukun yang dapat mencegah pembentukan sumbatan atau aterosklerosis pada pembuluh darah jantung, mengurangi kolesterol, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sumber Omega-3 dan Omega-6

Sukun memiliki kandungan omega-3 dan omega-6 di dalamnya, yang berfungsi untuk mengatasi kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, mengonsumsinya secara rutin dapat membantu kinerja liver serta otak dengan maksimal.

8 dari 8 halaman

Jaga Kesehatan Rambut dan Cocok untuk Diet

Jaga Kesehatan Rambut

Apabila kamu memiliki masalah pada kesehatan rambut seperti rontok dan kering, kamu bisa mengatasinya dengan mengosnusmi sukun. Nutrisi dalam buah sukun akan bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah kesehatan rambut lainnya, seperti ketombe.

Cocok untuk Menu Diet

Apabila kamu sedang menjalani program diet, kamu bisa memasukkan sajian buah sukun ke dalamnya. Sukun cocok dijadikan sebagai menu diet karena kalorinya sangat rendah dan tinggi akan serat.

Loading