Sukses

6 Kondisi Kaki Ini Menandakan Ada Masalah Kesehatan pada Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Sebelum terdiagnosis penyakit serius pada tubuh, biasanya ada beberapa gejala atau tanda tertentu yang kerap dirasakan oleh tubuh. Perubahan kondisi kesehatan tubuh yang menurun atau memburuk merupakan tanda-tanda yang perlu kamu waspadai. 

Salah satu penyakit serius awalnya bisa ditandai lewat gangguan kesehatan pada kaki. Ada beberapa gangguan kesehatan kaki tertentu yang bisa menandakan penyakit serius pada diri kamu.

Jika kamu kerap menganggap sepele beberapa masalah kesehatan pada kaki, kali ini kamu perlu sedikit peka dan memberi perhatian khusus pada kondisi kaki yang tidak sehat tersebut.

Berikut enam kondisi kaki yang menandakan ada penyakit atau masalah kesehatan pada tubuh yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/12/2019).

2 dari 7 halaman

Kaki Bengkak

Pembengkakan di area kaki dapat disebabkan oleh berdiri dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kaki bengkak juga bisa menjadi salah satu tanda atau gejala dari kondisi kesehatan tertentu.

Kaki bengkak dapat menjadi tanda dari beberapa masalah kesehatan seperti:

- Penyakit jantung.

Pada penyakit jantung menyebabkan cairan tersumbat di bagian kaki dan kaki bagian bawah.

- Masalah pada pembuluh darah vena.

Vena yang bermasalah akan mengganggu fungsi utamanya sebagai pembawa darah kaya karbondioksida kembali ke jantung. Vena yang bermasalah akan membuat darah terkumpul di kaki.

- Masalah dengan sistem limfatik

Kondisi ini akan membuat kelenjar getah bening dan pembuluh darah tidak dapat membawa cairan ke seluruh tubuh. Ketika terjadi penyumbatan pada sistem limfatik, maka akan menyebabkan pembengkakan di kaki dan lengan.

- Masalah pada organ hati.

Pembengkakan pada kaki dapat disebabkan juga oleh ketidakmampuan organ hati untuk membuat protein darah yang cukup.

3 dari 7 halaman

Kulit Kaki Berwarna Biru atau Ungu

Bagian tubuh membiru atau ungu saat cuaca dingin kerap dirasakan pada sebagian orang. Namun, ada beberapa orang tetap mengalami kaki membiru atau ungu saat kondisi sedang hangat sekalipun.

Kondisi ini menandakan adanya masalah pada kesehatan kaki kamu. Salah satunya adalah sindrom kaki biru yang bisa terjadi akibat pembuluh darah tersumbat.

4 dari 7 halaman

Benjolan Menyakitkan di Jari Tangan dan Kaki

Kamu perlu mewaspadi benjolan disertai nyeri pada tangan atau kaki yang terjadi secara tiba-tiba. Terlebih kondisi benjolan beserta nyeri ini terjadi dalam waktu yang cukup lama. Kamu tidak boleh menganggap sepele kondisi tersebut.

Pasalnya kondisi ini menandakan masalah kesehatan seperti infeksi pada jantung yang disebabkan oleh bakteri. Untuk mengatasi kondisi ini, biasanya antibiotik dapat bekerja dengan baik dan tidak perlu melakukan pembedahan.

5 dari 7 halaman

Memar pada Kaki

Memar pada kaki biasanya cenderung terjadi saat kamu terbentur benda keras. Namun, berbeda dengan bentuk memar seperti bintik-bintik biru yang muncul secara acak pada kaki dan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kondisi ini dapat menandakan adanya penyakit serius seperti penyakit organ hati, penyakit autoimun, peradangan pembuluh darah, dan gangguan pada sistem perdarahan.

6 dari 7 halaman

Ruam Merah pada Kaki

Kamu perlu mewaspadai kondisi ruam kulit berupa bintik-bintik berwarna merah terang, merah tua, atau bahkan ungu pada kaki. Dalam beberapa kasus, kondisi ini sering kali gatal yang memungkinkan rekasi dari alergi.

Kondisi ini merupakan gejala penyakit serius yang perlu kamu waspadai. Misalnya peradangan pada pembuluh darah dan penyakit autoimun seperti lupus dan rheumatoid arthritis.

7 dari 7 halaman

Spider Vein di Kaki

Biasanya spider vein dapat muncul selama masa kehamilan atau karena obesitas dan kurang olahraga. Kondisi ini merupakan salah satu gejala varises dan membuat penderitanya terkadang merasakan sakit.

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Gejala Asam Urat pada Telapak Kaki, Kenali Sebelum Terlambat