Sukses

Penyebab Penyakit Emfisema, Gangguan Paru yang Sulit Disembuhkan

Paparan polusi dalam dan luar ruangan menjadi salah satu penyebab gangguat Emfisema

Liputan6.com, Jakarta Penyebab penyakit emfisema dapat mengakibatkan kerusakan paru-paru. Emfisema adalah bentuk penyakit paru kronis. Emfisema adalah salah satu dari dua kondisi paling umum yang termasuk dalam penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). 

Kondisi ini disebut "obstruktif" karena seolah-olah ada sesuatu yang menghalangi aliran udara masuk dan keluar dari paru-paru. Emfisema disebut penyakit paru obstruktif karena aliran udara saat pernafasan diperlambat atau berhenti. Penyebab penyakit emfisema dikaitkan dengan kebiasaan buruk merokok.

Emfisema adalah kondisi yang tidak dapat dipulihkan. Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk memperlambat perkembangan dan meminimalkan gejala yang ada. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab penyakit emfisema.

Penyebab penyakit emfisema adalah iritasi akibat udara yang kotor. Beberapa faktor dapat menjadi penyebab penyakit emfisema. Penyebab penyakit emfisema sebenarnya dapat dihindari. Berikut ulasan mengenai penyebab penyakit emfisema yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu(4/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Gejala penyakit emfisema

Seseorang bisa menderita emfisema selama bertahun-tahun tanpa memiliki gejala apapun. eberapa tanda pertamanya adalah sesak napas dan batuk, terutama saat berolahraga atau aktivitas fisik. Ini terus memburuk sampai sulit bernafas setiap saat, bahkan ketika istirahat.

Gejala lain termasuk kelelahan, penurunan berat badan, depresi, dan detak jantung cepat. Penderita mungkin juga akan memiliki bibir dan abu-abu kebiruan karena kekurangan oksigen.

3 dari 7 halaman

Penyebab penyakit emfisema secara umum

Penyebab utama emfisema adalah paparan jangka panjang terhadap iritasi di udara. Emfisema menghancurkan alveoli yang merupakan kantung udara di paru-paru. Kantung udara yang melemah akhirnya pecah, kemudian mengurangi luas permukaan paru-paru dan jumlah oksigen yang dapat mencapai aliran darah. Emfisema juga menyebabkan paru-paru kehilangan elastisitasnya.

Sebagian besar penderita emfisema juga menderita bronkitis kronis. Bronkitis kronis adalah peradangan pada tabung yang membawa udara ke paru-paru (tabung bronkial yang menyebabkan batuk terus-menerus. Merokok tembakau adalah penyebab utama emfisema.

4 dari 7 halaman

Faktor penyebab penyakit emfisema

Merokok

Emfisema paling mungkin terjadi pada perokok. Risiko untuk semua jenis perokok meningkat dengan jangka waktu dan jumlah tembakau yang dihisap. Asap rokok berkontribusi pada proses penyakit ini dalam dua cara.

Ia menghancurkan jaringan paru-paru yang menghasilkan penyumbatan aliran udara, serta menyebabkan peradangan dan iritasi saluran udara yang dapat menambah penyumbatan aliran udara.

Paru-paru yang rusak tidak dapat melawan bakteri seefektif atau membersihkan paru-paru dari banyak partikel asing. Penumpukan lendir yang dihasilkan dapat memberi bakteri dan organisme lain sumber makanan yang kaya dan menyebabkan infeksi.

Terpapar asap rokok orang lain (perokok pasif)

Asap tembakau pasif adalah asap yang secara tidak sengaja dihirup dari rokok, pipa, atau cerutu orang lain. Berada di dekat perokok pasif meningkatkan risiko emfisema.

5 dari 7 halaman

Faktor penyebab penyakit emfisema

Usia

Meskipun kerusakan paru-paru yang terjadi akibat emfisema berkembang secara bertahap, kebanyakan orang dengan emfisema terkait tembakau mulai mengalami gejala antara usia 40 dan 60 tahun.

Usia yang lebih tua adalah faktor risiko untuk emfisema. Fungsi paru-paru biasanya menurun seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, masuk akal bahwa semakin tua orang tersebut, semakin besar kemungkinan mereka akan memiliki cukup kerusakan jaringan paru-paru untuk menghasilkan emfisema.

Pajanan asap atau debu

Menghirup asap dari bahan kimia tertentu atau debu dari biji-bijian, kapas, kayu atau produk pertambangan lebih mungkin mengembangkan emfisema. Risiko ini bahkan lebih besar jika merokok.

6 dari 7 halaman

Faktor penyebab penyakit emfisema

Paparan polusi dalam dan luar ruangan

Menghirup polusi dalam ruangan, seperti asap dari bahan bakar pemanas, serta polusi luar ruangan seperti knalpot mobil, meningkatkan risiko emfisema.

Polusi udara bertindak dalam cara yang mirip dengan asap rokok. Polutan menyebabkan peradangan di saluran udara yang menyebabkan kerusakan jaringan paru-paru.

Penyebab yang jarang terjadi

Jarang, emfisema disebabkan oleh defisiensi protein bawaan yang melindungi struktur elastis di paru-paru. Ini disebut emphysema defisiensi alpha-1-antitrypsin. Alpha-1-antitrypsin (juga dikenal sebagai alpha-1-antiprotease) adalah zat yang melawan enzim destruktif di paru-paru yang disebut trypsin (atau protease).

Trypsin adalah enzim pencernaan, paling sering ditemukan di saluran pencernaan, di mana ia digunakan untuk membantu tubuh mencerna makanan. Ini juga dilepaskan oleh sel-sel kekebalan dalam upaya mereka untuk menghancurkan bakteri dan bahan lainnya.

Orang dengan kekurangan alpha-1-antitrypsin tidak dapat melawan efek destruktif dari trypsin setelah dilepaskan di paru-paru. Penghancuran jaringan oleh trypsin menghasilkan efek yang mirip dengan rokok.

7 dari 7 halaman

Komplikasi yang bisa terjadi

Lubang besar di paru-paru (bula)

Beberapa orang dengan emfisema mengembangkan ruang kosong di paru-paru yang disebut bula. Lubang ini bisa sebesar setengah paru-paru. Selain mengurangi jumlah ruang yang tersedia untuk mengembang, bula raksasa dapat meningkatkan risiko pneumotoraks.

Kolaps paru-paru (pneumotoraks)

Paru yang kolaps dapat mengancam jiwa bagi orang yang memiliki emfisema berat. Ini karena fungsi paru-paru sudah sangat rusak terganggu.

Masalah jantung

Emfisema dapat meningkatkan tekanan di arteri yang menghubungkan jantung dan paru-paru. Ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut cor pulmonale, di mana bagian jantung mengendur dan melemah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini