Sukses

5 Manfaat Meletakkan Timun di Mata dan Cara Menggunakannya yang Tepat

Manfaat meletakkan timun di mata dikenal sangat baik untuk kulit dan mata

Liputan6.com, Jakarta Manfaat meletakkan timun di mata dikenal sangat baik untuk kulit dan mata. Jadi tidak hanya bermanfaat saat dikonsumsi saja, mentimun juga bisa kamu gunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit dan mata. 

Manfaat timun untuk perawatan kecantikan ini didapatkan karena kandungan antioksidan dan air yang tinggi. Bahkan, hampir 95% persen kandungan timun adalah air. Selain air, timun juga mengandung protein, karbohidrat, serat, magnesium, kalium, mangan, vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan antioksidan.

Manfaat meletakkan timun di mata patut dicoba. Selain itu cara menggunakannya juga tidak sulit, sehingga kamu bisa menerapkannya kapanpun. Dengan menggunakan bahan alami ini dalam perawatan kecantikan, kamu tentunya bisa terhindari dari segala macam efek samping.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/12/2019) tentang manfaat meletakkan timun di mata dan cara menggunakannya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencegah Iritasi pada Mata dan Mencegah Keriput

Mencegah Iritasi pada Mata

Manfaat meletakkan timun di mata yang pertama adalah dapat mencegah iritasi pada mata. Mentimun mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah iritasi pada mata.

Kamu bisa langsung menempelkan irisan mentimun pada mata, bisa juga mencelupkan kapas ke jus mentimun lalu ditepuk-tepukkan secara lembut di area sekeliling mata.

Mencegah Kulit Keriput di Area Sekitar Mata

Kaya akan vitamin E dan kalium, mentimun dapat membantu mencegah penuaan dini sekaligus mencegah munculnya keriput. Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa menyiapkan mentimun parut lalu diaplikasikan ke area di bawah mata untuk didiamkan beberapa menit.

Kandungan airnya yang tinggi membuat timun dapat melembapkan area kulit di sekitar mata. Selain itu, timun juga dipercaya mampu mengurangi kerutan dan mengembalikan elastisitas kulit.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Kantung Mata dan Bengkak

Mata Terasa Lebih Segar

Manfaat meletakkan timun di mata selanjutnya adalah membuat mata terasa lebih segar. Karena 95% kandungan mentimun itu air, maka sangat cocok dipakai untuk menyegarkan mata. Bahkan bisa membantu menjaga kelembapan kulit di area mata.

Mengatasi Kantung Mata

Mentimun juga mengandung kolagen yang dapat mengatasi kantung mata. Tinggal siapkan irisan mentimun yang sudah didiamkan di dalam kulkas, lalu tempelkan di permukaan kulit mata dalam keadaan tertutup. Diamkan beberapa menit dan lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Mengatasi Bengkak

Menempelkan irisan timun pada mata berkhasiat mengurangi bengkak di area tersebut. Efek dingin dari timun juga memberikan sensasi segar pada kulit. Kandungan antioksidan, seperti vitamin C, berkhasiat membantu kulit melawan efek radikal bebas yang membuat area sekitar mata lebih gelap dan mata tampak lelah.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Timun di Mata yang Tepat

Cara menggunakan timun di mata sebenarnya cukup mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut agar mendapatkan hasil yang maksimal:

- Pertama-tama yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan mentimun ke dalam lemari es agar dingin.

- Lalu, bersihkan wajah hingga tidak ada riasan atau kotoran yang tersisa. Gunakan prinsip double cleansing jika menggunakan riasan

- Keringkan kulit wajah yang telah dibersihkan dengan handuk bersih atau tisu

- Siapkan area di mana kamu akan berbaring rileks sambil menggunakan timun sebagai masker untuk mata

- Ambil timun yang telah dingin, kemudian cuci dan potong bagian ujungnya

- Kupas kulit mentimun jika perlu untuk menghilangkan pestisida yang mungkin menempel

- Potong mentimun dalam dua irisan masing-masing sekitar 1 sampai 1,5 cm, jangan sampai terlalu tipis

- Taruh potongan mentimun di kedua mata kemudian diamkan selama 15 menit

- Jika salah satu sisinya mulai menghangat, balikkan untuk menikmati kembali sensasi dinginnya

Selain meletakkan irisan timun, kamu juga bisa menghaluskannya. Kemudian, celupkan kapas ke dalam mentimun yang telah dihaluskan. Taruh kapas di bawah mata sama seperti langkah di atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini