Sukses

5 Buah Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas, Malah Cepat Busuk

Buah yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas merupakan buah yang sering kamu konsumsi setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Buah yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas merupakan buah yang sering kamu konsumsi setiap harinya. Menyimpannya di kulkas bisa membuat buah tersebut rasanya akan berkurang, menjadi lebih lembek atau lebih lama matang, hingga bisa cepat busuk.

Kamu sebaiknya memahami cara menyimpan buah yang baik tergantung jenisnya. Biasanya banyak orang yang menganggap bahwa menyimpan buah di kulkas akan membuatnya lebih segar. Namun ternyata, tidak semua buah baik disimpan di kulkas.

Buah yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas harus benar-benar diperhatikan. Tentunya kamu tidak ingin rasa dari buah tersebut menjadi tidak enak dan kandungan nutrisinya hilang. Oleh karena itu, pastikan buah yang kamu konsumsi memiliki rasa dan kandungan yang maksimal dengan menyimpannya dengan benar.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang buah yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas dari berbagai sumber, Kamis (5/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Alpukat

Buah pertama yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas adalah alpukat. Memang sebagian besar buah-buahan lebih lezat dikonsumsi dalam keadaan dingin, tetapi tidak untuk alpukat mentah. Jika kamu memasukkannya ke dalam lemari es, proses kematangannya akan berjalan lebih lambat.

Seperti buah pisang dan tomat, buah alpukat lebih cepat matang bila disimpan di suhu kamar. Menyimpannya di dalam kulkas hanya akan menghambat proses kematangannya.

Jika buah berwarna hijau ini sudah matang, barulah kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menyimpan buah-buahan yang masih mentah, seperti alpukat di dalam kulkas.

3 dari 6 halaman

Pisang

Sama seperti alpukat, buah tropis yang satu ini sulit matang dalam suhu dingin. Tak hanya itu saja, kelembapan kulkas pun malah bisa membuat buah pisang cepat busuk.

Buah-buahan yang tumbuh di negara tropis biasanya sangat sensitif terhadap suhu yang dingin. Bahkan, setelah menyimpannya beberapa jam dalam suhu di bawah 58° menyebabkan pisang akan mengalami perubahan warna. 

Perubahan warna tersebut dikarenakan melambatnya aliran udara pada buah pisang yang belum dikupas, sehingga menjadi cepat membusuk. Selain pisang dengan suhu dingin membuat rasa tidak lezat, kandungan vitamin C nya juga akan hilang.

4 dari 6 halaman

Semangka dan Melon

Buah berikutnya yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas adalah semangka dan melon. Selain itu, tentu saja buah semangka ataupun melon yang belum dikupas dan dipotong akan memakan tempat di kulkas. Cara penyimpanan ini pun bisa menghilangkan antioksidan yang terkandung pada kedua buah tersebut.

Apabila kamu tetap ingin menyimpan melon di dalam kulkas, usahakan untuk mengupas dan memotongnya terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar kandungan vitamin dan zat baik lainnya yang ada pada semangka dan melon tidak hilang ketika dikonsumsi.

5 dari 6 halaman

Peach atau Buah Persik

Agar buah persik bertahan lama, usahakan untuk tidak disimpan di kulkas, terutama persik yang belum matang atau sedang dalam proses kematangan. Hal tersebut ternyata bisa mempengaruhi rasa persik yang dihasilkan.

Biasanya, buah persik yang tidak matang dan dikonsumsi dalam keadaan dingin akan kehilangan ciri khas rasa berupa rasa kering seperti tepung cokelat. Lebih baik simpan buah persik di dalam kulkas setelah kamu yakin sudah matang, sama seperti alpukat.

Apalagi, kandungan air dan serat pada buah persik menjadikan buah ini digemari oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

6 dari 6 halaman

Tomat

Buah yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas selanjutnya adalah tomat. Buah tomat bisa terhambat proses kematangannya bila disimpan dalam kulkas. Bahkan suhu dingin kulkas bisa membuat buah tomat keriput dan kehilangan kandungan airnya. Akhirnya buah tomat jadi tidak terasa segar lagi.

Sebuah penelitian dari University of Florida telah membuktikan hal ini. Penelitian tersebut mendapatkan hasil bahwa mendinginkan tomat ternyata berpengaruh terhadap berkurangnya aktivitas gen, terutama yang menghasilkan enzim yang membuat tomat menjadi manis dan aroma yang segar.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menyimpan buah tomat di dalam kulkas karena dapat merusak tingkat kematangan dan rasanya.

Berbagai jenis makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas ini sebagian besar dikarenakan dapat mengubah rasanya. Selain itu hal ini juga bisa mengakibatkan buah menjadi cepat busuk. Jadi, kamu harus memahami cara menyimpan berbagau buah-buahan agar bisa dinikmati dan mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.