Sukses

Desa Wisata Tembi Jogja, Intip Paket dan Harganya

Desa Wisata Tembi Jogja menawarkan suasana pedesaan yang menyejukkan.

Liputan6.com, Jakarta Desa Wisata Tembi Jogja sudah dikenal sebagai desa wisata yang memiliki daya tarik khas. Jogja memang menawarkan berbagai destinasi wisata menarik bagi tiap pengunjungnya. Mulai dari pesona alam yang lengkap, sejarah, dan budaya Jawa yang sangat kental.

Salah satu wisata yang menawarkan pesona kebudayaan sekaligus alam adalah Desa Wisata Tembi Jogja. Di sini pengunjung bisa menikmati suasana pedesaan berbaur bersama budaya Jawa yang lekat. Desa Wisata Tembi Jogja menjadi destinasi terkenal di mata wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ada beragam fasilitas yang tersedia di Desa Wisata Tembi Jogja. Di sini wisatawan akan dibawa pada nuansa pedesaan yang asri dan menenangkan. Tak hanya bersantai dengan suasana pedesaan, wisatawan juga akan diajak belajar mengenai kebudayaan, kesenian, hingga kuliner khas desa.

Ada beberapa paket wisata yang ditawarkan di Desa Wisata Tembi Jogja ini. Berikut ulasan mengenai Desa Wisata Tembi Jogja yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Desa Wisata Tembi Jogja

Desa Wisata Tembi Jogja merupakan salah satu wilayah yang berada di kawasan Bantul, Yogyakarta. Lokasinya berada tepat di Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Kabupaten Bantul. Desa Tembi merupakan kawasan kampung kerajinan GMT (Gabusan-Manding–Tembi) yang diresmikan Oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 31 Agusutus 2007.

Desa Wisata Tembi Jogja bahkan pernah dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik Se-ASEAN pada 2016 silam. Desa Wisata Tembi Jogja ini mengusung kebudayaan Jawa yang kental dilihat dari bangunannya yang masih mempertahankan bentuk Joglonya. Di sini juga masih membentang sawah yang luas dan hijau.

3 dari 6 halaman

Fasilitas

Homestay

Di kawasan Desa Wisata Tembi Jogja berdiri beberapa homestay yang disediakan untuk para wisatawan. Homestay di desa ini menawarkan suasana pedesaan yang masih sangat kuat.

Homestay di Desa Wisata Tembi Jogja berbentuk Joglo dan limasan, rumah adat khas Jawa. Wisatawan bisa menyaksikan petani membajak sawah dan kegiatan lainnya.

Kicauan burung seperti urung blekok, kuntul juga akan terdengar dengan indah. Udara di desa ini juga masih sangat segar baik di malam atau siang hari.

Di malam hari, wisatawan akan merasakan ketenangan suasana pedesaan. Suara jangkrik dan kodok masih bisa didengar dari homestay ini.

Homestay Desa Wisata Tembi juga memiliki fasilitas lengkap. Pengunjung dapat memilih homestay yang ber AC atau pun tidak ber AC. Setiap kamar bisa dikenai harga mulai dari Rp300 ribu hingga Rp750 ribu.

Kuliner

Di Desa Wisata Tembi Jogja pengunjung disuguhkan dengan menu kuliner khas pedesaan yang sederhana dan penuh nikmat. Menu makanan juga bisa dipilih pengunjung di Desa Wisata Tembi.

Tentu makanan khas desa di Bantul seperti sayur lodeh, sagon, gedang klutuk, bebek tembi, dan masih banyak lagi. Wisatawan juga bisa mencoba langsung membuat kuliner khas Bantul dalam program paket wisata kuliner tradisional

4 dari 6 halaman

Tembi Rumah Budaya

Tembi Rumah Budaya atau Museum Rumah Budaya Tembi adalah tempat menyimpan dokumentasi sekaligus memberikan informasi tentang sejarah dan budaya Jawa. Museum Rumah budaya Tembi mempunyai beberapa koleksi yang variatif, berupa peralatan tradisional Jawa seperti tungku, dandang, keris, tombak, bajak, peralatan seni gamelan dan batik.

Ada pula dokumentasi foto jaman dulu, poster kuno, sepeda onthel, hingga sepeda motor kuno. Rumah budaya ini juga dilengkapi perpustakaan dengan jumlah naskah yang mencapai 5.000 buah. Rumah budaya ini sering menyelenggarakan berbagai kegiatan seni budaya seperti pameran senirupa, pertunjukan seni tradisional maupun kontemporer, pentas tari dan teater, musik, hingga pertunjukan seni baca pembacaan puisi.

5 dari 6 halaman

Paket wisata Desa Tembi

 

Paket wisata Outbound

Terdapat aktivitas outbound yang bisa dilakukan di sini. Paket wisata Outbound ini dikenakan tarif Rp 20.000,-/orang untuk pelajar dan Rp 35.000,-/orang untuk umum. Kegiatan outbound di sini berupa aktivitas khas pedesaan seperti bermain di sawah atau permainan tradisional.

Beberapa kegiatan meliputi Lomba Banyu Mili, Pegang Belut di sawah, Pegang Bebek di Sawah, Lomba Bakiak/ Lari Theklek, Menyusuri Pematang Sawah, Membuat Memedi Manuk/ Hantu Sawah, Bajak Sawah, Tandur/Bertani, Gobag Sodor, Estafet Holahop, dan Tarik tambang lumpur.

Paket wisata keliling desa

Paket wisata keliling desa ini menawarkan pengalaman berkeliling desa dengan delman. Di sini pengunjung bisa berkeliling desa Tembi, Desa Gabusan, dan Desa Manding. Ada banyak rute yang bisa dipilih. Harga yang dibaderol pun tergantung pada rute yang akan dilewati. Ada pula paket keliling desa dengan sepeda onthel dengan tarif Rp. 35.000,-/10 jam.

 

6 dari 6 halaman

Paket wisata Desa Tembi

 

Paket wisata kuliner tradisional

Dalam paket ini peserta akan diajak membuat jajanan tradisional seperti kue sagon dan goreng pisang. Penduduk Dusun Tembi ini sendiri yang akan turun tangan langsung mengajari para peserta. Paket kuliner tradisional ini dikenakan tarif Rp. 20.000,-/orang. Pilihan paketnya antara lain adalah:

- Membuat Sagon

- Membuat Goreng Pisang

Paket wisata lainnya

Ada berbagai paket wisata lainnya yang ditawarkan desa wisata ini. Menurut laman resminya, Paket Kegiatan Desa Wisata Tembi ini dibanderol mulai Rp. 187.500/orang hingga Rp. 320.000/orang. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain:

- Membatik kain atau topeng

- Membuat kerajinan tempat pensil

- Membuat atau mewarnai tembikar

- Paket kesenian gejok lesung atau Angklung

- Membuat tempe kedelai

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.