Sukses

10 Arti Kerutan di Wajah, Jadi Tanda Kondisi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Kerutan atau keriput di wajah merupakan kondisi yang tak disukai oleh hampir sebagian orang. Hal ini dikarenakan kerutan di wajah menandakan penuaan. Kerutan merupakan tanda bahwa seseorang bertambah tua secara perlahan. 

Selain menunjukkan usia seseorang, adanya kerutan di wajah ternyata juga menandakan kondisi kesehatan tubuh. Beberapa kerutan dirasa wajar muncul di area wajah. Namun, ketika kerutan semakin jelas terlihat, maka kamu perlu mewaspadainya.

Ahli pemetaan wajah mengatakan bahwa wajah kamu terhubung langsung dengan bagian tubuh lainnya.  Lewat garis atau kerutan di wajah, tubuh akan mengirimkan pesan atau tanda peringatan tentang kesehatan kamu.

Berikut 10 arti kerutan di wajah tandakan kondisi kesehatan tubuh yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/12/2019).

2 dari 6 halaman

Kerutan di Dahi dan di Jembatan Hidung

Kerutan di Dahi

Garis horizontal yang terdapat pada dahi kamu biasa disebut dengan ‘garis khawatir’. Memiliki garis-garis ini di dahi merupakan indikator kalau kamu memiliki kebiasaan menahan stres setiap hari. Apabila bentuk garis sangat jelas, maka kamu perlu memperlambat dan bersantai lebih sering.  

Selain itu, garis-garis ini juga bisa menjadi tanda bahwa kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi gula dalam jumlah cukup banyak dan kekurangan air. Jadi, apabila kamu memiliki garis di area ini, kamu perlu melakukan diet dan melakukan aktivitas yang bikin kamu tenang.

Kerutan di Jembatan Hidung

Arti kerutan di wajah yang ada pada jembatan hidung menandakan kamu sedang menderita alergi. Kondisi ini juga menandakan kekhawatiran dan stres berlebihan.

Selain kondisi kesehatan, kerutan di hidung juga menandakan persoalan cinta kamu. Kerutan di jembatan hidung menunjukkan bahwa kamu memiliki dorongan seksual yang rendah dari biasanya.

3 dari 6 halaman

Kerutan Kaki Gagak dan di Bawah Mata

Kerutan Kaki Gagak

Garis kerutan berbentuk kaki gagak bisa dilihat dari sisi terluar mata kamu. Bagi sebagian orang, kondisi ini memang kerap terjadi ketika kamu tersenyum.

Tetapi, kondisi ini juga bisa menandakan adanya masalah penglihatan dan menandakan kamu sering menyipitkan mata untuk mencoba melihat lebih baik.

Garis kerutan kaki gagak ini juga terhubung dengan organ-organ seperti hati, ginjal, dan perut. Jika kamu memperhatikan garis-garis ini semakin jelas, ini menandakan kamu perlu berhati-hati dalam diet.

Kerutan di Kantong atau Bawah Mata

Kantong mata merupakan salah satu tanda kamu tidak mencukupi kebutuhan tidur dengan cukup. Selain kantong mata, lingkaran di bawah mata juga menjadi indikator terhadap kondisi kesehatan lainnya.

Ketika kamu mendapati banyak tidur, namun kerutan ini juga nampak di kantong mata maka ini mengindikasikan fungsi ginjal melemah dan sirkulasi yang buruk. Untuk mengatasi kondisi ini, cobalah untuk melakukan beberapa latihan seperti yoga atau jogging ringan guna meningkatkan sirkulasi darah.

4 dari 6 halaman

Kerutan di Area Mulut dan Saat Tertawa

Kerutan di Area Mulut

Garis-garis kerutan yang muncul di sisi mulut berhubungan dengan usus besar. Jika kamu memperhatikan kondisinya semakin nampak dalam waktu singkat, ini merupakan sinyal tubuh bahwa usus kamu sedang tidak sehat.

Beruntungnya, usus besar merupakan salah satu organ yang mudah direvitalisasi dan dikembalikan ke kondisi normal. Kamu bisa mencukupi kebutuhan cairan, konsumsi makanan yang kaya vitamin D, dan olahraga secara teratur untuk mempertahankan usus besar yang sehat.

Kerutan saat Tertawa

Bukan sesuatu yang aneh ketika kamu mendapati wajah dengan garis tawa. Garis tawa merupakan bentuk kerutan atau garis yang nampak ketika kamu tertawa.

Memang bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, ketika kondisinya mulai menyebar dan menjadi lebih dalam dalam waktu singkat, diwaspadai kamu memiliki masalah kesehatan pada pankreas.

Kamu bisa menambahkan makanan sehat ke dalam menu diet seperti blueberry, anggur, dan bawang putih guna mendapati pankreas yang sehat.

 

5 dari 6 halaman

Kerutan di Bibir Atas dan Leher

Kerutan di Bibir Atas

Munculnya garis vertikal pada bibir atas diakibatkan oleh kebiasaan merokok dan sering terpapar sinar matahari berlebihan. Gerakan berulang seperti minum dengan sedotan juga menjadi faktor penyebab timbulnya garis di bibir bagian atas ini.

Namun, keriput bibir juga mengindikasikan adanya kondisi limpa yang melemah. Memperbaiki pola makan dengan berbagai sayuran seperti wortel dan lobak dapat membantu mengembalikan kesehatan limpa kamu.

Kerutan di Leher

Garis pada leher merupakan fenomena alami dan menjadi lebih sering menonjol seiring bertambahnya usia. Terkadang garis ini menandakan kamu kelebihan berat badan dan menandakan masalah kesehatan.

Garis kerutan pada leher berhubungan dengan kelenjar tiroid dan dapat menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah. Kesehatan kelenjar tiroid dapat ditingkatkan dengan meminum pil zink dan mengurnagi asupan gluten.

Apabila kondisinya justru semakin memburuk, maka kamu perlu memeriksakannya ke dokter.

6 dari 6 halaman

Kerutan di Bawah Bibir dan Sisi Dahi

Kerutan di Bawah Bibir

Memiliki kerutan di bawah bibir tepat di atas dagu merupakan suatu pertanda adanya masalah pada kesehatan. Kondisi ini menandakan kamu memiliki energi negatif. Apabila kamu memperhatikan garis di bawah bibir semakin jelas, pastikan untuk meluangkan waktu untuk bersantai dan melepaskan semua perasaan negatif yang sedang kamu simpan.

Kerutan di Sisi Dahi

Kerutan yang terdapat di sisi dahi merupakan indikator adanya tekanan darah tinggi. Kondisi ini menunjukkan kamu sedang menyimpan stres.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menurunkan tekanan darah dengan yoga dan berjalan-jalan. Selain itu, konsumsi pisang untuk mengurangi tekanan darah yang dikarenakan konsumsi garam berlebih.

Cukupi juga dengan olahraga secara teratur untuk mempertahankan tekanan darah agar stabil. Apabila kondisinya tidak membaik, maka kamu perlu memeriksakannya ke dokter.

Loading