Sukses

Mengenal Fungsi Hormon Insulin, Pengatur Gula Darah Manusia

Liputan6.com, Jakarta Insulin merupakan salah satu hormon penting dalam tubuh. Fungsi hormon insulin adalah bekerja dengan memindahkan glukosa dari darah ke dalam sel sebagai energi atau penyimpanan energi.

Selama proses pencernaan, makanan yang mengandung karbohidrat dicerna dan diubah menjadi glukosa. Hal inilah yang menyebabkan meningkatnya glukosa dalam darah. Peningkatan gula ini tanda bagi pankreas untuk mengeluarkan insulin agar gula darah cepat dibawa ke dalam sel-sel dan tidak menumpuk di aliran darah.

Maka fungsi hormon insulin sangat penting untuk menunjang fungsi tubuh yang sehat. Berikut bebrapa fungsi hormon insulin yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/12/2019).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Fungsi Hormon Insulin pada Manusia

Insulin merupakan hormon yang memainkan sejumlah peran dalam metabolisme tubuh, yaitu untuk mengatur bagaimana tubuh menggunakan dan menyimpan glukosa serta lemak. Banyak dari sel tubuh bergantung pada insulin untuk mengambil glukosa dari darah untuk energi.

Kekurangan insulin atau ketidakmampuan untuk pengaturan insulin, bisa menyebabkan timbulnya gejala diabetes. Ada beberapa fungsi hormon insulin yang sangat penting untuk menunjang tubuh agar sehat.

Fungsi hormon insulin sangat berkaitan erat dengan glukosa atau gula darah. Berikut beberapa fungsi hormon insulin yang penting bagi tubuh manusia.

Mengubah Glukosa Menjadi Glikogen

Fungsi hormon insulin pertama untuk memerintahkan sel-sel yang ada di organ hati untuk mengubah glukosa yang diserap dari aliran darah menjadi glikogen. Glikogen merupakan bentuk glukosa yang disimpan di dalam organ hati.

Mengambil Glukosa dari Darah

Fungsi hormon insulin selanjutnya untuk memecah karbohidrat menjadi glukosa atau yang biasa disebut sebagai gula darah. Hal ini terjadi saat kamu selesai mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Di saat itulah kadar glukosa meningkat karena telah mengonsumsi karbohidrat, sehingga tubuh akan langsung memecah karbohidrat menjadi glukosa. Fungsi hormon insulin disini untuk memerintahkan sel-sel yang ada di otot, hati, dan lemak untuk menyerap glukosa yang ada di aliran darah.

Hal ini penting agar glukosa di dalam darah tetap stabil dan glukosa bisa digunakan oleh sel-sel tersebut.

Mengubah Glikogen Menjadi Glukosa

Ketika tubuh sedang memerlukan banyak glukosa seperti sedang berolahraga, maka hormon insulin akan menjalankan fungsinya yang lain. Fungsi hormon insulin dalam kondisi tersebut untuk memerintahkan hati agar mengubah glikogen menjadi glukosa yang sedang dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang aktivitas.

Menyimpan Kelebihan Glukosa sebagai Lemak

Bukan hanya untuk mengubah glukosa menjadi glikogen dan sebaliknya, hormon insulin juga berfungsi untuk menyimpan glukosa yang berlebih. Ada saat di mana tubuh sedang tidak membutuhkan banyak glukosa dan hati sudah penuh menyimpan glukosa dalam bentuk glikogen.

Pada kondisi tersebut, maka fungsi hormon insulin adalah memerintahkan sel-sel otot untuk mengubah glukosa dalam bentuk lemak yang biasanya disimpan di bawah lapisan kulit.

3 dari 5 halaman

Cara Kerja Hormon Insulin

Cara kerja hormon insulin di saat terjadi peningkatan glukosa adalah dengan memberi sinyal kepada organ pankreas untuk memproduksi hormon insulin. Setelah hormon insulin dihasilkan maka selanjutnya hormon insulin akan memberi sinyal kepada sel-sel di seluruh tubuh untuk mengambil glukosa di dalam aliran darah.

Ketika glukosa sudah mulai diserap masuk ke dalam sel-sel darah maka kadar glukosa tubuh menjadi menurun dan normal kembali. Glukosa yang diserap oleh sel-sel tubuh digunakan sebagai energi, sedangkan sel-sel yang ada di organ hati hanya akan menyimpannya dalam bentuk glikogen yang bisa diubah kembali saat tubuh memerlukan glukosa.

4 dari 5 halaman

Bahaya Kekurangan Hormon Insulin

Fungsi hormon insulin punya peran penting untuk mengontrol kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh. Cara insulin bekerja dengan memberi sinyal pada sel lemak, otot, dan hati untuk mengambil glukosa dari darah dan mengubahnya menjadi glikogen atau gula otot di sel otot, trigliserida di sel lemak, dan keduanya di sel hati.

Jadi, apabila produksi atau kerja insulin terganggu, ada beberapa penyakit yang menyerang diri seseorang. Berikut beberapa masalah kesehatan yang terjadi jika insulin terganggu.

Resistensi Insulin

Resistensi insulin terjadi ketika sel otot, lemak, dan hati tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Dampaknya, pankreas akan bekerja ekstra untuk menghasilkan lebih banyak insulin agar glukosa dapat digunakan sebagai energi. Apabila tidak ditangani, lama-kelamaan resistensi insulin akan berkembang menjadi diabetes.

Diabetes Mellitus

Diabetes meliitus merupakan penyakit dimana kadar gula dalam darah menjadi terlalu tinggi akibat ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan glukosa menjadi energi.

Glukosa tidak bisa diubah karena jumlah insulin dalam tubuh tidak cukup atau sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Insulinoma, yaitu tumor kecil di pankreas akan mengakibatkan produksi insulin menjadi berlebihan.

Sindrom Metabolik

Gangguan kesehatan ini merupakan sekelompok kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lain seperti stroke dan diabetes. Sebaliknya, keadaan dimana insulin tidak bekerja secara efektif untuk menurunkan kadar gula darah atau disebut resistensi insulin, juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sindrom metabolik.

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS Merupakan kondisi medis yang menyebabkan gangguan pada kerja ovarium. PCOS mengakibatkan kadar beberapa hormon dalam tubuh menjadi abnormal, termasuk kadar hormon insulin yang menjadi lebih tinggi.

Banyak wanita dengan PCOS ternyata juga mengalami resistensi insulin. Kondisi ini mengakibatkan tubuh akan memproduksi insulin lebih banyak lagi.

 

5 dari 5 halaman

Bahaya Kelebihan Hormon Insulin

Fungsi hormon insulin bagi tubuh memang cukup penting, namun bisa juga menjadi bahaya ketika hormon insulin yang dihasilkan berlebihan. Apabila kelebihan, hormon insulin bisa menyebabkan sel-sel mengambil glukosa terlalu banyak dari darah.

Kondisi ini akan memicu kondisi medis berupa hipoglikemia. Kondisi ini dapat membuat seseorang merasa lemas, pusing, cemas, lapar, berkeringat, pucat, dan kesakitan.

Kondisi ini harus segera ditasi dengan memperbaikinya karena bisa memperngaruhi otak bahkan bisa mengakibatkan penderitanya tidak sadarkan diri jika kasusnya sudah parah.

Insulin merupakan salah satu hormon penting dalam tubuh. Tanpa hormon insulin, sel-sel akan kekurangan energi dan harus mencari sumber tenaga alternatif. Akibatnya, komplikasi yang mengancam jiwa bisa terjadi.

Oleh karena itu, penting untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan kamu ke dokter dan melakukan pemeriksaan gula darah secara teratur. Apabila terdapat tanda-tanda gangguan pada insulin, dokter akan mulai menentukan langkah pengobatan yang sesuai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.