Sukses

3 Cara Membuka Instagram yang Lupa Kata Sandi, Tidak Perlu Panik

Liputan6.com, Jakarta Cara membuka Instagram yang lupa kata sandi bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kamu bisa memilih berbagai cara seperti masuk dengan Facebook, menggunakan nomor handphone yang dipakai saat mendaftar, hingga menggunakan alamat email yang digunakan saat mendaftar.

Ketiga cara tersebut tentunya membutuhkan beberapa syarat. Untuk masuk dengan Facebook, kamu perlu menyambungkan akun Instagram-mu dengan akun Facebook. Sedangkan untuk nomor handphone dan alamat email, kamu bisa mendapatkan kata sandi baru asalkan sesuai dengan yang kamu daftarkan dulu.

Cara membuka Instagram yang lupa kata sandi tidak begitu sulit dilakukan. Tentunya hal ini jika kamu memiliki berbagai syarat-syarat yang diperlukan seperti disebutkan sebelumnya. Jika tidak, maka tentu akan lebih sulit lagi. Setidaknya kamu memiliki 3 opsi untuk membuka kembali Instagram milikmu.

Apalagi di zaman sekarang ini, Instagram sudah menjadi platform media sosial favorit bagi semua kalangan. Hampir semua kalangan memiliki akun Instagram. Mulai dari masyarakat awam hingga orang penting semua mahir menggunakan Instagram. Tentunya lupa kata sandi bisa membuat seseorang cukup panik, apalagi jika ia bekerja dengan menggunakan Instagram setiap harinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/12/2019) tentang cara membuka Instagram yang lupa kata sandi.

2 dari 4 halaman

Cara Membuka Instagram yang Lupa Kata Sandi Melalui Email

Cara membuka Instagram yang lupa kata sandi pertama adalah dengan menggunakan email saat mendaftar. Sebelum melakukan cara membuka Instagram yang lupa kata sandi ini, pastikan email yang kamu masukkan sesuai dengan email yang kamu gunakan pada akun Instagram.

1. Buka Instagram terlebih dulu, bisa dari handphone maupun komputer. Kemudian klik pada bagian 'dapatkan bantuan untuk masuk'.

2. Masukkan nama pengguna atau alamat email Instagrammu, alamat email, atau nomor telepon. Kemudian klik tanda 'selanjutnya'. Dalam hal ini, masukkan alamat email.

3. Instagram akan mengirimi pemberitahuan melalui email. Pemberitahuan ini berisi metode pemulihan kata sandi. Ketuk 'kirim email'.

4. Buka email kiriman dari Instagram, pastikan email masuk. Kalau belum ada, periksa email bagian spam.

5. Saat kamu membuka email dari Instagram, kamu akan melihat tulisan dengan tanda biru. Tanda itu merupakan cara agar kamu bisa login kembali di akun Instagram. Klik tanda tersebut.

6. Kemudian terakhir masukkan password baru untuk Instagrammu. Lalu ketuk tombol 'reset kata sandi'.

7. Setelah itu, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali

3 dari 4 halaman

Cara Membuka Instagram yang Lupa Kata Sandi Melalui Nomor Handphone

Cara membuka Instagram yang lupa kata sandi berikutnya adalah melalui Nomor Handphone. Sama dengan dalam penerapan menggunakan alamat email, sebelum melakukan cara ini, pastikan nomor handphone yang kamu pakai di instagram masih dalam keadaan aktif.

1. Buka Instagram terlebih dulu, bisa dari handphone maupun komputer. Kemudian klik pada bagian 'dapatkan bantuan untuk masuk'.

2. Masukkan nama pengguna atau alamat email Instagrammu, alamat email, atau nomor telepon. Kemudian klik tanda 'selanjutnya'. Dalam hal ini, masukkan nomor telepon. Kamu bisa memilih “Kirim sebuah SMS”

3. Tinggalkan Instagram untuk memeriksa kotak masuk. Jika ada pesan masuk dari Instagram, ikuti perintahnya. Biasanya SMS tersebut adalah permintaan untuk mengakses Instagram dari link yang telah dibagikan.

4. Bukalah link tersebut dengan pilihan ‘Buka dengan Instagram’.

5. Jika telah berhasil, kamu akan disediakan dua kolom untuk mereset password Instagram.

6. Setelah itu, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali

4 dari 4 halaman

Cara Membuka Instagram yang Lupa Kata Sandi dengan Facebook Terhubung

Cara membuka Instagram yang lupa kata sandi selanjutnya adalah dengan Facebook terhubung. Cara terakhir ini hanya bisa kamu lakukan jika kamu menghubungkan akun Instagram kamu dengan akun Facebook.

Berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

1. Buka Instagram terlebih dulu, bisa dari handphone maupun komputer. Kemudian klik pada bagian 'dapatkan bantuan untuk masuk'.

2. Setelah itu akan tampil ‘laman Bantuan Masuk’. Kamu bisa memilih ‘masuk dengan Facebook’.

3. Setelah muncul halaman baru, kamu bisa mengisi username dan password Facebook.

4. Akan ada ‘memberi izin Facebook’, kemudian klik ‘Ok’.

5. Jika sudah berhasil masuk, akan tampak dua kolom untuk mengganti password Instagram.

6. Setelah itu, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali

7. Jika langkah pertama sampai kelima sudah kamu lakukan dengan benar namun masih gagal, kemungkinan kamu salah menggunakan akun facebook. Bisa jadi akun Facebook yang kamu masukkan tidak terhubung dengan instagram yang masih terkunci.

Instagram sudah menjadi media sosial yang wajib dimiliki setiap orang. Sekarang ini melalui Instagram kamu bisa mendapatkan berbagai informasi penting, berita ter-update, tempat berjualan, hingga mencari jodoh. Namun, lupa kata sandi tentunya bisa terjadi pada siapapun.