Sukses

13 Cara Cepat Menghafal Alquran 30 Juz, Mudah Dipraktikkan oleh Pemula

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat menghafal Alquran 30 juz perlu dipahami bagi pemula yang ingin mengamalkannya. Menghafalkan Alquran merupakan amalan yang paling baik bagi umat Islam.

Para penghafal Alquran akan mendapat kehormatan berupa Tajul Karomah atau mahkota kemuliaan bagi dirinya di hari kiamat. Selain itu, dengan menghafal Alquran, niscaya di akhirat kelak akan mendapatkan Tasyrif Nabawi atau penghargaan khusus dari Nabi.

Namun, menghafal Alquran bukan pekerjaan yang mudah. Bahkan untuk menghafal satu surat pun kadang membutuhkan waktu yang sangat lama dan hanya bertahan tidak lama untuk hafal di luar kepala.

Untuk bisa meraih keutamaan dari menghafal Alquran, maka perlu memperhatikan cara cepat menghafal Alquran 30 juz dengan benar. Berikut cara cepat menghafal Alquran 30 juz yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/12/2019).

2 dari 8 halaman

Niat Ikhlas dan Lakukan Sholat Hajat

Niat Ikhlas Hanya karena Allah

Niat merupakan salah satu syarat dalam cara cepat menghafal Alquran 30 juz. Apabila niatnya salah, seperti riya atau pamer, ujub atau bangga pada diri sendiri, atau menghafal karena ingin disebut sebagai Al-Hafidz maka itu sangatlah fatal.

Memiliki niat yang lurus dan hati ikhlas karena Allah SWT maka rasa lelah, malas, dan perasaan sulit tidak akan menjadi penghalang dalam menghafal Alquran.

Melaksanakan Sholat Hajat

Cara cepat menghafal Alquran 30 juz dengan mudah selanjutnya dengan melaksanakan sholat hajat. Setelah kamu menata niat karena mengharap ridho dan pahala Allah, hendaknya kamu juga melaksanakan sholat hajat sebelum mulai menghafal Alquran dengan cepat dan benar.

Memohon kepada Allah agar mudah dalam proses menghafal Alquran. Karena pemilik Alquran adalah Allah SWT, maka kamu memohon kepada pemiliknya agar selalu diberi kemudahan.

3 dari 8 halaman

Selalu Yakin dan Mengakrabkan Diri dengan Alquran

Selalu Yakin

Tanamkan pada diri kamu bahwa menghafal Alquran itu sangat mudah. Dengan begitu kamu akan merasa mudah melakukannya.

Namun, apabila kamu menanamkan pikirna bahwa menghafal Alquran sangat sulit, maka akan berdampak sulit. Jadi, motivasi diri sendiri agar tumbuh keyakinan bahwa cara cepat menghafal Alquran 30 juz itu mudah.

Akrabkan Diri dengan Alquran

Akrab dengan Alquran merupakan salah satu cara cepat menghafal Alquran 30 juz dengan mudah yang paling ampuh. Dalam prosesnya, jangan memikirkan metode menghafal Alquran yang ribet terlebih dahulu.

Namun, pikirkanlah bagaimana caranya kamu memulai hari untuk bisa membaca 5 juz per hari atau menghafal 1 ayat per harinya.

 

4 dari 8 halaman

Memperbaiki Bacaan dan Gunakan Metode Menghafal yang Tepat

Memperbaiki Bacaan

Sebelum mulai menghafal Alquran dengan mudah, sebaiknya kamu memperbaiki bacaannya terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari salah baca dan membuat kekeliruan dalam proses menghafal.

Meghafal Alquran memang mempunyai keutamaan yang banyak, tetapi kalau cara membaca Alquran masih banyak yang salah atau tidak tepat maka bisa mengurangi pahalanya.

Pahami Metode Menghafal Alquran yang Tepat

Cara cepat menghafal Alquran 30 juz selanjutnya dengan memahami metodenya. Ada dua metode menghafal Alquran dengan mudah dan cepat untuk pemula.

Pertama, cobalah menghafalnya per halaman. Kamu membaca satu halaman yang akan dihafal sebanyak tiga sampai sepuluh kali secara tartil. Apabila sudah lancar, hafalkan halaman tersebut.

Setelah hafal satu halaman, kamu bisa melanjutkan ke halaman berikutnya. Metode ini lebih direkomendasikan menggunakan mushaf standar madinah.

Kedua, menghafalkannya per ayat. Hal ini dikerjakan dengan mambaca satu ayat yang akan kamu hafal, tiga sampai sepuluh kali secara tartil. Apabila sudah lancar, hafalkanlah ayat tersebut.

Setelah hafal ayat pertama, pindahlah ke ayat berikutnya dengan cara yang sama. Begitu seterusnya sampai satu halaman. Pastikan sebelum pindah ke halaman berikutnya, kamu mengulangi halaman-halaman sebeumnya agar lebih kuat hafalannya.

5 dari 8 halaman

Gunakan Satu Jenis Mushaf Alquran dan Baca Berulang

Gunakan Satu Jenis Mushaf Alquran

Cara cepat menghafal Alquran 30 juz selanjutnya dengan menggunakan satu jenis mushaf Alquran saja. Hal ini dikarenakan struktur dan tampilan halaman Alquran terkadang berbeda-beda tiap penerbitnya.

Pastikan menghafal dengan mushaf yang sama. Analogi menghafal Alquran sebenarnya mirip dengan merekam gambar ke dalam memori sehingga bentuk mushaf akan memengaruhi struktur hafalan seseorang di memori otak.

Baca Berulang-ulang atau Murojaah

Semakin sering mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan. Jadi, jangan sampai karena sudah merasa hafal beberapa halaman, kamu tinggal hafalan tersebut tanpa mengulanginya dalam waktu yang lama.

Hal ini akan menyebabkan hilangnya hafalan tersebut.

6 dari 8 halaman

Beri Target dan Bacakan Hasil Hafalan ke Orang Lain

Beri Target Menghafal Alquran

Di tengah menghafal Alquran, beberapa orang kerap mengalami kendala seperti susah masuk atau hafalan yang sudah dihafal lupa lagi. Kondisi ini akan mengakibatkan semangat akan berkurang.

Sehingga kamu akan merasa bahwa Alquran susah untuk dihafalkan. Agar kamu tidak patah semangat, kamu harus pasang target dalam menghafal Alquran.

Bacakan Hafal Alquran ke Orang Lain

Ketika kamu mulai merasa berhasil menghafal satu ayat, surat, maupun juz, segera setorkan kepada seseorang yang memiliki bacaan bagus dan faham ilmu tajwid seperti imam-imam masjid ataupun guru tahfiz yang dekat dengan rumah mu. Hanya karena kamu sudah hafal, tidak berarti bacaanmu sudah tepat dan bagus.

Oleh karena itu, kamu akan mengetahui kesalahan yang mungkin terjadi dan bisa segera dikoreksi jika disetorkan di hadapan Qori yang lebih mahir.

7 dari 8 halaman

Perbanyak Mendengarkan Murotal dan Atur Waktu Khusus

Perbanyak Mendengarkan Murotal

Mendengarkan murotal sangat menunjang hafalan Alquran. Hanya dengan mendengar murotal, kamu akan terbiasa dengan lantunan ayat suci dan sebagai salah satu cara cepat menghafal Alquran 30 juz.

Untuk menghafal Alquran dengan mudah dan cepat, disarankan untuk mendengarkan murotal dengan irama yang lambat namun indah, seperti bacaan As-Sayaikh Musyari Al-afasy.

Atur Waktu Khusus untuk Menghafal Alquran

Usahakan untuk menyediakan satu waktu khusus untuk menghafal Alquran. Imam Al Khatib Al Baghdadi dalam Mukaddimah Majmu' Syarh Al Muhadzdzab menganjurkan waktu-waktu yang mendukung untuk menghafal Alquran.

Waktu pertama, yaitu sepertiga malam terakhir. Waktu ini memiliki banyak faedah. Biasanya waktu ini digunakan untuk sholat malam atau waktu sahur saat bulan Ramadan.

Selanjutnya adalah saat pertengahan siang hari. Waktu ini biasanya digunakan untuk bekerja, namun tepat pula untuk menghafal.

Waktu lain yang tak kalah mujarab adalah di pagi hari. Banyak yang menganjurkan hafalan dilakukan di waktu ini karena kondisi pikiran manusia sedang dalam keadaan bersih dan belum banyak digunakan.

8 dari 8 halaman

Istiqomah

Lakukan semua cara cepat mengahafal Alquran 30 juz tersebut secara terus menerus. Dengan begitu kamu dapat dengan mudah menghafalkannya. Selain hal-hal di atas ada satu tips cara menghafal Alquran bagi pemula, yaitu berdoa.

Senjata umat Islam ketika berusaha adalah memperbanyak doa. Jadi, kamu perlu memperbanyak doa agar dimudahkan dalam menghafal Alquran dengan mudah dan cepat. Dengan membaca doa ini akan membantu kamu mempermudah dalam menghafal Alquran 30 juz.

“Fafahhamnaahaa sulaimaana wa kullan atainaa hukman wa 'ilman wa sakh kharnaa ma'a dawuudal jibaala yusabbihna wath thaira wa kunnaa faa'iliin. yaa hayyu yaa qayyuumu yaa rabba musaa wa haaruuna wa rabba ibraahima wa yaa rabba muhammaadin shallallahu alaihi wa sallama wa 'alaihim ajma'iina. Urzuqnil fahma warzuqnil 'ilma walhikmata wal 'aqla birahmatika yaa arhamarraahimiina."

Artinya:

"Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan kepada masing-masing meraka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bestasbih bersama Daud, dan Kamilah yang melakukannya. Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Wahai Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, Wahai Tuhan Musa dan Harun, Wahai Tuhan Ibrahim, dan Wahai Tuhan Muhammad SAW, dan Tuhan mereka semua, berikanlah aku rezeki kepahaman dan berilah aku rezeki ilmu, hikmah, dan akal, melalui rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."