Sukses

5 Langkah Pertolongan Pertama Cedera Pergelangan Tangan, Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Cedera pergelangan tangan bisa terjadi sewaktu-waktu. Bahkan cedera pergelangan tangan bisa terjadi di mana saja, termasuk saat kamu sedang di rumah.

Pergelangan tangan merupakan suatu sendi yang terdiri dari banyak sendi kecil yang bersifat fleksibel dan mudah digerakan ke berbagai arah. Walaupun dapat terjadi kapan dan di mana saja, kondisi ini bukan terjadi secara tiba-tiba.

Ada beberapa penyebab cedera pergelangan tangan. Beberapa penyebab cedera pergelangan tangan di antaranya seperti sindrom terowongan karpal, kista ganglion, asam urat yang meningkat, patah tulang, dan lain sebagainya.

Bagi sebagaian orang cedera pergelangan tangan kerap dianggap sepele. Padahal kondisi ini perlu diwaspadai jika kamu punya kegiatan yang menggunakan gerakan berulang sehari-hari.

Apabila cedera pergelangan tangan tiba-tiba terjadi, kamu tak perlu panik. Ada beberapa langkah pertolongan pertama untuk cedera pergelangan tangan yang bisa dilakukan dengan mudah.

Berikut lima langkah pertolongan pertama cedera pergelangan tangan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/12/2019).

2 dari 4 halaman

Penyebab Cedera Pergelangan Tangan

Penderita yang mengalami cedera tangan umumnya mengalami gejala seperti nyeri, pembengkakan, dan menurunnya kekuatan pada sendi pergelangan tangan, kesemutan tiba-tiba, serta mati rasa.

Biasanya cedera pergelangan tangan bisa dialami karena beberapa faktor penyebab. Kamu bisa menghindari beberapa penyebab bila tidak ingin cedera pergelangan tangan terjadi pada diri kamu.

1. Kamu melakukan olahraga yang membutuhkan gerakan berulang dan kekuatan lebih pada sendi pergelangan tangan. Misalnya bola basket, senam lantai, skating, maupun ski. Bahkan dapat terjadi jika kamu sering mengendarai motor.

2. Penyebab cedera pergelangan tangan kedua terjadi gerakan berulang menggunakan pergelangan tangan. Misalnya, kamu mengetik secara terus-menerus, bekerja di pabrik, dan masih menggunakan tenaga tangan sendiri.

3. Penyebab cedera pergelangan tangan lainnya karena memiliki penyakit tertentu, seperti radang sendi rematik yang dapat menyebabkan nyeri pergelangan tangan.

3 dari 4 halaman

Pertolongan Pertama saat Cedera Pergelangan Tangan

Cedera pergelangan tangan sebenarnya bisa langsung diberikan pertolongan pertama untuk mencegah munculnya masalah kesehatan lainnya. Apabila cedera pergelangan tangan terjadi, kamu bisa melakukan beberapa langkah penanganan seperti berikut ini:

Balut Pergelangan Tangan

Pertolongan pertama saat cedera pergelangan tangan yang perlu segera dilakukan adalah membuat suatu balutan. Lindungi lengan dan pergelangan tangan yang cedera dengan membuatkannya balutan.

Bisa juga membuat bidai menggunakan sebuah penggaris panjang atau gulungan Koran. Tentunya ini dibentuk hingga sepanjang tangan yang cedera.

Ada baiknya juga memberi bantalan atau membuat kain gendongan untuk mempertahankan bagian yang cedera. Hal ini untuk mendapatkan bantuan medis yang sesungguhnya.

Istirahatkan Pergelangan Tangan yang Cedera

Selanjutnya, istirahatkan pergelangan tangan yang cedera. Kurangi pergerakan pada sendi pergelangan tangan untuk mencegah terjadinya cedera lanjutan.

Kontrol Kondisinya

Kontrol pembengkakan yang sudah terjadi. Caranya, kompres es selama 20 menit dalam satu waktu. Hal ini dapat dilakukan hingga 4 sampai 8 kali dalam 24 jam pertama setelah terjadi cedera.

Kamu juga dapat menggunakan balutan dengan menggunakan perban elastis untuk mengurangi bengkak. Caranya dengan menaikkan pergelangan tangan pada posisi yang lebih tinggi dari jantung kamu.

Mengatasi Gejala Lainnya

Untuk meringankan kondisinya, kamu bisa mengatasi gejala lainnya seperti nyeri dan peradangan (rasa panas, bengkak, dan kemerahan). Kamu bisa mengonsumsi obat parasetamol untuk meringankan kondisinya.

Konsultasikan dengan Dokter

Apabila nyeri dan bengkak semakin oarah setelah 24 jam pertama, maka kamu dianjurkan untuk mengonsultasikannya ke dokter. Apalagi muncul perubahan dalam bentuk pada area tubuh yang cedera atau tidak bisa menggerakkan bagian tersebut.

4 dari 4 halaman

Pencegahan Cedera Pergelangan Tangan

Selain memberikan pertolongan pertama, kamu juga bisa mencegah terjadinya cedera pergelangan tangan. Berikut beberapa cara pencegahan cedera pergelangan tangan.

1. Kamu yang suka berolahraga menggunakan tangan sebaiknya mengenakan pelindung pergelangan tangan atau wrist guard.

2. Melakukan gerakan peregangan beberapa kali sehari dan memanfaatkan waktu istirahat. Perhatikan postur kamu dalam bekerja untuk memastikan posisi pergelangan tangan aman agar tidak terjadi cedera lanjutan.

3. Mencukupi kebutuhan asupan kalsium dan vitamin D kamu untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian.

Loading