Sukses

5 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan, Penuh Kandungan Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat rambutan untuk kesehatan masih belum banyak diketahui. Padahal buah musiman satu ini cukup sering dikonsumsi orang Indonesia. Buah dengan ciri khas rambut pada kulitnya ini memang memiliki rasa yang sangat segar dan nikmat ketika dimakan.

Buah yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini merupakan buah asli asal Asia Tenggara. Kamu tentunya dengan mudah bisa menemukan pohon rambutan di halaman rumah banyak orang. Saat sedang musimnya, pohon rambutan bisa dipenuhi oleh buahnya yang berwarna merah.

Manfaat rambutan untuk kesehatan didapatkan karena kandungan nutrisinya. Berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh dan dapat mengatasi berbagai penyakit dimiliki oleh buah rambutan. Selain berwarna merah yang artinya sudah matang, buah rambutan ada juga yang berwarna hijau dan kuning yang belum matang sempurna.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/12/2019) tentang manfaat rambutan.

2 dari 6 halaman

Melancarkan Pencernaan

Manfaat rambutan yang pertama adalah untuk melancarkan pencernaan. Sekitar setengah daging buah rambutan mengandung serat tidak larut air. Jenis serat ini tidak menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan.

Oleh karena itu, sebagian besar serat tidak larut air tadi langsung masuk ke sistem pencernaan dan mendorong kotoran di dalam usus. Hal inilah yang akan membuat pencernaan jadi lebih lancar dan lebih mudah mengeluarkan tinja saat buang air besar. Masalah sembelit atau susah buang air besar tidak akan menghampirimu lagi.

Sebagian kandungan serat lainnya pada buah rambutan termasuk serat larut air. Beda dengan jenis serat sebelumnya, serat larut air ini akan menjadi makanan bagi bakteri usus untuk menghasilkan asam lemak rantai pendek. Misalnya asetat, propionat, dan butirat yang menjadi makanan bagi sel-sel usus.

Asam lemak rantai pendek tersebut berfungsi untuk mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala gangguan usus. Mulai dari sindrom iritasi usus (IBS), penyakit Crohn, hingga kolitis ulseratif.

3 dari 6 halaman

Menurunkan Berat Badan

Manfaat rambutan untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan sekaligus membantu mencegah kenaikan berat badan.

Dilansir dari Healthline, setiap 100 gram daging rambutan yang kamu makan mengandung 75 kalori dan 1,3-2 gram serat. Kandungan serat tinggi dan kalori rendah inilah yang tidak akan membuat kamu gemuk meskipun makan buah rambutan dalam jumlah banyak.

Selain itu, kandungan serat larut airnya yang melimpah juga dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Hanya dengan makan buah rambutan saja, nafsu makan dijamin akan berkurang dan justru merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu dapat menahan kebiasaan makan berlebihan yang bisa membuat berat badan semakin naik.

4 dari 6 halaman

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Para ahli mengungkapkan bahwa manfaat rambutan bagi kesehatan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian pada 2009, buah rambutan mengandung sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Antioksidan tersebut sesungguhnya berasal dari kandungan vitamin C pada buah rambutan. Asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh mendorong produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Semakin sedikit vitamin C dalam tubuh, maka sistem imun akan semakin lemah dan rentan terhadap infeksi.

Jadi, jika kamu merasakan tubuh sering terkena flu, batuk, hingga pilek, kamu bisa mengatasinya dengan buah rambutan.

5 dari 6 halaman

Menangkal Radikal Bebas dengan Antioksidan

Sama seperti jenis buah pada umumnya, buah rambutan kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Setiap 100 gram daging rambutan mengandung 1,3-2 gram serat yang baik untuk tubuh. Bahkan, kandungan serat ini setara dengan apel, jeruk, atau pir dalam berat yang sama.

Buah rambutan mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alias penangkal radikal bebas. Hal ini membuatnya dapat membantu menyerap zat besi lebih mudah di dalam tubuh.

Jika mengonsumsi 5-6 buah rambutan setiap hari, maka kamu sudah dapat memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian. Semakin banyak antioksidan yang masuk ke dalam tubuh, maka sel-sel tubuh tentu akan semakin terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

6 dari 6 halaman

Kaya Mineral (Baik untuk sel tulang, otak, dan jantung)

Selain kaya vitamin, manfaat rambutan untuk kesehatan juga dipengaruhi oleh berbagai kandungan mineral penting. Mineral utamanya terletak pada kandungan tembaga dalam daging rambutan. Tembaga ini berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan berbagai sel tubuh, baik sel tulang, otak, dan jantung.

Hanya dengan makan 100 gram atau setara dengan 4 buah daging rambutan saja, kamu sudah memenuhi 20 persen kebutuhan tembaga harian. Bahkan, kamu juga mendapatkan asupan mangan, fosfor, kalium, magnesium, besi dan, seng dari buah rambutan, meskipun jumlahnya lebih sedikit.