Sukses

6 Gerakan Sederhana Ini Ampuh Redakan Nyeri Punggung

Liputan6.com, Jakarta Nyeri punggung merupakan salah satu gejala umum dan kerap dirasakan oleh hampir sebagian orang dewasa hingga lanjut usia. Nyeri ini terjadi di area sekitar tulang belakang dari leher hingga tulang ekor. 

Pada kebanyakan kasus, nyeri punggung paling sering terjadi pada area punggung bawah. Gejala ini biasanya akan membaik dalam waktu beberapa minggu atau bulan.

Bagi penderita yang tidak tahan dengan rasa nyerinya, mereka kerap mencari cara mengatasi nyeri punggung guna meredakan rasa sakitnya dengan segera. Hal ini dikarenakan nyeri punggung dapat mengganggu kegiatan sehari-hari penderitanya.

Selain mengonsumsi obat, ada cara mengatasi nyeri punggung secara alami yang ampuh dan mudah dipraktikkan. Lewat gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah, kamu bisa dengan segera meredakan nyeri punggung.

Berikut ada enam gerakan sederhana yang ampuh untuk meredakan nyeri punggung yang telah Liputan6.com rangkum dari Brightside, Jumat (6/12/2019).

2 dari 7 halaman

Gerakan Memutar Tubuh

Pose ini juga dikenal sebagai spinal twist. Pose ini bermanfaat untuk membantu kamu mengendurkan otot punggung dan meringankan kondisi ketegangan pada punggung.

Cara melakukan gerakan sederhana untuk meredakan nyeri punggung ini pertama, berbaringlah senyaman mungkin. Lalu lipat kedua lutut kamu dan letakkan keduanya ke salah satu sisi sambil gerakkan tubuh kea rah berlawanan.

Dalam melakukan pose ini, pastikan tidak mengangkat pinggul atau punggung kamu dan menjaganya agar tetap sejajar dengan permukaan. Tahan posisi ini selama beberapa menit dan kamu akan merasakan perbedaannya.

3 dari 7 halaman

Berbaring Sambil Mengangkat Setengah Bagian Atas Tubuh

Pose selanjutnya yang bisa dicoba untuk meredakan nyeri punggung adalah berbaring sambil mengangkat setengah bagian atas tubuh. Pose ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan.

Kamu hanya perlu berbaring dengan nyaman dan mengangkat sedikit tubuh bagian atas. Pose ini bermanfaat untuk memperbaiki postur dan memperkuat perut kamu. Sekaligus juga memberikan dukungan terhadap punggung kamu serta meredakan sakitnya.

Lakukan pose persis seperti pada gambar. Lakukan gerakan sederhana ini selama satu atau dua menit. Ulangi 4-5 kali. Perlu diperhatikan bahwa jangan melakukannya terlalu sering.

4 dari 7 halaman

Menarik Lutut ke Arah Dada

Cara meredakan nyeri punggung selanjutnya bisa dilakukan dengan mempraktikkan pose seperti pada gambar. Lakukan gerakan sederhana ini selama beberapa detik dan ulangi sebanyak 3 hingga 4 kali.

Ulangi secara bergantian dengan lutut lainnya. Gerakan ini akan memberikan pijatan alami pada otot secara alami.

5 dari 7 halaman

Membentuk Tubuh Seperti Angka 4

Pose ini dikenal sebagai gerakan merpati. Pose ini bermanfaat untuk meregangkan paha dan pinggul dan mengurangi ketegangan di punggung bagian bawah.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2017 menemukan bahwa dalam menghilangkan rasa nyeri pada punggu, pose merpati merupakan cara yang paling efisien. Pose ini membantu kamu memperbaiki postur tubuh dan memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat duduk terlalu lama.

Lakukan gerakan sederhana seperti pada gambar. Tahan selama beberapa menit lalu ganti dengan sisi kaki lainnya. Ulangi pose ini sesuai dengan kebutuhan.

6 dari 7 halaman

Menekuk Tubuh ke Depan dan Menyentuh Kaki

Manfaat melakukan pose ini dalam meredakan nyeri punggung adalah mampu menyembuhkan rasa sakitnya. Lakukan pse tersebut seperti pada gambar.

Tahan pose tersebut dengan kondisi tubuh rileks sambil mengambil napas dalam-dalam. Melakukakannya berguna untuk meregangkan otot punggung dan mengendurkannya.

7 dari 7 halaman

Menekuk Badan Sambil Menariknya

Manfaat melakukan pose ini dapat menghilangkan tekanan dari punggung bawah dan membuatnya menjadi rileks. Pose ini akan bantu memperkuat tulang belakang kamu dan menenangkan otot punggung kamu.

Lakukan pose ini seperti pada gambar. Ulangi secara berulang sesuai dengan kondisi atau kebutuhan kamu.