Sukses

9 Cara Cepat Belajar Membaca Alquran dengan Lancar untuk Pemula

Cara cepat belajar membaca Alquran bisa kamu terapkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat belajar membaca Alquran bisa kamu terapkan di rumah. Sebenarnya, belajar membaca Alquran tidak begitu sulit. Apalagi sebagai umat Islam, kamu tentunya harus bisa membaca Alquran karena bacaan saat shalat berasal dari Alquran juga. Sedangkan shalat merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim.

Untuk bisa membaca Alquran dengan baik dan lancar, tentunya kamu harus mengetahuinya dari dasar terlebih dahulu. Mulai dari mengenal huruf hijaiyah hingga mengenal tanda baca. Selain itu, kamu juga harus membaca Alquran dengan tajwid yang benar.

Cara cepat belajar membaca Alquran harus dipraktikkan. Bagaimanapun juga, jika kamu sudah mengetahui berbagai cara yang cepat dalam belajar membaca Alquran, jika tidak dipraktikkan tetap saja tidak akan ada hasilnya.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara cepat belajar membaca Alquran dari berbagai sumber, Senin (9/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Huruf Hijaiyah dan Memahami Tanda Baca

Mengenal Huruf Hijaiyah

Cara cepat belajar membaca Alquran yang pertama adalah dengan mengenal huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah sendiri ialah huruf ejaan bahasa arab sebagai bahasa asli Alquran. Bisa dikatakan bahwa huruf hijaiyah seperti huruf abjad (A B C D E) di dalam Bahasa Indonesia, sehingga jika kamu ingin lancar dalam membaca Alquran, kamu harus belajar dan mengerti akan huruf hijaiyah dan ejaannya.

Jadi untuk menerapkan cara cepat belajar membaca Alquran ini, kamu perlu terlebih dahulu mengenal huruf hijaiyah yang berjumlah 29 huruf ini. Semua huruf ini wajib dihafal jika ingin bisa membaca alquran. Ada yang pengucapannya seperti huruf latin, ada juga yang berbeda, seperti tsa, kha, dzal, dan sebagainya.

Selain mengenal bentuk-bentuk huruf hijaiyah secara satu persatu, kamu juga harus mengetahui bagaimana huruf tersebut jika disambung dengan huruf lain. Dalam belajar pengucapan huruf hijaiyah, kamu harus mengetahui makhraj-nya, yaitu merupakan tempat keluarnya huruf.

Memahami Tanda Baca (Harakat)

Cara cepat berlajar membaca Alquran kedua setelah mempelajari huruf hijaiyah ialah harus mengenal dan mempelajari tanda baca atau harakat di dalam Alquran. Tanda baca (harakat) ini berfungsi untuk menentukan bagaimana pengucapan huruf hijaiyah di dalam Alquran.

Sebagai contoh, jika dalam Bahasa Indonesia terdapat A I U E O sebagai huruf vokal, maka di bahasa Arab ada harakat. Berbagai tanda baca seperti Fathah, Kasrah, Dammah, Tasydid, dan Sukun wajib kamu pahami.

Kamu bisa mempelajarinya secara lebih mendalam dengan membaca buku atau belajar secara langsung dengan ustaz atau guru mengaji.

3 dari 5 halaman

Memahami Tajwid dan Mulai dari Surat Pendek

Memahami Tajwid

Cara cepat belajar membaca Alquran selanjutnya ialah dengan memahami tajwid Alquran. Ilmu tajwid Alquran ini adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana membunyikan huruf Alquran secara baik dan benar. Seperti dibacakan secara mendengung, samar-samar atau jelas.

Sederhananya, bacaan tajwid ini bisa dikatakan sebagai Grammar nya dalam Bahasa Inggris. Adapun Grammar dalam Bahasa Arab sendiri antara lain bacaan Idzhar, bacaan Idgham, bacaan Iqlab dan masih banyak yang lainnya. Memahami tajwid ini sangat penting agar kamu tidak salah dalam membaca Alquran.

Mulai dari Surat Pendek

Cara cepat belajar membaca Alquran selanutnya adalah dengan mulai dari surat pendek terlebih dahulu. Pada awal-awal pembelajaran pilihlah dari surat-surat pendek terlebih dahulu. Jika sudah mulai lancar membaca surat pendek, barulah mulai mencoba dengan surat yang panjang.

Selain itu, membaca dengan tartil yaitu pelan tapi pasti bisa membuat kamu lebih cepat pandai. Selalu berlatih dengan memperhatikan benar panjang pendeknya bacaan yang sedang dibaca.

4 dari 5 halaman

Cari Guru Mengaji dan Belajar dari Sumber Terpercaya

Cari Guru Mengaji

Cara cepat belajar membaca Alquran yang sangat efektif tentunya dengan mencari guru mengaji. Dengan adanya guru mengaji, kamu tentunya akan lebih mudah memahami berbagai macam pemaham dalam Alquran.

Karena untuk dapat membaca Alquran memerlukan proses. Kamu dapat mengundang guru mengaji untuk mengajarkan baca Alquran secara privat. Dengan begini, kamu bisa lebih cepat pandai dalam membaca Alquran.

Carilah ustaz atau ustazah untuk membimbing dan mendampingi dalam proses belajar mengaji. Dengan adanya Ustaz atau ustazah akan sangat membantu untuk belajar membaca Al-Qur’an secara terbimbing.

Belajar dari Sumber Terpercaya

Jika kamu kesulitan untuk mencari guru pendamping, kamu juga bisa mengikuti cara cepat belajar membaca Alquran dair sumber terpercaya. Sumber terpercaya di sini maksudnya adalah sumber buku, video, dan lain-lain.

Jika kamu ingin belajar Alquran secara otodidak atau mandiri sebenarnya sangat memungkinkan, karena sekarang ini sudah banyak panduan membaca alquran misal dari video belajar ataupun dari youtube. Permasalahan utama belajar Alquran otodidak adalah tidak ada yang mengkoreksi jika bacaan salah.

5 dari 5 halaman

Membuat Jadwal, Sunguh-sungguh, dan Latihan Rutin

Membuat Jadwal Membaca Alquran

Dalam cara cepat belajar membaca Alquran, tidak ada kata terlambat. Siapkan dan alokasikan waktu terbaik kamu untuk belajar membaca Alquran. Kesungguhan dalam meluangkan waktu khusus untuk belajar membaca Alquran menjadi salah satu kunci agar kamu bisa baca Alquran dengan cepat.

Kamu juga bisa membuat jadwal membaca Alquran setiap harinya. Misalnya kamu mengalokasikan waktu setelah subuh atau setelah maghrib untuk membaca Alquran. Dengan melaksanakannya secara rutin, akan membuatmu lebih cepat pandai.

Belajar dengan Sunguh-sungguh

Cara cepat belajar membaca Alquran harus dilakukan dengan sungguh sungguh, rajin dan tidak putus asa. Karena harus selalu diingat bahwa membaca Alquran itu merupakan ibadah dan akan mendapatkan pahala.

Dalam melakukan suatu kebaikan tentunya akan selalu ada halangan atau godaan dari setan. Dengan meniatkan diri untuk bersungguh-sungguh dalam belajar Alquran, kamu bisa mengacuhkan godaan setan tersebut dan pandai membaca Alquran dengan cepat.

Latihan atau Praktik dengan Rutin

Cara cepat belajar membaca Alquran yang paling penting tentunya adalah rutin melakukan latihan dan praktik. Kamu tidak akan bisa membaca Alquran dengan fasih, kalau tidak pernah mempraktikkannya secara langsung.

Sebaiknya ketika sedang praktik membaca Alquran ada yang membimbing seperti guru ngaji atau orang tua kalian sendiri. Hal ini berguna agar ada yang membenarkan ketika salah membaca Alquran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini