Sukses

5 Cara Menghilangkan Jamur pada Pakaian dengan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan jamur pada pakaian biasanya menggunakan pemutih. Namun, bahan kimia yang keras dalam produk pemutih bisa merusak pakaian dan membahayakan kesehatan. Apalagi pemutih hanya cocok digunakan untuk pakaian berwarna putih saja.

Penyebab jamur pada pakaian ada bermacam-macam, mulai dari kebiasaan menyimpan baju dalam kondisi setengah basah hingga kebiasaan meletakkan baju basah dan kotor di keranjang cucian dalam waktu yang lama.

Cara menghilangkan jamur pada pakaian bisa menggunakan beberapa bahan alami. Noda jamur yang nampak seperti bercak gelap tentu saja akan mengganggu penampilan kamu saat mengenakan pakaian yang berjamur itu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/12/2019) beberapa cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan bahan alami.

2 dari 7 halaman

Cuka Putih

Cara menghilangkan jamur pada pakaian yang pertama bisa menggunakan cuka putih. Cuka putih efektif membasmi bintik-bintik pada baju berjamur. Selain itu, cuka putih juga aman digunakan untuk berbagai jenis pakaian.

Caranya dengan mencampurkan sedikit cuka dan air dingin dengan takaran sebanding, kemudian usapkan larutan ke bintik-bintik jamur dengan kain atau sikat gigi bekas bersih. Diamkan, kemudian cuci dengan air bersuhu tertinggi yang dianjurkan.

Kamu juga bisa merendam baju semalaman dalam larutan cuka dan air (segelas cuka untuk seember air) jika jamur sudah menyebar luas, lalu tinggal mencucinya seperti biasa.

Kamu harus memperhatikan juga untuk menghindari mencampur cuka putih dan pemutih cucian karena bisa menghasilkan gas beracun.

3 dari 7 halaman

Lemon dan Garam

Cara menghilangkan jamur pada pakaian tanpa pemutih selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon dan garam. Kombinasi dua bahan ini dijamin aman dan tidak merusak serat kain.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menerapkannya. Peras air lemon dan gunakan airnya saja. Campurkan 1-2 sdm garam ke dalam air lemon. Setelah itu, larutkan campuran lemon dan garam ini ke dalam air hangat.

Rendam pakaian yang ternoda, kemudian jemur ke dalam larutan air lemon dan garam. Setelah 30 menit, angkat pakaian dan cek apakah nodanya masih atau atau berhasil dihilangkan.

Kalau noda jamurnya masih ada, tuangkan deterjen cair ke bagian yang ternoda jamur dan gosok dengan sikat gigi bekas. Kemudian, lanjutkan ke proses mencuci pakaian agar nodanya benar-benar hilang sempurna. Selain untuk membersihkan noda jamur, lemon dan garam ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda lem di baju.

4 dari 7 halaman

Baking Soda

Penggunaan baking soda untuk menghilangkan jamur pada pakaian tidak perlu dipertanyakan lagi. Baking soda bahkan memang menjadi salah satu solusi tepat dalam mencuci pakaian dengan noda membandel.

Buat pasta baking soda terlebih dahulu dengan mencampurkan air dan baking soda secukupnya. Oleskan pasta baking soda ini ke bagian yang ternoda jamur. Diamkan selama 15 menit, lalu gosok dengan memakai sikat berbulu halus atau sikat gigi bekas. Terakhir, bilas pakaian dengan air bersih.

5 dari 7 halaman

Air Panas

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan air panas untuk menghilangkan jamur pada pakaian. Cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan air panas ini efektif dan tentunya mudah diterapkan.

Cucilah kain dalam air panas sesegera mungkin untuk menyelamatkan pakaian kamu. Ini dapat menghilangkan jamur lebih efisien dan cepat daripada menggunakan air dingin. Selain itu, hal ini juga membantu menghilangkan alergen dan spora jamur. Namun, kamu harus memastikan bahwa airnya tidak terlalu panas sehingga tidak merusak kain.

6 dari 7 halaman

Boraks

Boraks merupakan mineral yang ampuh melawan jamur dan bisa dibeli dalam bentuk bubuk. Sebagian detergen juga mengandung boraks. Ikuti petunjuk pemakaian boraks bubuk di kemasannya.

Pada umumnya, serbuk perlu dicampur dengan air untuk membuat pasta. Oleskan campuran ini pada noda jamur dengan sikat gigi bekas. Diamkan beberapa jam, kemudian cuci di mesin cuci. Kamu juga bisa menambahkan campuran air dan boraks langsung ke laci mesin cuci jika mencuci beberapa baju berjamur secara bersamaan.

Setelah dicuci, jemur pakaian di bawah sinar matahari yang turut membantu membasmi jamur. Pada musim hujan, gantung dan angin-anginkan pakaian di ruangan dengan sirkulasi udara lancar. Alternatifnya, gunakan mesin pengering cucian jika mungkin.

Jauhkan produk pemutih dan boraks dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

7 dari 7 halaman

Cara Mencegah Timbulnya Jamur pada Pakaian

Kamu juga bisa mencegah timbulnya jamur pada pakaian dengan melakukan cara-cara berikut:

- Jangan biarkan baju lembap menumpuk terlalu lama, misalnya baju olahraga dan cuci bersih dan keringkan segera.

- Kosongkan mesin cuci segera setelah selesai berputar dan langsung jemur cucian atau masukkan ke mesin pengering.

- Pada musim hujan, cuci baju sedikit demi sedikit untuk menghindari baju basah yang bertumpuk di jemuran.

Selain baunya yang tidak sedap, baju berjamur juga bisa menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal pada kulit. Sebaiknya segera hilangkan jamur pada pakaian agar tetap bersih dan sehat.

Loading