Sukses

7 Lokasi Film Kartun Disney Ini Ternyata Ada di Dunia Nyata

Liputan6.com, Jakarta Film kartun buatan Disney memang terkenal dengan ceritanya yang sangat menarik. Selain itu penggarapan film kartun Disney dilakukan dengan sangat serius, sehingga menghasilkan visual yang berkualitas dan sangat indah. Tidak heran kalau sebagian besar film kartun buatan Disney menjadi favorit bagi anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. 

Namun, ternyata visual indah yang ada pada film Disney beberapa di antaranya terinspirasi dari dunia nyata terutama lokasinya. Beberapa objek yang menjadi inspirasi lokasi film Disney adalah bangunan dan pemandangan alam yang menakjubkan dari berbagai belahan dunia.

Bangunan dan pemandangan alam tersebut pun sering menjadi lokasi yang cukup ikonik dari sebuah film kartun Disney. Seperti bangunan kastil kerajaan, desa, hingga air terjun. Tak heran jika bangunan dan pemandangan alam di film kartun Disney terlihat seperti layaknya sungguhan.

Penasaran bangunan dan pemandangan alam seperti apa yang menjadi inspirasi dari film kartun Disney? Berikut 7 lokasi film kartun Disney yang ada di dunia nyata, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (9/12/2019).

2 dari 8 halaman

1. Istana raja dalam film Mulan, terinspirasi dari Kota Terlarang di Beijing, China

Kota Kekaisaran Mulan yang menjadi lokasi pertempuran terakhirnya dengan pemimpin Hun ini terinspirasi dari Kota Terlarang yang terletak di Beijing. Bangunan ini merupakan salah satu situs yang dilindungi oleh UNESCO.

3 dari 8 halaman

2. Pemandangan alam pada film Moana terinspirasi dari pemandangan perbukitan Samoa.

Bentang alam Moana yang indah ini terinspirasi dari pemandangan Pasifik Selatan yang menakjubkan. Jon Musker dan Ron Clements yang merupakan sutradara film tersebut ingin menciptakan nuansa otentik yang didasarkan pada budaya Pasifik yang ada.

Pulau fiksi Polinesia Motunui yang berfungsi sebagai rumah bagi Moana dan rekan-rekan penduduk pulau lainnya adalah hasil penelitian yang dilakukan langsung terutama di Samoa dan Tonga.

4 dari 8 halaman

3. Tangled terinspirasi dari Gunung Saint-Michel, Normandy

Laurent Ben-Mimoun, adalah seorang seniman Prancis yang bertanggung jawab atas konsep seni dari film Tangled. Seniman ini menjelajahi kastil-kastil Renaisans untuk menciptakan tempat tinggal Rapunzel, dan menggunakan Gunung Saint-Michel di Normandia sebagai referensi.

5 dari 8 halaman

4. Istana Pangeran Eric dalam film The Little Mermaid, terinspirasi dari Chateau De Chillon di Swiss

Chateau de Chillon di Swiss adalah destinasi bersejarah yang populer dan telah ada sejak ratusan tahun silam mulai dari zaman Perunggu. Bangunan ini pernah digunakan sebagai gudang senjata, penjara, hingga benteng. Tim Disney pun terinspirasi dari keindahan bangunan tersebut dan mengubah istana terkenal itu menjadi rumah Pangeran Eric.

6 dari 8 halaman

5. Film The Hunchback of Notre-Dame, terinspirasi dari The Notre-Dame Cathedral di Paris

Katedral dalam film The Hunchback of Notre Dame ini terlihat sangat mirip seperti Katedral Notre Dame di Paris. Bangunan ini merupakan salah satu contoh yang paling indah dari arsitektur Gothic di seluruh dunia. Film Disney ini pun terinspirasi dari bangunan tersebut.

7 dari 8 halaman

6. Kerajaan di film Sleeping Beauty, terinspirasi dari Neuschwanstein Castle, Bavaria, Jerman

The Royal Castle di film Disney Sleeping Beauty ternyata terinspirasi dari Neuschwanstein Castle. Neuschwanstein merupakan salah satu istana yang paling indah di dunia. Istana ini dibangun pada tahun 1892 oleh Ludwig II dari Bavaria sebagai penghormatan kepada komposer favoritnya, Richard Wagner.

8 dari 8 halaman

7. Istana Sultan dalam film Aladdin, terinspirasi dari Taj Mahal di India

Dalam film Aladdin terdapat sebuah Istana Sultan yang cukup ikonik. Istana ini terinspirasi dari Taj Mahal di India. Namun ternyata bangunan tersebut bukanlah sebuah istana, melainkan sebuah makam Kaisar Shah Jahan yang dibangun untuk istri kesayangannya, Mumtaz Mahal. Bangunan ini termasuk dalam salah satu keajaiban dunia.