Sukses

7 Spot Laut Terbaik untuk Melihat Lumba-lumba di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Spot laut terbaik untuk melihat lumba-lumba di Indonesia cukup banyak. Dari perairan sebelah barat hingga timur Indonesia ada beberapa spot yang bisa kamu kunjungi jika ingin melihat lumba-lumba berenang bebas di lautan.

Tentunya memiliki wilayah lautan yang luas menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia karena tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk melihat lumba-lumba. Bentuk lumba-lumba yang sangat lucu membuat banyak orang ingin sekali melihatnya. Apalagi lumba-lumba juga terkenal sebagai mamalia lautan yang ramah.

Spot laut terbaik untuk melihat lumba-lumba di Indonesia bisa kamu pilih sesuai yang terdekat dengan tempat tinggalmu. Karena di perairan setiap pulau besar di Indonesia memiliki spot tertentu untuk menikmati keindahan lumba-lumba berenang bebas di lautan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang spot laut terbaik untuk melihat lumba-lumba di Indonesia dari berbagai sumber, Selasa (10/12/2019).

2 dari 8 halaman

Teluk Kiluan, Lampung

Spot pertama ada di Teluk Kiluan, Lampung. Teluk Kiluan ini merupakan sebuah perairan yang berada di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tenggamus, Lampung Selatan. Lokasinya dapat ditempuh sekitar 3-4 jam dari pusat Bandar Lampung.

Bagi kamu yang menyukai wisata bahari, Teluk Kiluan bisa menjadi alternatif utama. Kamu bisa menyewa kapal untuk berlayar sambil menikmati indahnya pemandangan pantai, dan jika beruntung bisa melihat atraksi lumba-lumba yang sangat memukau.

Kamu bisa menikmati pemandangan indah berupa atraksi lumba-lumba jenis hidung botol atau lumba-lumba paruh panjang. Lumba-lumba tersebut akan saling berkejaran dan berlompatan mengiringi perahumu. Tentunya kamu tidak akan berhenti takjub dengan keindahan tersebut.

3 dari 8 halaman

Perairan Misool, Raja Ampat

Spot laut selanjutnya untuk melihat lumba-lumba adalah di perairan Misool, Raja Ampat. Perairan Misool, Raja Ampat ini memang sudah sangat terkenal keindahannya. Lautnya yang masih jernih dipadu dengan pulau yang masih alami membuat lokasi ini digemari banyak orang.

Bagi kamu yang menyukai aktivitas diving ataupun snorkeling, keindahan bawah laut Perairan Misool merupakan tempat terbaik untukmu. Perairan di Misool dikenal sangat kaya akan biota laut. Tidak terkecuali lumba-lumba.

Lumba-lumba di perairan Misool juga sama seperti lumba-lumba di tempat Telu Kiluan, yaitu sangat ramah dan tidak takut dengan keberadaan manusia. Namun, kamu juga harus memperhatikan berbagai biota laut lainnya yang mungkin saja berbahaya.

4 dari 8 halaman

Pantai Lovina, Bali

Pantai Lovina merupakan salah satu spot laut terbaik untuk melihat lumba-lumba yang sudah terkenal. Terletak di ujung utara Bali, pantai ini menyajikan pemandangan indah lumba-lumba berlompatan yang tentu saja membuat kamu akan merasa nyaman dab betah. Mereka senang berlompatan mengiringi kapal yang sedang lewat.

Untuk melihat atraksi ini, kamu harus pergi ke Pantai Lovina antara pukul 5 – 8 pagi, karena jika matahari sudah terlalu tinggi, kawanan lumba-lumba ini biasanya akan lebih senang berada di kedalaman. Namun, mamalia laut tersebut juga tidak akan muncul ketika suhu atau cuaca sekitar sedang tidak bersahabat.

5 dari 8 halaman

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Memiliki spot laut unik yang tak kalah dengan tempat lainnya, Kepulauan Derawan juga merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat lumba-lumba di Indonesia. Tentunya hal ini bisa menjadi bonus, di samping keindahan Kepulauan Derawan tidak perlu dipertanyakan lagi.

Namun, butuh sedikit keburuntungan untuk bisa melihat lumba-lumba di tempat ini karna lumba-lumba hanya bisa dilihat di beberapa titik saja. Biasanya, lumba-lumba di Derawan akan menyapa wisatawan yang sedang dalam perjalanan dari atau ke Pulau Maratua.

Lumba-lumba di Derawan juga tidak seagresif di Teluk Kiluan dan Pantai Lovina. Jumlahnya juga tidak sebanyak di kedua tempat tersebut.

6 dari 8 halaman

Perairan Taman Nasional Pulau Komodo, NTT.

Pulau Komodo di NTT tentunya sudah tidak asing lagi bagi wisatawan. Keindahan alamnya baik di daratan maupun di lautan sangat lengkap. Perairan di kawasan Taman Nasional Komodo bahkan juga dikenal menyajikan pengalaman bertemu dengan lumba-lumba yang mengesankan.

Lumba-lumba spot laut satu ini biasanya keluar saat pagi hari. Kala matahari masih akan keluar di ufuk timur, lumba-lumba mulai melakukan aktivitas paginya dengan melompat-lompat di udara. Biasanya mamalia laut ini terlihat di perairan yang menuju Pulau Padar dan Pulau Kalong.

Pulau Padar adalah situs warisan budaya dunia UNESCO sejak tahun 1991. Dari pulau ini, kadang kamu bisa menyaksikan lumba-lumba yang bergerak dengan bebas di lautan.

7 dari 8 halaman

Pulau Siladen

Selanjutnya ada Pulau Siladen sebagai spot laut terbaik untuk melihat lumba-lumba. Nama Pulau Siladen mungkin belum terlalu terdengar di telinga masyarakat. Pulau Siladen ini merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara yang memang terkenal akan keindahan dan pesona lautnya.

Untuk mendapati keberadaan lumba-lumba di daerah ini, kamu harus cukup bersabar karena tidak sewaktu-waktu hewan air satu ini akan muncul ke permukaan. Hanya saja, ketika kamu melintasi perairan di Pulau Siladen dengan menggunakan kapal atau perahu, terkadang ada lumba-lumba yang terlihat berenang-renang di pinggir atau depan kamu mengiringi kapal atau perahu.

8 dari 8 halaman

Pulau Peucang

Pulau Peucang mungkin masih asing di telinga banyak orang. Namun, salah satu spot terbaik untuk melihat lumba-lumba di Indonesia ini bahkan menyajikan pengalaman seru bermain secara langsung bersama lumba-lumba di laut lepas.

Berlokasi di daerah Banten, keindahan alam dan pengalaman berenang bersama lumba-lumba di Pulau Peucang ini bahkan disejajarkan dengan tempat sejenis yang ada di Florida Amerika Serikat.

Loading