Sukses

Kenali Penyebab Sakit Perut Menurut Titik Rasa Sakitnya

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak penyebab yang mendasari munculnya sakit perut. Sakit perut adalah nyeri yang terjadi antara daerah dada dan panggul. Sakit perut bisa berupa rasa kram, pegal, tumpul, terputus-putus atau tajam. 

Peradangan, infeksi atau penyakit yang memengaruhi organ-organ di perut dapat menyebabkan sakit perut termasuk usus kecil dan besar, lambung, ginjal, usus buntu, limpa, kantong empedu, hati dan pankreas.

Sakit perut dapat dirasakan dalam beberapa titik bagian perut. Lokasi rasa sakit di perut bisa menjadi petunjuk tentang penyebabnya. Intensitas dan durasi nyeri juga bisa jadi pertimbangan. Lokasi sakit perut bisa muncul di sisi kanan atau kiri atas, kanan atau kiri bawah, dan kanan atau kiri tengah.

Beberapa penyakit dapat menyebabkan rasa sakit di beberapa area perut. Mengenali titik rasa sakit perut bisa membantu dokter melakukan diagnosis lebih lanjut. Berikut penyebab sakit perut dikenali dari titik rasa sakitnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(11/12/2019).

2 dari 7 halaman

Perut bagian atas

Atas kanan, kiri, atau tengah: Tukak lambung

Tukak lambung yang juga dikenal sebagai radang lambung, adalah luka yang menyakitkan di lapisan perut.Tukak lambung terjadi ketika lapisan lendir tebal yang melindungi lambung dari cairan pencernaan berkurang. Ini membuat asam pencernaan menggerogoti jaringan yang melapisi perut, menyebabkan rasa nyeri pada bagian.

Atas kanan dan tengah: Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan hati. Para ilmuwan telah mengidentifikasi 5 virus hepatitis unik, yang diidentifikasi oleh huruf A, B, C, D, dan E.

Atas kiri: Dispepsia fungsional

Kondisi ini dapat menyebabkan tanda dan gejala yang menyerupai gejala maag, seperti nyeri atau ketidaknyamanan di perut bagian atas, sering disertai dengan kembung, bersendawa, dan mual.

Atas kiri: Gastritis

Gastritis adalah peradangan pada lapisan pelindung lambung. Gastritis akut melibatkan peradangan mendadak dan parah. Gastritis kronis melibatkan peradangan jangka panjang yang dapat bertahan selama bertahun-tahun jika tidak ditangani.

Atas kiri: Pankreatitis

Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas. Pankreas adalah kelenjar panjang dan rata yang terletak di belakang perut di perut bagian atas.

3 dari 7 halaman

Perut bagian atas

Atas kanan: Batu Empedu

Batu empedu adalah endapan cairan pencernaan yang mengeras yang bisa terbentuk di kantong empedu. Kantung empedu memegang cairan pencernaan yang disebut empedu yang dilepaskan ke usus kecil.

Atas kanan: Cholecystitis

Cholecystitis adalah peradangan pada kantong empedu. Gejalanya meliputi sakit perut bagian atas kanan, mual, muntah, dan demam.

Atas tengah: Heartburn

Heartburn adalah rasa sakit yang membakar di dada, tepat di belakang tulang dada dan dapat terasa hingga bagian perut tengah atas. Rasa sakit sering lebih buruk setelah makan, di malam hari, atau ketika berbaring atau membungkuk.

Atas tengah: Hernia

Hernia hiatal dan hernia epigastrium dapat menyebabkan sakit perut di bagian atas tengah. Hernia epigastrium adalah benjolan atau tonjolan yang terjadi di bagian atas dinding perut. Sementara hernia hiatal terjadi ketika bagian atas perut menonjol melalui otot besar yang memisahkan diafragma.

4 dari 7 halaman

Perut bagian tengah

Tengah kanan dan kiri: Infeksi dan batu ginjal

Masalah ginjal bisa ditandai dengan rasa nyeri di bagian tengah kanan atau kiri atau keduanya. Batu ginjal (lithiasis ginjal, nephrolithiasis) adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal.

Sementara infeksi ginjal dalah jenis infeksi saluran kemih (ISK) yang umumnya dimulai di uretra atau kandung kemih dan menyebar ke salah satu atau kedua ginjal.

Tengah: Hernia umbilikalis

Hernia umbilikalis menciptakan bengkak atau tonjolan yang lembut di dekat pusar. Ini terjadi ketika bagian dari usus menjorok melalui lubang umbilikal di otot perut.

Tengah: tukak lambung dan pankreatitis

Sama seperti bagian perut atas, nyeri di bagian pusat tengah perut dapat mengindikasikan adanya gangguan tukak lambung dan pankreatitis.

5 dari 7 halaman

Perut bagian tengah

Tengah kanan, pusat, kiri serta bawah kanan, kiri, dan tengah-bawah: Radang usus

Radang usus adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan gangguan yang melibatkan peradangan kronis pada saluran pencernaan. Salah satu gejala yang ditimbulkan adalah sakit perut tengah kanan, pusat, kiri serta bawah kanan, kiri, dan tengah-bawah.

Tengah kanan, kiri serta bawah-kanan, kiri, dan tengah-bawah: Sembelit

Sembelit terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan mengosongkan usus besar. Kondisi ini sangat umum terjadi dan biasanya disebabkan oleh kurang serat makanan.

Perut tengah, dan bawah kanan kiri: Usus buntu

Radang usus buntu atau Apendisitis adalah peradangan pada usus buntu. Radang usus buntu menyebabkan rasa sakit di perut kanan bawah. Namun, pada kebanyakan orang, rasa sakit mulai di sekitar pusar dan kemudian bergerak ke bagian lain.

6 dari 7 halaman

Perut bagian bawah

Bawah kanan, tengah dan kiri: Nyeri panggul

Nyeri panggul memengaruhi bagian bawah perut, di antara pusar dan selangkangan. Pada wanita, nyeri panggul mungkin merupakan tanda kram menstruasi, ovulasi, atau masalah pencernaan seperti intoleransi makanan.

Bawah tengah dan kiri: Hernia inguinalis

Hernia inguinalis terjadi ketika jaringan, seperti bagian dari usus, menonjol melalui titik lemah pada otot perut. Tonjolan yang dihasilkan bisa terasa sakit, terutama ketika batuk, membungkuk, atau mengangkat benda berat.

7 dari 7 halaman

Perut bagian bawah

Bawah kiri: divertikulitis

Divertikulitis terjadi karena timbulnya Divertikula pada pencernaan. Divertikula adalah kantong kecil yang menonjol yang dapat terbentuk di lapisan sistem pencernaan.

Bawah tengah: Infeksi kandung kemih

Infeksi kandung kemih adalah jenis infeksi saluran kemih (ISK). Sebagian besar kasus infeksi kandung kemih bersifat akut, artinya mereka terjadi secara tiba-tiba.

Bawah tengah: prostatitis

Prostatitis adalah pembengkakan dan peradangan kelenjar prostat yang terletak tepat di bawah kandung kemih pada pria.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Penyebab Sakit Perut di Pagi Hari, Bisa Tandakan Masalah Serius
Artikel Selanjutnya
Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Hamil dan Gejala Penyakit, Kenali Segera