Sukses

6 Manfaat Lengkuas Merah bagi Kesehatan, Tidak Hanya Bumbu Masakan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lengkuas merah sebagai salah satu rempah yang sering digunakan untuk memasak ternyata sangat baik untuk kesehatan. Biasanya, lengkuas dijadikan bumbu masakan rendang ataupun semur karena aromanya yang khas.

Lengkuas sendiri merupakan akar rimpang yang tumbuh di dalam tanah. Rempah herbal ini memiliki tekstur kulit yang kasar serta daging yang keras dan berserat. Lengkuas selain digunakan sebagai bahan penyedap rasa, juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Manfaat lengkuas merah bagi kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutirisinya. Lengkuas dapat mengobati berbagai penyakit seperti diabetes, batuk dan sakit tenggorkan, serta mencegah tumor dan kanker.

Sebelum menggunakannya, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat lengkuas merah dari berbagai sumber, Rabu (11/12/2019).

2 dari 7 halaman

Mencegah Kanker

Dilansir dari organicfacts, manfaat lengkuas merah bisa mencegah penyakit mematikan seperti tumor dan kanker. Kandungan zat antioksidannya mampu memperbaiki sel-sel tubuh akibat radikal bebas dan berbagai racun yang mudak masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, komponen lengkuas bernama galangin memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah kanker paru-paru dan kanker payudara. Zat ini juga sangat efektif untuk menyembuhkan kanker kulit melanoma, hepatoma, dan kanker usus besar.

Lengkuas juga bermanfaat sebagai penghambat jalur enzim xanthin yang memicu perkembangan tumor. Kamu dapat mengonsumsi lengkuas dengan menambahkannya ke dalam masakan agar terhindar dari penyakit kronis.

3 dari 7 halaman

Mengobati Diabetes

Dilansir dari stylecraze, lengkuas ternyata ampuh untuk mengatasi penyakit diabetes. Manfaat lengkuas merah satu ini dipengaruhi oleh efek antibakteri yang dapat menghilangkan bakteri patogen penyebab penyakit diare, seperti laktosa dan fruktosa.

Tak hanya itu, lengkuas juga dapat menghambat metabolisme karbohidrat dan meminimalkan lonjakan glukosa dalam darah. Hal ini menjadi salah satu manfaat dari nutrisi di dalam lengkuas yang setara dengan obat antidiabetik sintetik.

Obat herbal ini juga kaya akan atioksidan yang dapat melindungi hati dan pankreas dari kerusakan. Polifenol, alkaloid, triterpen, steroid, dan karbohidrat yang yang aktif bekerja di dalam lengkuas sehingga bisa melindungi berbagai organ tersebut.

4 dari 7 halaman

Meringankan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Manfaat lengkuas merah juga bisa meringankan batuk dan sakit tenggorokan. Dilansir dari drhealthbenefits, penyakit batuk dan sakit tenggorokan yang mengganggu dapat dibasmi dengan mengonsumsi lengkuas. Lengkuas dapat bertindak sebagai ekspektoran dan berguna untuk mengobati penyakit pernapasan, seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Cara menggunakannya juga tidak begitu sulit. Kamu dapat mencampur bubuk lengkuas atau beberapa irisan lengkuas ke dalam air panas, lalu tambahkan jeruk nipis ke dalamnya. Kemudian biarkan hingga beberapa menit, setelah tidak terlalu panas, kamu dapat mengonsumsinya dan sakit tenggorokan pun akan reda.

5 dari 7 halaman

Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat lengkuas merah berikutnya adalah meningkatkan kesuburan pria. Dilansir dari stylecraze, akar lengkuas dapat meningkatkan motilitas dan jumlah sperma sehingga meningkatkan kesehatan umum bagi para pria.

Jumlah motilitas dan sperma yang meningkat juga dapat memengaruhi pembuahan. Bagi pria sangat disarankan mengonsumsi lengkuas, baik menjadi bumbu masakan atau sebagai minuman. Rempah alami ini efektif meningkatkan kesuburan karena aman digunakan dan tidak beracun. 

6 dari 7 halaman

Menyembuhkan Berbagai Penyakit Kulit

Manfaat lengkuas merah juga dapat menyehatkan kulit dan membuatnya lebih halus. Dilansir dari drhealthbenefits, kandungan antioksidan yang terkandung dalam lengkuas memiliki dampak untuk mencegah radikal bebas yang masuk ke tubuh.

Obat herbal ini juga kaya akan Vitamin C yang berperan dalam peremajaan sel-sel kulit dan menjaga kulit tampak lebih muda dari penuaan. Selain itu, lengkuas juga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti panu, luka bakar, gatal-gatal, hingga alergi.

Kamu dapat menggunakan lengkuas sebagai obat alami untuk kesehatan kulit. Caranya dengan mengoleskan daging lengkuas pada area kulit yang infeksi atau mengalami panu sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari.

Namun jiika kamu memiliki alergi terhadap udang, ikan, atau berbagai makanan laut sehingga membuat kulit gatal, minum racikan potongan lengkuas atau teh setiap hari dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan alergi tersebut.

7 dari 7 halaman

Mendukung Kesehatan Otak

Lengkuas dapat meningkatkan kognitif. Dilansir dari plantshospital, manfaat lengkuas merah ini didiapatkan karena memiliki sifat anti-inflamasi yang memiliki efek perlindungan pada otak. Rempah ini juga dapat mengurangi degenerasi otak yang berkaitan dengan usia.

Tak hanya itu, lengkuas juga memiliki kandungan fitonutrien yang dapat menekan protein TNF-alpha untuk melawan depresi. Kamu dapat mengonsumsi lengkuas dengan menjadikannya bumbu masakan sehingga kesehatan otak terjaga dan rawan terkena Alzheimer.

Begitulah beberapa manfaat lengkuas merah yang bisa kamu dapatkan. Sebelum menggunakan berbagai pengobatan dengan bahan alami seperti lengkuas merah ini, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar lebih aman.

Loading