Sukses

Fungsi Elco pada Speaker, Pengertian, Serta Penjelasannya

Fungsi Elco pada speaker sangat penting untuk menjaganya agar tidak rusak.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi Elco pada speaker sangat penting untuk menjaganya agar tidak rusak. Fungsi tepatnya adalah memotong frekuensi rendah atau nada bass agar tidak masuk ke tweeter karena tweeter akan rusak atau mati bila kemasukan frekuensi rendah atau nada bass.

Tweeter sendiri merupakan keluarga loadspeaker yang khusus dirancang untuk meproduksi suara atau nada yang memiliki frekuensi tinggi. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk pemasangan tweeter tanpa menggunakan filter frekuensi yaitu Elco/capasitor ataupun rangkaian crossofer.

Fungsi Elco pada speaker berhubungan dengan arus listrik. Fungsi Elco sendiri disebut sebagai penyimpan arus listrik yang searah DC. Rangkaian tersebut biasanya digunakan di dalam rangkaian apa saja semisal di bagian power supply regulator dan rangkaian yang lainnya, termasuk pada speaker.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/12/2019) tentang fungsi Elco pada speaker.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Elco dan Tipe-tipenya

Sebelum membahas tentang fungsi Elco pada speaker, kamu perlu memahami dulu apa itu Elco dan fungsinya secara umum. Elco atau kapasitor elektrolit juga disebut sebagai kondensator. Kapasitor elektrolit ini merupakan suatu komponen yang memiliki dua kaki yaitu kaki bersimbol negatif dan kaki bersimbol positif.

Fungsi Elco juga disebut sebagai penyimpan arus listrik yang searah dc. Rangkaian tersebut biasanya digunakan didalam rangkaian apa saja semisal di bagian power supply regulator dan rangkaian yang lainnya.

Tipe-Tipe Elco

Fungsi Elco didalam suatu rangkaian elektronika digunakan untuk mengetahui berapa nilai kapasitas sebuah Elco didalam satuan uf (mikro farad). Fungsi tersebut seringkali disebut sebagai kapasitor polar. Dengan mengetahui fungsi Elco secara umum, kamu akan lebih mudah memahami fungsi Elco pada speaker nantinya.

Didalam kapasitor polar, terdapat dua buah kutub yang berlainan di setiap kakinya sehingga didalam pemasangan komponen ini tidak bisa terbalik atau salah didalam pemasangannya. Jika mengalami kesalahan maka akan berakibat fatal pada keseluruhan komponen sistem dari kondensitor.

Kapasitor Elco sendiri terbagi ke dalam dua tipe. Dua tipe tersebut yaitu kapasitor polar dan kapasitor bipolar atau non polar. Pembagian tersebut didasarkan pada suatu polaritas yaitu kutub positif dan kutub negatif dimana masing-masing dari kapasitor memiliki peran sendiri-sendiri.

3 dari 5 halaman

Pemasangan Elco

Dalam mengetahui fungsinya, perlu juga untuk mengenali cara pemasangan dan tegangan Elco. Untuk proses pemasangannya sendiri ternyata tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, apalagi jika sampai terbalik.

Alasannya, karena kaki satu dengan kaki yang lain berbeda. Sebuah Elektrolit Condensator punya dua buah kaki, yakni kaki (-) dan kaki (+). Kamu tentu saja dapat menemukan Elco dengan sangat mudah, misalnya saja pada rangkaian-rangkaian elektronika, seperti Power Supply, radio dan lain sebagainya. Ini tentunya juga berlaku dalam pembahasan fungsi Elco pada speaker.

Tiap Elco tentu saja memiliki tegangan masing-masing yang berbeda. Umumnya pada bagian bodinya sudah tertulis secara jelas batasan tegangan maksimalnya. Apabila tegangan yang mengalir ke Elco ternyata lebih dari batas yang telah ditentukan, maka kemungkinan Elco tersebut akan mengalami kerusakan. Buruknya lagi, Elco bisa meledak. Jadi kamu harus berhati-hati.

4 dari 5 halaman

Fungsi Elco Secara Umum

Fungsi Elco pada speaker tentunya bisa dilihat juga dari fungsinya secara umum terlebih dahulu. Elco atau Elektolit Condensator ini memiliki peranan penting atau fungsi untuk menyimpan arus listrik DC. Tetapi demikian, faktanya dalam prakteknya sendiri Elco ternyata punya fungsi yang lebih beragam

Fungsi Elco yang pertama adalah sebagai filter atau penyaring yang sempurna. Umumnya Elco juga digunakan pada sistem radio, televisi, amplifier, dan lain sebagainya. Filter pada radio biasanya digunakan untuk menyaring atau pun menghambat gangguan-gangguan yang datangnya dari luar.

Selain itu, Elco juga dimanfaatkan sebagai kopling atau penghubung amplifier di tingkat yang rendah menuju ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Lalu pada lampu neon sendiri ternyata Elco berfungsi sebagai kapasitor untuk menghemat penggunaan daya listrik. Selanjutnya, dalam rangkaian antena, fungsi kapasitor ini adalah sebagai pembangkit frekuensi.

5 dari 5 halaman

Fungsi Elco pada Speaker

Fungsi Elco pada speaker sama seperti penggunaannya pada amplifier, radio, hingga televisi, yaitu untuk menyaring suara dengan sempurna. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi Elco pada speaker ini tepatnya adalah untuk memotong frekuensi rendah atau nada bass agar tidak masuk ke tweeter karena tweeter akan rusak atau mati bila kemasukan frekuensi rendah atau nada bass.

Dengan menggunakan Elco pada speaker, maka suaranya akan terasa lebih berkualitas dan jernih. Suara bass yang semula tidak jernih dan bahkan tidak terdengar akan bisa kamu dengarkan dengan baik setelah menggunakan Elco ini.

Seringkali dijumpai suara audio yang dihasilkan terdengar baik dan halus pada saat volume disetel pada posisi rendah, namun terdengar agak pecah atau istilahnya drop pada suara bass dan sering bergetar tak karuan pada saat volume dimaksimalkan sampai 75% atau bahkan 100 %. Fungsi Elco pada speaker bisa kamu gunakan sebagai solusi untuk masalah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini