Sukses

12 Manfaat Kacang Kenari untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan

Liputan6.com, Jakarta Kacang kenari kerap hadir sebagai topping kue, dan campuran makanan. Kacang kenari atau walnut adalah buah dengan biji tunggal dari pohon bergenus Juglans. Biji kacang ini memiliki bentuk tidak teratur dan sekilas mirip otak manusia. 

Kacang kenari adalah sumber lemak, protein, dan serat yang menyehatkan. Kacang kenari juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Kacang kenari tinggi lemak tak jenuh tunggal, tak jenuh ganda dan asam lemak omega-3. Mereka juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

Kombinasi lemak sehat, protein, dan serat dalam kacang kenari membantu meningkatkan kepuasan dan rasa kenyang. Antioksidannya mampu membantu tubuh melawan dampak negatif dari radikal bebas. Ini membuat kacang kenari cocok dijadikan camilan sehat setiap hari.

Berbagai manfaat kesehatan ditawarkan oleh kacang kenari. Manfaat ini seperti menyehatkan jantung, otak, dan tulang. Berikut manfaat kacang kenari yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(12/12/2019).

2 dari 7 halaman

Tinggi omega-3 dan cegah peradangan

Tinggi omega-3

Kacang kenari secara signifikan memiliki lebih tinggi lemak omega-3 daripada kacang lainnya. Lemak omega-3 dari tanaman, termasuk kacang kenari, disebut asam alfa-linolenat (ALA). Tubuh hanya bisa mendapatkan lemak ini dari makanan. Menurut beberapa pengamatan, ALA yang dikonsumsi setiap hari bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 10%

Mengurangi Peradangan

Peradangan merupakan pemicu banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, penyakit Alzheimer dan kanker. Polifenol dalam kacang kenari dapat membantu melawan stres dan peradangan oksidatif. Kacang kenari mengandung salah satu jenis polifenol yang disebut ellagitannin.

Bakteri dalam usus mengubah ellagitannin menjadi senyawa yang disebut urolithin yang bisa melindungi peradangan. Manfaat ini juga didukung oleh adanya ALA omega-3, magnesium dan asam amino arginin yang juga membantu mencegah peradangan.

3 dari 7 halaman

Sehatkan usus dan cegah kanker

Sehatkan usus

Mengonsumsi kacang kenari bisa menjadi salah satu cara untuk mendukung kesehatan mikrobiota dan usus. Mengonsumsi kacang kenari secara rutin dapat meningkatkan kinerja bakteri menguntungkan. Ini termasuk peningkatan bakteri yang menghasilkan butirat, lemak yang menyehatkan usus.

Cegah kanker

Penelitian baik pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa kacang kenari dapat mengurangi risiko kanker tertentu, termasuk kanker payudara, prostat, dan kanker kolorektal. Sifat anti peradangannya merupakan salah satu cara makan kenari membantu melindungi terhadap kanker kolorektal dan kanker lainnya.

Urolithin yang dihasilkan dari makan kacang kenari memiliki sifat seperti hormon yang memungkinkan mereka memblokir reseptor hormon dalam tubuh. Ini dapat membantu mengurangi risiko kanker terkait hormon, khususnya kanker payudara dan prostat.

4 dari 7 halaman

Bantu diet sehat dan cegah diabetes

Bantu diet sehat

Kacang kenari padat kalori, tetapi penelitian menunjukkan bahwa energi yang diserap dari kacang ini hanya 21%. Ini membuat kacang kenari cocok sebagai makanan diet. Kacang kenari juga bisa membantu mengendalikan nafsu makan.

Cegah dan atasi diabetes

Kenari membantu mengontrol berat badan yang dapat menurunkan risiko diabetes. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko gula darah tinggi dan diabetes. Konsumsi kacang kenari juga dapat membantu mengontrol gula darah.

5 dari 7 halaman

Turunkan tekanan darah dan sehatkan otak

Turunkan tekanan darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang kenari dapat membantu menurunkan tekanan darah, termasuk pada orang dengan tekanan darah tinggi atau stres. Tekanan darah normal dapat ,emcehaj penyakit jantung dan stroke. Perbedaan kecil dalam tekanan darah dianggap memiliki dampak besar pada risiko kematian akibat penyakit jantung.

Sehatkan otak

Cangkang kenari terlihat seperti otak manusia dalam versi mini. Namun, tak sekadar bentuk, kacang kenari ternyata juga memang baik untuk kesehatan otak. Nutrisi dalam kacang kenari, termasuk lemak tak jenuh ganda, polifenol dan vitamin E, dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan di otak.

Studi pada manusia menunjukkan kacang kenari dapat meningkatkan fungsi otak termasuk kecepatan pemrosesan yang lebih cepat, lebih banyak fleksibilitas mental dan memori yang lebih baik.

6 dari 7 halaman

Dukung kesehatan reproduksi dan turunkan kolesterol

Dukung kesehatan reproduksi pria

Kacang kenari dapat membantu mendukung kesehatan sperma dan kesuburan pria. Penelitian menunjukkan konsumsi kacang kenari setiap hari selama tiga bulan dapat meningkatkan bentuk sperma, vitalitas dan mobilitas. Kacang kenari dapat membantu melindungi sperma dengan mengurangi kerusakan oksidatif pada membran.

Turunkan kolesterol

Secara teratur mengonsumsi kacang kenari secara konsisten terbukti menurunkan kadar kolesterol. Penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi kacang kenari setiap hari selama delapan minggu menghasilkan penurunan 5% total kolesterol, 5% penurunan kolesterol jahat dan 5% penurunan trigliserida.

7 dari 7 halaman

Kaya antioksidan dan cegah penyakit jantung

Kaya antioksidan

Kacang kenari memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi daripada kacang biasa lainnya. Antioksidan ini berasal dari vitamin E, melatonin, dan senyawa tanaman yang disebut polifenol. Kacang kenari dapat mencegah kerusakan oksidatif akibat kolesterol.

Cegah penyakit jantung

Kacang kenari bisa menjadi tambahan yang menyehatkan jantung. omega-3, antioksidan, serta protein sehatmya mampu mendukung kesehan jantung. Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ditemukan dalam kenari telah terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida LDL. Manfaat ini mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan serangan jantung.