Sukses

20 Rumus Fungsi Ms Excel yang Sering Digunakan, Nikmati Kelebihannya

Gunakan serangkaian rumus Ms Excel untuk memudahkan pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Rumus fungsi Ms Excel sangat menarik untuk diketahui, guna memudahkan pekerjaan. Di dalam Ms Excel ada banyak rumus dan dungsinya yang akan memberikan keuntungan bagi penggunanya terutama yang berkaitan dengan pembukuan.

Dengan mengetahui rumus beserta fungsi Ms Excel akan membuat pekerjaan yang biasa dilakukan secara manual akan semakin mudah jika sudah memahami rumus fungsi Ms Excel. Ada banyak sekali rumus di Ms Excel yang bisa digunakan.

Rumus-rumus pada Ms Excel memiliki banyak jenis. Kali ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber rumus fungsi Ms Excel yang sangat populer guna mempermudah pekerjaan secara singkat dan tepat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rumus Fungsi Ms Excel SUM

SUM

Rumus Ms Excel yang paling populer pertama adalah SUM. Rumus fungsi Ms Excel ini berguna untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan suatu angka. Rumus SUM ini akan mempermudah pekerjaan atau tugas kamu dengan cepat.

AVERAGE

Rumus fungsi Ms Excel selanjutnya adalah AVERAGE. Rumus ini berguna untuk mencari nilai rata-rata suatu variable. Rumus ini tentunya akan mempermudah pekerjaan kamu semakin mudah.

AND

AND merupakan rumus fungsi Ms Excel yang berguna untuk menghasilkan nilai TRUE, jika semua argument yang diuji bernilai benar. Jika FALSE, maka semua atau salah satu argument bernilai salah.

NOT

Kebalikan dari rumus fungsi Ms Excel AND, rumus NOT berguna untuk menghasilkan TRUE jika kondisi yang diuji salah dan FALSE jika yang diuji benar.

OR

Rumus OR akan menghasilkan TRUE jika beberapa argument bernilai benar dan FALSE jika semua argument salah. Kamu bisa menggunakan rumus fungsi Ms Excel ini untuk memudahkan pekerjaan.

3 dari 5 halaman

Rumus Fungsi Ms Excel IF

SINGLE IF

Rumus fungsi IF pada Ms Excel juga paling sering digunakan. Rumus IF berguna untuk mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH/FALSE.

MULTIF

Rumus fungsi Ms Excel MULTIF hampir sama dengan rumus IF. Akan tetapi, jika diambil dari dua kondisi atau bisa ditumpuk beberapa perintah.

COUNTIF

Rumus fungsi COUNTIF untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. Adapun rumus yang biasa digunakan untuk rumus COUNTIF adalah =COUNTIF(range;kriteria).

COUNTA

Rumus fungsi COUNTA untuk menghitung jumlah cell yang terisi. Misalnya dalam sebuah table terdapat 12 kolom dan kamu ingin mengetahui berapa kolom atau cell yang sudah terisi.

FIND

Rumus FIND berfungsi untuk menemukan suatu teks atau potongan teks (string) tertentu pada sebuah cell yang berisikan teks yang panjang. Apabila sebuah string ditemukan pada sebuah teks, fungsi ini akan menampilkan posisi atau urutan karakter pertama string tersebut.

4 dari 5 halaman

Rumus Fungsi Ms Excel LOOKUP

HLOOKUP

Rumus fungsi Ms Excel selanjutnya yang tak kalah penting dan sering digunakan adalah HLOOKUP. Rumus fungsi ini menampilkan data dari sebuah table yang disusun dalam format mendatar. Syarat penyusunan table, data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar atau menaik.

VLOOKUP

Rumus fungsi VLOOKUP akan menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. Syarat menggunakan rumus ini dengan penyusunan tabel data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar atau menaik.

AREAS

Rumus fungsi Ms Excel AREA berguna untuk menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di sebutkan). 

CHOOSE

Rumus fungsi Ms Excel CHOOSE berguna untuk menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu referensi atau VALUE yang berisikan data teks, numeric, formula atau nama range.

MATCH

Rumus fungsi MATCH akan menampilakan posisi suatu alamat sel yang ditetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data.

5 dari 5 halaman

Rumus Fungsi Ms Excel Index

INDEX

Rumus fungsi INDEX untuk mengambil atau menghasilkan sebuah nilai dari range atau tabel. Rumus ini akan mengambil suatu nilai tertentu di range atau tabel sesuai yang kamu inginkan. Index juga merupakan rumus fungsi Ms Excel yang cukup sering digunakan.

DAY

DAY merupakan salah satu rumus fungsi Ms Excel yang digunakan untuk mencari hari (dalam angka 1-31) dari data type DATE.

MONTH

MONTH biasa digunakan untuk mencari bulan (dalam angka 1-12) dari data type DATE.

YEAR

YEAR digunakan untuk mencari tahun (dalam angka 1900-9999) dari data type DATE.

DATE

Rumus fungsi Ms Excel ini digunakan untuk mendapatkan type data DATE dengan memasukan angka tahun, bulan dan hari. Fungsi DATE kebalikan dari fungsi DAY, MONTH, dan YEAR yang melakukan ekstraksi bulan dan tahun dari data type DATE.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini