Sukses

Sempat Diklaim Malaysia, Ini 5 Fakta Pencak Silat Ditetapkan UNESCO Jadi Warisan Dunia

Liputan6.com, Jakarta Pencak silat merupakan suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Kehadiran pencak silat sebagai seni sudah terbilang cukup lama, bahkan lebih tua dari kemerdekaan bangsa ini. 

Sebagai negara yang kaya akan budaya khsusunya pencak silat, Indonesia memiliki beberapa perguruan yang sangat disegani bahkan di mata dunia sekalipun. Jadi tak heran kalau pencak silat menjadi warisan budaya tak benda.

Baru-baru ini kabar bahagia datang dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). Pencak silat ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO.

Namun sebelum menjadi warisan dunia, Pencak Silat sempat diklaim oleh Malaysia. Tak dapat dipungkiri bahwa Malaysia kerap melakukan aksi klaim pada beberapa budaya khas Indonesia.

Meski begitu hubungan dengan negara tetangga tersebut masih terjalin dengan baik. Kini Pencak Silat sudah menjadi warisan budaya tak benda milik Indonesia. Berikut beberapa fakta UNESCO tetapkan pencak silat sebagai warisan dunia dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (13/12/2019).

2 dari 6 halaman

1. Ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO pada 12 Desember 2019

Pencak silat merupakan salah satu tradisi yang ada di Indonesia dan telah diwariskan dari generasi ke generasi. Kini seni bela diri ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada sidang ke-14 Intergovernmental Commite for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage, berlangsung di Bogota, Kolombia sejak tanggal 9 hingga 14 Desember mendatang.

“Telah ditetapkan Hari Kamis, 12 Desember 2019, jam 09.59 pagi Waktu Bogota Colombia Latino Americana atau jam 21.59 WIB oleh Pimpinan Sidang Komite Madam Maria Claudia Lopez Sorzano selaku Wakil Menteri Kebudayaan dan Rekreasi Colombia,” kata Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly dilansir Antara, Kamis malam.

3 dari 6 halaman

2. UNESCO mengunggah dua kali di twitter

Bangsa Indonesia merasa bangga dengan penetapan pencak silat menjadi Warisan Budaya Tak Benda. Namun ada beberapa hal yang membuat bingung. Meski sudah ditetapkan sebagai warisan dunia, melalui akun twitter resmi, UNESCO mengunggah dua kali.

Awalnya UNESCO mengucapkan selamat pada Indonesia karena pencak silat sudah menjadi warisan dunia. Selang satu jam, UNESCO mengucapkan selamat kepada Malaysia kerena sudah menjadi Warisan Budaya Tak Benda. Unggahannya tersebut pun dibanjiri oleh komentar warganet.

4 dari 6 halaman

3. Diusulkan dari 2017

Proses Penetapan diawali dengan usulan Dinas Kebudayaan Provinsi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Usulan kemudian dibahas oleh tim ahli WBTB dan akan disidangkan untuk kemudian ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Hingga 2019 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan sebanyak 1.086 WBTB Indonesia.

Pencak silat dari berbagai provinsi telah ditetapkan menjadi WBTB Indonesia, di antaranya Penca’ dari Jawa Barat, Silek Minang dari Sumatra Barat, Silek Tigo Bulan dari Riau, Pencak Silat Bandrong dari Banten, Silat Beksi dan Silat Cingkrik dari DKI Jakarta.

Naskah Pencak Silat dengan judul The Tradition of Pencak Silat telah diterima oleh Sekretariat ICH UNESCO pada bulan Maret 2017 dengan nomor referensi IDN-01391. Naskah yang diterima lengkap dengan formulir Persetujuan Atas Dasar Informasi di Awal Tanpa Paksaan (Padiatapa/FPIC) oleh Komunitas Pencak Silat, daftar penetapan WBTB, dokumentasi foto dan video serta kajian akademis sebagai data dukung.

5 dari 6 halaman

4. Kini Indonesia memiliki 1 warisan budaya tak benda UNESCO

Pada Februari 2020, Duta Besar RI untuk Kolombia, Priyo Iswanto, bersama Kementerian Olahraga Kolombia dijadwalkan mengadakan forum eksibisi untuk memperkenalkan pencak silat kepada masyarakat Kolombia. 

Dengan ditetapkannya Pencak silat, saat ini Indonesia memiliki 1 warisan budaya tak benda menurut UNESCO. Secara keseluruhan Indonesia memiliki sembilan situs warisan budaya dan alam, serta 15 cagar biosfer Indonesia. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar di antara negara ASEAN lainnya.

 

6 dari 6 halaman

5. Sebelum ditetapkan menjadi warisan dunia, pencak silat sempat diklaim Malaysia

Pada 2018 lalu, untuk pertama kalinya pencak silat dipertandingkan dalam pesta olah raga Asian Games 2018. Tim pencak silat Indonesia pun berhasil memborong 14 medali emas dan 1 medali perunggu.

Usai Asian Games 2018, tak disangka beredar kabar Malaysia mengklaim pencak silat sebagai kebudayaan miliknya. Seperti diketahui, Indonesia sudah memiliki bukti sejarah bahwa pencak silat merupakan kebudayaan yang berasal dari Tanah Air. Namun kini pencak silat sudah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Loading