Sukses

5 Taman Nasional untuk Melihat Orangutan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Orangutan merupakan salah satu hewan langka yang telah dilindungi oleh Undang-undang. Hewan ini berasal dari kawasan hutan tropis di wilayah Sumatra dan Kalimantan. Orangutan asli Indonesia bukan monyet tetapi masuk dalam keluarga Kera.

Bukan sesuatu yang mudah untuk melihat orangutan dari dekat. Namun, buat kamu yang ingin melihat primata berbulu cokelat ini bisa berkunjung langsung ke habitat aslinya.

Dari seluruh hutan hujan di dunia, hanya hutan hujan di Indonesia yang memiliki orangutan. Di Indonesia, ada beberapa Taman Nasional tempat yang melindungi orangutan-orangutan ini.

Berikut ada lima Taman Nasional untuk melihat orangutan di Indonesia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/12/2019).

2 dari 6 halaman

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di Kalimantan Tengah merupakan spot terbaik untuk melihat orangutan. Hutan hujan ini memiliki luas sekitar lebih dari empat ribu kilometer persegi.

Tanjung Puting dipenuhi oleh orangutan yang mudah ditemui di puncak pohon dan di rawa-rawa hutan bakau. Cara terbaik untuk melihat orangutan liar di Tanjung Puting ini dengan menyusuri Sungai Sekonyer menggunakan klotok.

Untuk bisa menikmati berwisata di Tanjung Puting ini kamu bisa melakukan pemesanan paket wisata di berbagai agen travel atau kanal website Taman Nasional Tanjung Puting ini. Dengan begitu kamu akan mendapatkan paket lengkap berwisata mengelilingi Tanjung Puting bersama dengan pemandunya.

Tanjung Puting juga merupakan lokasi penelitian mahasiswa yang berasal dari Universitas Colombia. Pusat rehabilitasi Camp Leakey ini akan menyelamatkan orangutan dari habitat aslinya saat sedang terjadi pembakaran hutan dan penebangan liar yang masih marak terjadi di Kalimantan Tengah.

3 dari 6 halaman

Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur

Taman Nasional Kutai (TNK) terletak di Kalimantan Timur merupakan rumah bagi sekitar dua ribu orangutan. Sayangnya, sebagian besar hutan ini pernah dihancurkan oleh deforestasi dan kebakaran di masa lalu.

Hingga akhirnya hanya menyisakan 30 persen hutan yang masih sehat atau asli. Hutan ini sudah tidak lagi memiliki kondisi tanah yang baik. Namun, hingga saat ini langkah pemulihan masih dilakukan agar bisa menjadi tempat tinggal yang layak bagi orangurtan.

Spot yang bisa dikunjungi untuk melihat orangutan adalah Hutan Prevab yang masih di dalam kawasan Taman Nasional Kutai. Berbeda dengan TNTP, di TNK masih belum terdapat area khusus untuk konservasi. Jadi, orangutan di sini masih dibiarkan hidup di alam bebas tanpa campur tangan manusia.

Selain melihat orangutan, di kawasan ini kamu juga bisa melihat berbagai flora dan fauna eksotis, seperti beruang madu, kucing berkepala datar, dan kera ekor panjang. Untuk bisa trekking di Taman Nasional Kutai ini, kamu perlu mendapatkan izin sebelumnya dan nantinya akan dipandu oleh pemandu lokal.

4 dari 6 halaman

Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat

Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) terletak di Kalimantan Barat merupakan tempat tinggal sekitar dua ribu orangutan. Kawasan ini masih terlindungi dari aktivitas manusia.

Bentangan alamnya yang luas, membuat TNGP ini memiliki beberapa ekosistem dalam satu wilayahnya. Kamu bisa menemukan hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan rawa, hutan gambut, hutan hujan tropis, hutan hujan pegunungan, dan vegetasi rheofite.

Selain orangutan, di Taman Nasional ini kamu dapat menemukan bekantan yang merupakan hewan endemik Borneo. Kamu bisa menjumpainya di sepanjang tepi sungai hutan rawa gambut dan hutan mangrove.

5 dari 6 halaman

Taman Nasional Betung Kerihun, Kalimantan Barat

Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) membentang di sepanjang perbatasan Kalimantan Barat dengan Serawak Malaysia. Kawasan ini memiliki empat saluran air utama yang mengalir dari sisi lain perbatasan.

Taman Nasional Betung Kerihun dijalankan oleh orang-orang Nanga Potan yang memfasilitasi perahu panjang dan memiliki wawasan tentang orangutan liar yang ada di wilayah ini. Apabila kamu ingin melihat orangutan di Taman Nasional ini, biasanya kamu akan dipandu oleh penduduk setempat.

Cara terbaik untuk melihat orangutan di tempat ini dengan menggunakan sepeda. Kamu dapat dengan mudah menemukan orangutan yang tidak takut untuk turun dari pohon yang memungkinkan kamu untuk bisa berinteraksi langsung dengan mereka saat melintasi hutan dengan sepeda.

6 dari 6 halaman

Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh

Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) merupakan taman nasional yang berada dalam wilayah Provinsi Aceh dan Sumatra Utara. Taman Nasional ini merupakan habitat asli dari orangutan Sumatra.

Salah satu spot konservasi orangutan di kawasan ini adalah Bukit Lawang yang terletak di Kecamatan Bohorok, Langkat, Sumatra Utara. Di Bukit Lawang, kamu bisa melihat orangutan dengan cara trekking di dalam hutan.

Kamu bisa menggunakan jasa pemandu yang sudah banyak tersedia di Bukit Lawang ini. Kamu perlu mematuhi aturan yang telah disediakan apabila kamu ingin bertemu orangutan selama trekking.

Kamu tidak diizinkan untuk memberi makan orangutan. Hal ini dikarenakan orangutan tersebut sudah memiliki jadwal makannya sendiri.