Sukses

11 Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar Secara Alami

Mengubah pola hidup sehat dan ekfoliasi kulit wajah merupakan cara ampuh agar halus dan mulus.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghaluskan kulit wajah yang kasar merupakan salah satu upaya yang banyak dicari. Pasalnya, kulit wajah yang kasar membuat si pemiliknya tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Kulit wajah yang kasar membuat penderitanya sulit mengaplikasikan makeup secara maksimal. Ada berbagai macam penyebab kulit wajah kasar, seperti sering terpapar polusi dan debu yang mengakibatkan kulit kering sehingga mengelupas dan kasar.

Selain itu, memiliki bekas jerawat, bopeng bekas cacar, atau bekas luka sehingga membuat tampilan kulit wajah jadi tidak mulus. Maka tak heran penderitanya memerlukan cara menghaluskan kulit wajah yang kasar.

Untuk proses perawatan kulit wajah yang kasar beragam. Mulai dari cara menghaluskan kulit wajah yang kasar secara alami hingga penanganan medis. Untuk mendapatkan hasil maksimal dan aman, kamu bisa mencoba cara menghaluskan kulit wajah yang kasar secara alami.

Hal ini untuk mengurangi risiko dampak negatif atau komplikasi dari perawatan yang instan. Berikut ada 11 cara menghaluskan kulit wajah yang kasar secara alami yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (14/12/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Memperbaiki Pola Makan dan Tidur Cukup

Memperbaiki Pola Makan

Cara menghaluskan kulit wajah yang kasar pertama dengan memperbaiki pola makan. Memiliki kebiasaan konsumsi makanan olahan, alkohol, dan karbohidrat olahan merupakan salah satu penyebab bakteri baik hancur dan menciptakan ketidakseimbangan mikrobioma pada usus.

Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan yang bisa bermanifestasi di kulit kamu. Untuk itu, kamu perlu menambahkan lebih banyak vitamin dan antioksidan dalam makanan kamu.

Kamu bisa mendapatkannya lewat beberapa buah beri, buah-buahan, dan sayur-sayuran berwarna cerah. Semua produk makanan tersebut mampu meningkatkan pertahanan kulit terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, ikan juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang sangat penting untuk kulit halus dan bercahaya.

Dapatkan Tidur yang Cukup

Cara menghaluskan kulit wajah yang kasar selanjutnya dengan mendapatkan tidur yang cukup. Pasalnya, stres secara tidak langsung dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kamu.

Terlebih jika kamu tidak mendapatkan istirahat dengan cukup dari kesibukan kamu. Dr. Prather mengatakan bahwa tubuh dapat memperbaiki dirinya sendiri dan pulih dari stres sehari-hari saat kamu tidur. Apabila kamu tidak mendapatkan kualitas yang cukup dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.

3 dari 6 halaman

Olahraga Teratur dan Eksfoliasi Kulit

Olahraga Teratur

Setelah mengubah pola makan menjadi lebih baik dan mendapatkan tidur yang cukup, selanjutnya dalam cara menghaluskan kulit wajah yang kasar dengan mencukupi dengan olahraga secara rutin.

Dengan olahraga teratur, secara tidak langsung dapat membantu mengurangi peradangan, mengatur hormon penting pada kulit, dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, berkeringat juga merupakan cara yang baik untuk membersihkan pori-pori.

Eksfoliasi Kulit Wajah

Melakukan pembersihan dan eksfoliasi ringan dapat membuat kulit menjadi lebih halus, wajah lebih bercahaya karena sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. Selain itu, pembersihan ganda sesuai dengan jenis kulit merupakan cara yang baik untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan riasan yang dapat menyumbat pori-pori.

Selain untuk wajah, ekfoliasi juga bisa kamu lakukan pada bagian tubuh lainnya seperti bagian tubuh, tangan, dan kaki. Kamu bisa melakukannya dengan lulur secara rutin.

4 dari 6 halaman

Melembapkan Kulit dan Menghindari Terpapar Sinar Matahari

Melembapkan Kulit

Apabila kamu memiliki kulit kering atau berminyak, maka pelembap sangat penting untuk menyeimbangkan produksi sebum pada kulit, mencegah bercak-bercak pada kulit, dan menjadikan kulit lembap. Untuk mendapatkan kulit wajah lembap, kamu bisa mengoleskan krim pelembap dan mengonsumsi air dengan cukup.

Semakin banyak air yang kamu minum, maka akan semakin terhidrasi dan semakin baik sel-sel kamu. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dapat menjadikan metabolisme di dalam tubuh bekerja dengan baik.

Minum setidaknya delapan hingga sepuluh gelas air dan makan setidaknya lima porsi buah atau sayuran per hari. Untuk mendapkan kelembapan kulit ini kamu bisa mengonsumsi apel, jeruk, pisang, kiwi, blueberry, dan anggur.

Menghindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Radiasi UV merupakan salah satu penyebab kulit menjadi rusak. Terpapar sinar matahari secara langsung terus-menerus dapat mengakibatkan efek kumulatif menghancurkan kolagen dan elastin yang membentuk jaringan ikat kulit kamu.

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung, kamu bisa menggunakan pelindung dengan SPF 30 untuk memberikan perlindungan yang memadai pada kulit dari sinar UVA dan UVB.

Apabila kamu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, kamu bisa menggunakan SPF 50 atau lebih tinggi untuk mendapatkan perlindungan ekstra.

5 dari 6 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar Secara Alami

Scrub Kopi dan Gula

Cara menghaluskan kulit wajah yang kasar secara alami bisa kamu lakukan dengan proses pengelupasan. Kopi dan gula merupakan bahan alami yang bisa kamu jadikan sebagai scrub agar kulit mata pada kulit wajah terangkat sehingga wajah menjadi halus dan mulus.

Cara menggunakan kopi dan gula untuk menghaluskan kulit wajah dengan  membuat pasta dari 2 sdm bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air. Kemudian tambahkan 1 sdm gula pasir.  Sebelum mengaplikasikan scrub pada wajah, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. 

Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

Scrub Tomat dan Kopi

Cara menghaluskan kulit wajah yang kasar secara alami selanjutnya dengan menggunakan scrub tomat dan kopi. Penggunaan tomat sebagai perawatan wajah kasar baik dikarenakan adanya senyawa anti-oksidan seperti lycopene yang ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah, berseri, tidak berminyak, dan menghaluskan wajah.

Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV. Cara menggunakan tomat dan kopi utuk menghaluskan wajah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu tambahkan 2 sdm bubuk kopi hingga tumbukan tomat dan bubuk kopi menjadi pasta.

Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

6 dari 6 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar dengan Bahan Alami

Masker Lemon dan Madu

Lemon juga kaya akan antioksidan dan vitamin C. Selain itu, lemon juga mengandung alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas dalam kulit.

Cara menghaluskan kulit wajah yang kasar menggnakan lemon dan madu dengan mencampurkan 1 sdm air perasan lemon dan 2 sdm madu. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan kulit yang halus dan mulus.

Masker Alpukat dan Madu

Alpukat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena alpukat banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari. Sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal dan juga halus.

Masker Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit, menghilangkan lingkar mata hitam Anda, dan juga menghaluskan kulit wajah.

Cara menghaluskan wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah dengan diparut lalu aplikasikan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini