Sukses

6 Fakta Azura Luna, Sosialita Asal Kediri yang Diduga Penipu Kelas Kakap

Liputan6.com, Jakarta Nama Azura Luna mendadak ramai diperbincangkan banyak orang. Pasalnya, perempuan asal Kediri tersebut diduga melakukan penipuan ke sejumlah orang dari berbagai negara. Aksi penipuan sosialita tersebut, pelan tapi pasti mulai terbongkar.

Meski beberapa kasus sudah menemui titik terang, namun Azura masih sulit untuk ditangkap. Para korbannya pun melacak dengan berbagai cara untuk mengetahui posisi keberadaan Azura. Seperti membuat sebuah laman dan grup obrolan agar informasi terkini tentang Azzura bisa diketahui.

Banyak modus-modus yang pernah dilakukan Azura Luna saat berusaha menipu. Seperti membuat penipuan lowongan pekerjaan palsu, mengaku hamil, mengaku kaya raya hingga mengaku agen travel. Dengan modus-modus penipuan tersebut, wajar apabila Azura Luna dianggap sebagai penipu kelas kakap.

Sebagai wanita yang sudah menipu banyak orang dari berbagai negara, Azura Luna saat ini dicari banyak pihak. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta-fakta Azura Luna, Sabtu (14/12/2019).

2 dari 7 halaman

1. Latar Belakang keluarga Azura Luna

Latar belakang Azura Luna masih diragukan kebenarannya. Pasalnya, pengakuan latar belakang keluarga Azura Luna disampaikan oleh Jason, seorang ahli teknologi yang berasal dari New York. Jason mengenal Azura saat bersantai di pool bar Four Season, Hongkong pada Oktober 2018. Jason tidak menyangka pertemuan tersebut harus membuat perjalanan bisnis di Hong Kongnya penuh drama.

Jason dan Azura Luna pun menjadi dekat. Bahkan Azura menceritakan latar belakang keluarganya ke Jason. Jason mendapatkan informasi bahwa kedua orang tua Azura berasal dari India dan ayahnya blasteran Tionghoa-Belanda-Indonesia. Jason menambahkan, mereka bertemu di Madrid dan sama-sama pejuang kemanusiaan.

"Ibu saya berasal dari Gujarat, India, sedangkan ayah saya adalah blasteran Tionghoa-Belanda-Indonesia," papar Azura ke Jason seperti Liputan6.com kutip dari Merdeka, Sabtu (14/12/2019).

Tidak hanya bercerita tentang latar belakang kedua orang tuanya, Azura juga mengungkapkan bahwa ia sekolah di Jerman. Ditambah lagi pengakuan Azura yang mengaku masuk daftar 10 orang terkaya di Indonesia. 

3 dari 7 halaman

2. Mengaku masuk 10 besar orang terkaya di Indonesia

Kepada Jason, Azura bercerita tentang latar belakang keluarga yang masuk daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Ia menceritakan sosok ibunya yang menjadi seorang pengacara. Bahkan ibunya pernah membantu Bill Clinton menyelesaikan masalahnya.

Tak cuma ibunya jadi pengacara hebat, Azura juga bercerita tentang sang ayah yang sudah meninggal. Ayahnya tersebut mewariskan US$ 30juta atau Rp 423,8 miliar ke Azura. Tak cukup sampai disitu, Azura juga membuat pengakuan sebagai wanita yang berpenghasilan Rp 2,1 miliar.

4 dari 7 halaman

3. Memiliki 3 nama samaran

Jason sudah mencium hal tidak wajar dari Azura Luna. Kecurigaan Jason pun membuatnya mulai mengumpulkan bukti-bukti penipuan. Sampai pada akhirnya, Jason menemukan nama samaran yang pernah dipakai Azura Luna yakni Ally, Alexandra dan Miss M. 

Karena semakin banyak korban penipuan dari Azura Luna, membuat para korbannya mulai bergerak mencari informasi terkini tentang Azura. Akhirnya, mereka bergerak dengan membuat laman khusus untuk memanatu pergerakan Azura dan mencari fakta kebenarannya.

5 dari 7 halaman

4. Nama asli Azura terkuak

Para korban penipuan Azura Luna membuat laman The Ripoff Report untuk membongkar fakta Azura Luna dan melacak keberadaannya. Banyak korban bercerita tentang fakta Azura Luna. Sampai pada akhirnya, melalui pesan WhatsApp, salah satu korban ada yang memberi tahu nama asli Azura Luna.

"Nama aslinya adalah Enjang Widhi Palupi, lahir di Kediri, Jawa Timur, pada 27 Oktober 1978," ungkap salah seorang korban tentang fakta Azura Luna. 

6 dari 7 halaman

5. Mengaku tidak pernah tinggal di Indonesia

Sebagai salah satu korban penipuan, Jason menceritakan bahwa Azura Luna tidak pernah tinggal di Indonesia. Ia hanya pernah tinggal di Bali bersama mantan suaminya, Brad Kirk sebelum pada 2003 pindah ke Hongkong. Brad Kirk mengonfirmasi sudah sembilan tahun terakhir, ia sudah tidak berhubungan lagi dengan Azura.

"Saya lahir di Jeman. Saya tidak pernah tinggal di Indonesia, kecuali Bali bersama mantan suami saya," kata Jason menirukan ucapan Azura.

Azura juga menceritakan masa kecilnya yang menjelajahi Afrika Selatan, Eropa, Mali, Botswana dan sejumlah wilayah Asia. Selain itu, Azura mengaku sedang belajar Sanskrit di India dan Bahasa Arab di Mesir.

7 dari 7 halaman

6. Azura gemar berutang

Tidak cuma menipu, sosialita asal Kediri ini juga memiliki utang menumpuk. Ia pernah memiliki utang saat tidak membayar uang sewa di Hong Kong. Diungkapkan dari Wellfine Properties, Azura menunggak hingga Rp 829 juta pada 12 Maret 2019.

Selain tidak membayar penginapan, Azura juga memiliki utang sebesar Rp 312 juta ke seorang kenalannya karena tidak membayar tagihan minuman anggur. Tak cuma minuman anggur, ia juga tidak membayar asistennya hingga beberapa bulan. Hak yang tidak didapat asistennya sebesar Rp 137 juta. Utang Azura semakin menumpuk usai berutang pada salah seorang kenalannya bernama Lori sebesar Rp 917 juta untuk menjalankan bisnis berlian.