Sukses

6 Cara Merawat Kulit Wajah saat Musim Hujan Agar Tetap Sehat

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang, merawat kulit wajah merupakan sesuatu yang wajib dilakukan agar mendapatkan penampilan yang senantiasa segar dan awet muda. Terlebih saat musim hujan, kulit wajah harus tetap mendapatkan perawatan.

Walaupun cuaca saat musim hujan cenderung dingin, namun musim hujan tidak sepenuhnya aman bagi penampilan kulit. Musim hujan kerap memberi ancaman tersendiri bagi kulit wajah.

Hal ini bisa terjadi pada seseorang yang memiliki kulit wajah berminyak, karena lembapnya udara saat musim hujan dapat menjadikannya terlihat kusam dan muncul jerawat. Untuk mencegah terjadinya masalah kulit wajah yang tidak diinginkan, maka penting tetap melakukan perawatan kulit wajah saat musim hujan.

Berikut enam cara merawat kulit wajah saat musim hujan agar tetap sehat yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (14/12/2019).

2 dari 7 halaman

Selalu Jaga Kebersihan Wajah

Cara merawat kulit wajah saat musim hujan yang paling utama yakni engan menjaga kebersihannya. Hal ini perlu kamu lakukan terlebih saat musim hujan karena udara cenderung lembap yang dapat membuat kulit menjadi relative lebih berminyak.

Tumpukan minyak ini dapat memudahkan terbentuknya komedo dan jerawat. Untuk menghindarinya, pastikan untuk membersihkan wajah 2 – 3 kali sehari dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit wajah kamu. Apabila kamu memiliki kulit sensitif, pembersih berbahan dasar tea tree oil, aloe vera, madu, dan rose water bisa dijadikan pilihan.

3 dari 7 halaman

Selalu Gunakan Tabir Surya

Cara merawat kulit wajah saat musim hujan selanjutnya dengan selalu mengoleskan tabir surya. Sinar matahari di musim hujan tetap mengandung ultraviolet, yang dalam jangka panjang bisa membuat kulit kusam, muncul flek hitam, hingga meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk melindungi kulit wajah dari bahaya tersebut, pastikan kamu menggunakan tabir surya dengan Sun Protecting Factor (SPF) minimal 25. SPF yang lebih tinggi dapat dipilih apabila aktivitas banyak dilakukan di luar ruangan.

Jangan lupa untuk mengoleskannya secara berulang, terlebih jika kamu sering berkeringat atau terpapar air.

4 dari 7 halaman

Selalu Gunakan Pelembap

Pelembap merupakan kunci penting jika kamu ingin kulit wajah tetap terjaga dan terlihat segar di musim hujan. Apabila kamu memiliki kulit cenderung kering, kamu bisa menggunakan pelembap yang mengandung minyak jojoba, madu, atau ekstrak almond agar mampu membuat kulit lebih lembap dan bebas iritasi.

Sedangkan untuk tipe kulit berminyak, pilihlah pelembap yang berbahan dasar air yang mengandung susu, madu, atau lemon.

5 dari 7 halaman

Menggunakan Toner Setelah Membersihkan Wajah

Toner cukup ajaib dalam menjaga kulit wajah agar senantiasa bersih dan terbebas dari jerawat. Toner yang diaplikasikan dengan menepukkan secara lembut pada wajah menggunakan kapas  ini mampu mengangkat kotoran yang tertinggal setelah kamu membersihkan wajah.

Selain itu, toner juga mampu memberikan kelembapan ekstra sebelum menggunakan langkah perawatan berikutnya. Dengan mendapatkan kelembapan ekstra ini, bahan aktif produk yang digunakan selanjutnya dapat terserap sempurna sehingga hasilnya lebih maksimal.

6 dari 7 halaman

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Mencukupi kebutahan tubuh dengan cairan sangat dianjurkan. Begitu juga saat musim hujan. Jangan pernah lupa untuk minum air putih apabila ingin kulit tetap terjaga awet muda.

Hal ini dikarenakan 60% kulit tersusun oleh air. Jadi, kalau asupan air kurang, akan membuat kulit bisa terancam mengalami gangguan kesehatan. Untuk itu, kamu dianjurkan untuk setidaknya mengonsumsi 2 lliter air setiap harinya.

7 dari 7 halaman

Olahraga Secara Rutin

Walaupun cuaca tidak menentu dan sering tiba-tiba hujan, kamu tetap tidak boleh malas-malasan untuk olahraga. Selain perawatan dan kecukupan air minum, olahraga juga menjadi syarat mutlak agar peredaran darah ke kulit wajah tetap lancar dan optimal.

Olahraga merupakan cara untuk meregenerasi kulit yang baik, kelancaran peredaran darah ini adalah kunci utamanya. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu meluangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk bergerak aktif melawan rasa malas.