Sukses

7 Cara Merawat Burung Pleci yang Baik, Harus Konsisten

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat burung pleci yang baik harus dilakukan dengan konsisten. Apalagi jika menginginkan burung pleci yang kamu miliki tetap sehat. Tentunya kamu tidak ingin burung pleci sakit dan tidak mengeluarkan kicau yang merdu lagi. 

Banyak juga orang yang memelihara burung pleci untuk diikutkan kontes kicau. Namun, tentunya jika ingin kicauan burung pleci kamu lebih merdu dari yang lainnya dan memenangkan kontes, diperlukan perawatan yang baik pula.

Cara merawat burung pleci yang baik memerlukan perawatan yang tidak mudah. Selain kicauannya yang indah dan nyaring, warna dan cantik rupanya juga menjadi daya tarik bagi pemelihara burung. Akan sangat disayangkan bila burung pleci yang kamu punya tidak dirawat dengan baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/12/2019) tentang cara merawat burung pleci yang baik

2 dari 5 halaman

Melakukan Pengembunan dan Memandikan di Pagi Hari

Melakukan Pengembunan di Pagi Hari

Cara merawat burung pleci yang pertama adalah dengan melakukan pengembunan di pagi hari. Mengembunkan Pleci di pagi hari akan memicu gairah si burung untuk berkicau. Apalagi jika kamu memiliki lebih dari satu Pleci, maka akan sangat menguntungkan.

Caranya adalah dengan menggantung sangkar Pleci saling berjauhan satu sama lain sebelum matahari terbit. Setelah matahari mulai terbit, Pleci akan saling memanggil satu sama lain.

Karena jarak sangkar mereka cukup jauh, maka mereka akan mengeluarkan suara yang lebih keras dan lantang agar terdengar oleh temannya.

Memandikan Pleci di Pagi Hari

Cara merawat burung pleci yang baik berikutnya adalah dengan memandikannya. Memandikan burung ini bisa dikatakan adalah ritual wajib bagi siapa saja yang hobi memelihara burung kicau, termasuk burung Pleci.

Waktu pemandian yang paling tepat untuk Pleci yaitu mulai dari pukul 06.25 hingga 07.30. Ada dua cara memandikan Pleci yang bisa kamu lakukan. Pertama dengan alat semprot. Letakkan sangkar di lantai, kemudian semprotkan air yang mengarah ke burung hingga ia basah.

Cara kedua yaitu dengan menempatkan wadah khusus berisi air, masukkan ke dalam sangkar. Lalu tunggu hingga Pleci mandi sendiri.

3 dari 5 halaman

Menjemur dan Pemberian Pakan

Menjemur Pleci Setelah Dimandikan

Menjemur Pleci setelah dimandikan merupakan cara merawat burung pleci yang baik selanjutnya. Menjemurkan Pleci bisa dilakukan bersama-sama jika kamu memiliki lebih dari satu Pleci.

Letakkan sangkar dalam jarak yang berdekatan pun tidak apa. Dalam menjemur pleci, usahakan untuk tidak terlalu lama. Antara 25 hingga 35 menit saja sudah cukup.

Lakukan Pengrodongan Di Malam Hari

Cara merawat burung pleci yang baik selanjutnya yaitu pengrodongan di malam hari. Pengrodongan ini sangat penting. Karena jika tidak dikerodong maka Pleci tidak akan bisa beristirahat dengan tenang.

Apalagi jika sangkar Pleci kamu taruh ditempat yang ramai. Jadi agar Pleci bisa beristirahat dengan maksimal, lebih baik dikerodong saja sangkar nya.

Pemberian Pakan

Membicarakan cara merawat burung pleci yang baik tentunya tidak lepas dari pemberian pakan. Berbagai variasi dapat kamu berikan pakan pada Pleci semisal pakan biji-bijian. Namun tidak hanya itu saja, kamu juga bisa memberikan pakan buah-buahan ataupun sayuran untuk burung pleci kamu.

 

4 dari 5 halaman

Pembersihan Sangkar dan Pemasteran

Pembersihan Kandang/Sangkar Burung Pleci

Cara merawat burung pleci yang baik selanjutnya adalah membersihkan kandang atau sangkarnya. Kamu tidak boleh malas dalam membersihkan kandang burung pleci.

Jika kamu lalai, maka hal tersebut akan berakibat fatal bagi kesehatan si burung pleci. Alangkah baiknya kamu lakukan pembersihan kandang dengan mengganti alas bawah pada kandang yang kotor karena kotoran Pleci atau sisa-sisa makanan Pleci.

Bukan hanya alas saja yang harus di bersihkan tetapi wadah atau tempat pakan dan tempat minum pada Pleci juga perlu di bersihkan.

Lakukan Pemasteran

Sebagai salah satu cara merawat burung pleci yang baik, tentunya tidak lengkap bila belum melakukan pemasteran. Pemasteran pada burung kicau tentunya juga harus diperhatikan.

Waktu terbaik untuk melakukan pemasteran adalah ketika menjemur burung Pleci. Kamu bisa menggunakan suara dari burung asli atau menggunakan HP.

5 dari 5 halaman

Jenis Burung Pleci yang Bagus

Burung Pleci menjadi primadona di kalangan para pecinta burung atau kicau mania. Hal ini karena jenis burung yang berasal dari genus Zosterops ini merupakan salah satu jenis burung yang paling sering dilombakan karena memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan keras.

Para pecinta burung tentunya memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi tentang jenis-jenis burung pleci ini. Hal ini juga dilakukan dalam memilih burung pleci yang paling bagus untuk diikutkan lomba. Merawatnya di rumah juga dapat memberikan suasana alam yang natural.

Jenis burung pleci yang bagus memiliki kicauan yang keras dan merdu. Burung yang memiliki ciri-ciri berwarna hijau kekuningan ini juga memiliki bentuk yang sangat cantik. Walaupun perbedaan dari berbagai jenis burung pleci ini tidak begitu mencolok, berikut beberapa jenisnya: 

- Pleci Dada Kuning Mata Coklat

- Pleci Dada Kuning Mata Putih

- Pleci Kacamata Enggano

- Pleci Dahi Hitam

- Pleci Auriventer

- Pleci Montanus

- Pleci Buxtoni

Loading