Sukses

10 Fungsi JavaScript pada HTML, Mudahkan Bahasa Pemrograman

Liputan6.com, Jakarta Fungsi JavaScript pada HTML sangat penting dalam bahasa pemrograman. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang populer di internet. Fungsi JavaScript pada HTML membuat halaman web lebih interaktif.

JavaScript merupakan bahasa pemrograman paling populer di dunia. Dengan fungsi JavaScript pada HTML menjadi lebih praktis dan efisien bagi pengunjungnya. Fungsi JavaScript pada HTML juga sangat mudah dipelajari bagi para programmer muda.

Ada banyak fungsi JavaScript pada HTML yang berguna bagi kebutuhan banyak orang. Pengembang web menggunakan fungsi JavaScript pada HTML untuk apa pun, mulai dari mengotomatisasi tugas-tugas sederhana hingga membuat halaman Web kompleks yang berperilaku seperti aplikasi perangkat lunak desktop.

Fungsi JavaScript pada HTML juga digunakan dalam perangkat lunak, server, dan kontrol perangkat keras tertanam. Berikut fungsi JavaScript pada HTML yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/12/2019).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Fungsi JavaScript pada HTML secara umum

JavaScript menerjemahkan halaman statis HTML menjadi halaman yang dapat berinteraksi dengan pengunjung. Memasukkan JavaScript ke halaman web memungkinkan pengembang meningkatkan pengalaman pengunjung dengan mengubahnya dari halaman statis menjadi halaman yang dapat berinteraksi dengannya.

Pemrogram dapat menambahkan animasi ke dalam halaman yang menarik perhatian ke bagian tertentu dari halaman atau yang membuat halaman lebih mudah digunakan. Pemilik web dapat memberikan respons dalam halaman web untuk berbagai tindakan yang dilakukan pengunjung untuk menghindari kebutuhan untuk memuat halaman web baru untuk merespons.

Pengelola web bahkan dapat meminta JavaScript memuat gambar, objek, atau skrip baru ke dalam halaman web tanpa perlu memuat ulang seluruh halaman. Bahkan ada cara bagi JavaScript untuk mengirimkan permintaan kembali ke server dan menangani respons dari server tanpa perlu memuat halaman baru.

3 dari 7 halaman

Pengembangan web

JavaScript adalah bahasa skrip klien yang digunakan untuk membuat halaman web. Ini adalah bahasa mandiri yang dikembangkan di Netscape. JavaScript digunakan ketika halaman web dibuat dinamis dan menambahkan efek khusus pada halaman seperti rollover, roll out dan banyak jenis grafik. Sebagian besar digunakan oleh semua situs web untuk tujuan validasi.

Selain validasi, JavaScript mendukung aplikasi eksternal seperti dokumen PDF, menjalankan widget, dan mendukung aplikasi flash. Ia juga dapat memuat konten ke dalam dokumen kapan pun pengguna memerlukannya bahkan tanpa memuat ulang seluruh halaman.

4 dari 7 halaman

Aplikasi web dan ponsel

Aplikasi Web

Ketika seorang pengguna menjelajahi peta di Google Maps maka pengguna hanya perlu mengklik dan menarik mouse. Semua tampilan terperinci dapat dilihat hanya dengan satu klik. Ini semua berkat peran JavaScript yang berinteraksi dengan browser tanpa bolak balik mengirim pesan ke server. JavaScript menggunakan Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) yang memberikan kekuatan ekstra pada kode.

Aplikasi ponsel

Hal terpenting yang bisa dilakukan oleh penggunaan JavaScript adalah membangun aplikasi tanpa konteks web. Anda bisa membuat aplikasi seluler dengan JavaScript yang dapat digunakan dan diunduh angsung ke toko aplikasi seperti Play Store atau AppStore.

5 dari 7 halaman

Presentasi dan seni

Presentasi

JavaScript juga menyediakan fasilitas untuk membuat presentasi sebagai situs web. JavaScript menyediakan pustaka RevealJS dan BespokeJS untuk membangun slide deck berbasis web. Reveal.js membuat beberapa deck paling bagus dan interaktif menggunakan HTML. Bahkan jika pengguna tidak mengetahui bahasa pemrograman, mereka dapat dengan mudah membuat presentasi dengan begitu banyak bantuan online. resentasi ini dioptimalkan untuk sentuhan dan berfungsi baik dengan perangkat seluler, ponsel, dan tablet.

Seni

Salah satu fitur baru dalam spesifikasi HTML5 adalah elemen kanvas yang memungkinkan browser untuk membuat bentuk tiga dimensi. Ini menjadikan browser sebagai media baru untuk proyek seni digital. Semua bentuk dua dan tiga dimensi dapat dengan mudah digambar di atas kanvas dan ini.

6 dari 7 halaman

Aplikasi dan web server

Aplikasi Server

Dengan munculnya NodeJS, avaScript berjalan dari browser dan masuk ke server. Javascript digunakan untuk menangani permintaan HTTP dan menghasilkan konten. Dengan JavaScript, konten yang akan didistribusikan melalui sistem dengan bantuan server akan lebih ringan dan efisien .

Server Web

Dengan NodeJS server web dapat dibuat. Kelebihan dari Node JS adalah event-driven dan tidak akan menunggu respons panggilan sebelumnya. Server yang dibangun pada Node JS sangat cepat dan tidak menggunakan buffering dan transfer data. Modul HTTP dapat membantu dalam membuat server dengan menggunakan metode createServer.

7 dari 7 halaman

Gim dan aplikasi smartwatch

Gim

Tidak hanya situs web tetapi penggunaan JavaScript juga membantu dalam membuat gim. Kombinasi JavaScript dan HTML5 menjadikan JavaScript populer dalam pengembangan game juga. JavaScript menyediakan perpustakaan Ease JS yang menyediakan solusi sederhana untuk bekerja dengan grafis. Ini membuat tingkat kompleksitas pada game berbasis browser meningkat.

Aplikasi smartwatch

Pembuat smartwatch populer Pebble telah menciptakan Pebble.js. Ini merupakan kerangka kerja javascript kecil yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi untuk lini jam tangan Pebble di JavaScript. Kerangka kerja ini berfungsi untuk aplikasi yang membutuhkan internet agar dapat berfungsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.