Sukses

8 Buah Ini Ampuh Meredakan Asam Lambung, Penuh Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Buah yang ampuh meredakan asam lambung dikenal memiliki banyak nutrisi. Salah satu penyebab utama asam lambung kambuh adalah makanan. Salah memilih makanan, termasuk buah-buahan, dapat membuat asam lambung kamu naik.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn) atau sensasi perih dan panas di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Gejala lainnya meliputi mual, muntah, perut kembung, sulit menelan dan batuk.

Buah yang ampuh meredakan asam lambung bisa jadi solusi masalahmu. Untuk meringankan dan mencegah munculnya gejala, penderita penyakit asam lambung harus menerapkan pola makan yang baik, termasuk dengan memilih makanan dan buah yang dapat meredakan asam lambung.

Berkut Liputan6.com rangkum tentang buah yang ampuh meredakan asam lambung dari berbagai sumber, Selasa (17/12/2019).

2 dari 5 halaman

Apel dan Pisang

Apel

Apel merupakan salah satu buah yang ampuh meredakan asam lambung. Kandungan kalsium, magnesium, dan kalium pada apel dipercaya bisa meredakan gejala asam lambung yang muncul. Untuk mendapatkan manfaat apel yang satu ini, disarankan mengonsumsi buah apel merah setelah makan atau sebelum tidur, dan pilihlah apel yang rasanya manis.

Pisang

Buah yang ampuh meredakan asam lambung selanjutnya adalah pisang. Pisang mengandung senyawa basa yang berfungsi melawan asam. Selain itu, karena memiliki pH 5,6 yang mendekati pH netral, buah ini bisa membantu meringankan gejala penyakit asam lambung.

Buah ini merupakan sumber kalium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. Serat dalam pisang meningkatkan pencernaan, sehingga berguna mengurangi refluks asam lambung. Rasanya yang lezat serta harganya yang terjangkau membuat pisang menjadi salah satu buah favorit banyak orang.

3 dari 5 halaman

Semangka dan Melon

Semangka

Semangkan dapat menetralkan keasaaman di dalam lambung, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Selain, memiliki kandungan air yang melimpah, semangka juga kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino.

Kandungan airnya yang tinggi di dalam semangka juga membantu pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain buah semangka, buah melon dan blewah juga bisa dijadikan pilihan.

Melon

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, melon juga ampuh meredakan asm lambung. Seperti pisang, melon adalah buah lain yang mengandung basa. Kamu bisa memakannya langsung atau diolah menjadi jus. Selain melon, blewah dan semangka juga baik dikonsumsi pengidap asam lambung.

4 dari 5 halaman

Pepaya dan Buah Ara

Pepaya

Buah yang ampuh meredakan asam lambung berikutnya adalah pepaya. Pepaya mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium. Pepaya mengandung enzim papain yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi sensasi terbakar di dada.

Buah Ara

Buah ara juga baik untuk pencernaan, khususnya dalam mengurangi gejala asam lambung. Buah ara mengandung gula alami, mineral, kalium, kalsium, dan zat besi. Kandungan seratnya membantu pergerakan usus sehingga berguna mengobati gangguan pencernaan. Selain mengurangi gejala asam lambung, buah ara juga berguna untuk mencegah sembelit.

5 dari 5 halaman

Persik dan Pir

Persik

Kandungan asam dari buah persik tergolong rendah dan baik dikonsumsi pengidap refluks asam lambung. Buah ini juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12 dan C. Buah ini juga dikenal baik untuk membantu menangani diabetes, masalah kulit, dan kanker kolorektal.

Pir

Pir memiliki kandungan keasaman 3,5 hingga 4,6 yang memenuhi syarat sebagai buah yang bermanfaat untuk menurunkan keasaman di perut. Juga, kandungan serat dan pektin didalamnya akan mencegah perut untuk terkena serangan asam.