Sukses

Mengenal Fungsi Adobe AIR di Laptop yang Memudahkan Penggunaan

Liputan6.com, Jakarta Adobe Integrated Runtime atau Adobe AIR merupakan cross-platform runtime system yang memungkinkan web developer untuk mengembangkan dan manjalankan Rich Internet Application (RIA) layaknya pada aplikasi desktop. Fungsi Adobe AIR di laptop secara umum dapat memudahkan, menguatkan, dan menyenangkan penggunaan aplikasi.   

Contoh aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan Adobe AIR seperti AOL dan eBay dengan  eBay Desktop-nya agar pengguna dapat melakukan transaksi di situs eBay melalui aplikasi desktop tanpa harus selalu membuka situsnya langsung di Internet.

Selain fungsi Adobe AIR di laptop yang menguntungkan, fungsi Adobe AIR juga bisa dirasakan pada perangkat mobile. Adobe AIR merupakan aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan banyak permainan video.

Aplikasi ini sejenis App Store tempat kamu dapat bermain seluruh permainan yang memanfaatkan teknologinya. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dengan cukup melihat permainan yang ada, kemudian pilih permainan yang menarik untuk menuju halaman permainan tersebut di Google Play.

Pada perangkat mobile, fungsi Adobe AIR bisa berjalan maksimal untuk Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, maka perlu mengkombinasikannya dengan Adobe Flash Player dan Adobe Sockwave.

Untuk mengenal lebih jauh, berikut fungsi Adobe AIR di laptop yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/12/2019).

2 dari 6 halaman

Mengenal tentang Adobe AIR di Laptop

Sebelum mengenal apa fungsi Adobe AIR di laptop, penting untuk mengetahui apa itu Adobe Air itu sendiri. Adobe Integrated Runtime atau biasa disebut dengan Adobe AIR merupakan program atau aplikasi yang digunakan untuk Rich Internet Application (RIA) yang berbasiskan cross-platform dan dapat menjalankan Flash, Flex, HTML, maupun Ajax yang dijalankan sebagaimana layaknya aplikasi laptop.

Apabila pada laptop kamu sering mengenal yang dinamakan Adobe Flash, maka fungsi Adobe AIR yang tidak jauh berbeda. Adobe AIR baru muncul pada awal tahun 2008.

Semakin eksisnya Adobe AIR tidak terlepas dari kegunannya pada perangkat teknolohi digital seperti laptop, komputer ataupun mobile. Layaknya perusahaan eBay dan AOL, keduanya menggunakan Adobe AIR untuk membuat aplikasi nya sehingga kita dapat menggunakan aplikasi dari eBay dan AOL dengan mudah jika kita memakai Adobe AIR.

 

3 dari 6 halaman

Aobe AIR pada Perangkat Mobile

Sedangkan pada perangkat mobile, Adobe AIR merupakan aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan banyak permainan video. Aplikasi ini sebenarnya berasal dari sejenis App Store tempat kamu dapat bermain seluruh permainan yang memanfaatkan teknologinya.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Kamu hanya perlu melihat permainan yang ada, ketuk satu permainan yang menarik untuk menuju halaman permainan di Google Play. Kemudian unduh.

Kamu harus memasang Adobe AIR terlebih dahulu sebelum memainkan sebagian permainan video di perangkat Android. Hal ini dikarenakan sebagian permainan tersebut hanya bisa berjalan apabila Adobe AIR telah diinstal.

4 dari 6 halaman

Mengenal Fungsi Adobe AIR di Laptop

Adobe Integrated Runtime atau Adobe AIR merupakan cross-platform runtime system yang memungkinkan web developer untuk mengembangkan dan menjalankan Rich Internet Application (RIA) layaknya aplikasi desktop.

Fungsi Adobe AIR di laptop dapat membangun aplikasi desktop dengan HTML, JavaScript, AJAX, Flex, dan Flash. Berbeda dengan aplikasi web pada umumnya, aplikasi Adobe AIR ini diinstal pada laptop dan bisa beroperasi secara offlibe seperti aplikasi laptop biasa.

Fungsi Adobe AIR lainnya juga memiliki kemampuan untuk mengakses  data yang tersimpan pada komputer klien atau desktop dan memungkinkan user memiliki aplikasi web favorit. Adobe AIR juga dapat menyimpan, membuka, dan mengedit data atau informasi pada laptop atau komputer.

Inilah yang membedakannya dengan aplikasi web biasa yang berjalan pada browser. Adobe AIR ini cukup unik, karena berjalan pada laptop desktop tapi dikembangkan dengan bahasa pemrograman web.

5 dari 6 halaman

Contoh Aplikasi dengan Adobe AIR

Contoh aplikasi yang dikembangkan dengan Adobe AIR yaitu AOL dan eBay dengan eBay Desktop-nya agar user dapat melakukan transaksi di situs eBay melalui aplikasi desktop tanpa harus selalu membuka situsnya langsung di Internet.

Dengan Adobe AIR, aplikasi menjadi  lebih mudah, lebih kuat, dan lebih menyenangkan untuk digunakan.

6 dari 6 halaman

Beda Adobe AIR dengan Adobe Flash Player dan Adobe Shockwave

Fungsi Adobe AIR di laptop dengan Adobe Flash Player dan Adobe Shockwave memiliki kesamaan, namun yang membedakannya lebih pada beda ketahap penggunaannya. Pada Adobe Flash Player, ditujukan untuk membantu membuka video seperti YouTube dan TV Online.

Sedangkan fungsi Adobe AIR untuk menjalankan game atau permainan yang berbasis video flash. Game yang dijalankan pada browser bisa berjalan mulus apabila telah diinstall Adobe AIR.

Adobe Sockwave memiliki fungsi hampir sama dengan Adobe Flash Player, namun lebih dikhususkan untuk membantu konten multimedia seperti website yang banyak menampilkan animasi flash.

Jadi, apabila kamu menggunakan Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, maka dianjurkan untuk menginstal ketiga plugin tersebut untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik.