Sukses

8 Tempat Wisata Religi Umat Kristiani di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Menjelang perayaan Natal, umat Kristiani tengah disibukkan oleh berbagai kegiatan untuk beribadah. Setelah menyelesaikan ibadah, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi tempat wisata rohani Kristiani untuk memperdalam iman dan pengetahuan sejarah agama. 

Tempat wisata religi umat Kristiani di Indonesia sendiri cukup beragam. Ada beberapa daerah yang menjadi tujuan wisata religi umat Kristiani dengan menyajikan beragam destinasi. Mulai dari sejarah, bangunan dengan desain unik, dan berbagai patung dengan keindahannya.

Tempat wisata religi umat Kristiani di Indonesia ini menarik untuk dikunjungi dan cocok untuk liburan bersama keluarga. Mulai dari Sumatra, Jawa hingga Papua terdapat tempat wisata religi umat Kristiani yang bisa dinikmati.

Berikut 8 tempat wisata religi umat Kristiani yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/12/2019).

2 dari 5 halaman

Patung Tuhan Yesus Memberkati dan Bukit Doa Tomohon

Patung Tuhan Yesus Memberkati, Toraja

Tempat wisata religi umat Kristiani pertama yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan libur Natal dan akhir tahun adalah Patung Tuhan Yesus Memberkati. Patung ini terletak di Buntu Burake, Toraja, Sulawesi Selatan.

Patung Tuhan Yesus Memberkati ini merupakan patung Yasus tertinggi di dunia, mengalahkan Patung Christ the Redeemer di Brazil jika dihitung ketinggiannya dari permukaan laut. Tepatnya, patung ini memiliki ketinggian berkisar 40 meter yang terdiri dari tinggi landasan 17 meter dan patungnya sendiri memiliki tinggi 23 meter.

Untuk mencapai patung yang menghadap langsung ke Kota Makale ini, kamu perlu melewati 7.777 anak tangga. Fasilitas yang disediakan di sini berupa amphitheater untuk gedung pertunjukan dan konser.

Bukit Doa Tomohon, Sulawesi Utara

Tempat wisata religi umat Kristiani selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Bukit Dia Tomohon. Bukit Doa ini terletak di kawasan tomohon, di kaki gunung Mahawu, Sulawesi Utara.

Bukit Doa ini merupakan salah satu tempat wisata rohani Kristen yang sangat digemari. Bukan hanya umat Kristiani saja yang menyukai tempat wisata ini, melainkan lintas agama lain juga menyukainya.

Hal ini dikarenakan lokasi tempat wisata religi ini sangat luas dan memiliki keindahan alam, sejuk, dan bersih. Selain itu, Bukit Doa juga dilengkapi dengan wisata outbond dan tempat piknik keluarga. Ditambah lagi dengan dipenuhinya berbagai bunga dengan latar belakang Gunung Lokon yang menambah keindahnnya.

3 dari 5 halaman

Bukit Salib Kasih dan Graha Maria Annai Velangkanni

Bukit Salib Kasih, Tarutung

Tempat wisata religi selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Bukit Salib Kasih. Bukit Salib Kasih ini terletak di Tarutung, Sumatra Utara.

Bukit yang terletak di 2 kilometer dari Kota Tarutung ini memiliki ketinggian berkisar 30 meter dari permukaan tanah dan pada bagian bawah salib ditopang dengan tiga tiang besar. Untuk menuju ke Bukit Salib Kasih, kamu perlu melakukan pendakian sekitar satu kilometer.

Selain menikmati wisata religi, kamu juga bisa menikmati nuansa perbukitan yang teduh dan tenang. Tak hanya kaun Kristiani, umat agama lainnya juga bisa mendatangi tempat ini guna menyaksikan keindahan Tapanuli Utara dari atas bukit dan pemandangan lembah Silindung yang terbentang di bawahnya.

Graha Maria Annai Velangkanni, Medan

Gereja Maria Annai Velangkanni merupakan salah satu Gereja Katolik warga India yang ada di Medan, Sumatra Utara. Jika dilihat sekilas, desain dan interior gedung ini sangat unik dan menarik karena lebih menyerupai kuil Vihara umat Buddha.

Gereja Graha Maria Annai Velangkanni ini terletak di Taman Sakura Indah. Tepatnya di Jalan Bunga Sakura III No. 10, Tanjung Selamat, Medan Tuntungan. Ketika berkunjung ke sini kamu akan menemui relief-relief yang menceritakan peristiwa penyaliban Yasus Kristus.

Gereja ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama terdapat aula dan tempat ibadah, sedangkan lantai kedua terdapat patung Annai Velangkanni dan puteranya yang didatangkan langsung dari India.

4 dari 5 halaman

Gua Maria Lourdes dan Gua Maria Sendangsono

Gua Maria Lourdes, Kediri

Tempat wisata religi umat Kristiani lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Gua Maria Lourdes. Tempat wisata religi yang lebih dikenal dengan nama Gua Maria Lourdes Pohsarang ini merupakan salah satu tempat ziarah agama Katolik yang terletak di kompleks Gereja Pohsarang, Desa Puhsarang, Semen, Kediri, Jawa Timur.

Gua ini merupakan replika dari Gua Maria yang terdapat di Lourdes Prancis yang terkenal sebagai tempat penampakan Bunda Maria kepada St Bernadette. Bukan hanya menampilkan patung Bunda Maria yang berdiri di dalam gua, di sini kamu juga bisa menyaksikan patung-patung yang menggambarkan kisah-kisah rohani.

Gua Maria Sendangsono, Yogyakarta

Sendangsono merupakan tempat ziarah Gua Maria yang terletak di Desa Banjaroyo, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta. Patung Bunda Maria di Sendangsono ini dipersembahkan oleh Ratu Spanyol.

Tempat ini ramai dikunjungi oleh peziarah dari seluruh Indonesia pada Mei dan Oktober. Selain berdoa, umumnya peziarah mengambil air dari sumber. Hal ini dikarenakan mereka percaya bahwa air tersebut dapat menyembuhkan penyakit.

 

5 dari 5 halaman

Larantuka dan Patung Yesus Kristus Pulau Mansinam

Larantuka, Nusa Tenggara Timur

Menjelang perayaan Paskah, di Larantuka biasanya aka nada hari-hari penih doa yang disebut Semana Santa. Umat beragama Katolik biasanya akan mendatangi Larantuka untuk mendapatkan pengalaman rohani.

Pengunjungnya tak hanya dari warga setempat, melainkan warga negara lain juga banyak yang tertarik mengunjungi Larantuka. Hal ini dikarenakan Larantuka terdapat banyak peninggalan bangsa Portugis, seperti tiga buah kapel yang memiliki patung berumur ratusan tahun dan memiliki kegiatan keagamaan menjelang saat hari raya selama Semana Santa.

Patung Yesus Kristus, Pulau Mansinam

Patung Yesus Kristus di Pulau Mansinam merupakan tempat wisata religi yang bisa kamu kunjungi saat libur Natal. Patung Yesus Kristus ini terletak di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat.

Patung Yesus Kristus di Pulau Mansinam ini merupakan salah satu ikon kota dan menjadi tanda penyebaran Injil di Tanah Papua. Patung ini memiliki ketinggi berkisar 30 meter.