Sukses

8 Cara Membersihkan Sepatu Putih yang Mudah dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan sepatu putih mungkin agak sulit dilakukan. Apalagi jika kamu menggunakannya untuk melewati jalan becek, berpasir atau mungkin jalanan berlumpur, tentunya sepatu jadi tidak enak dipandang lagi karena adanya noda.

Di sisi lain, sepatu putih atau sneaker putih sedang menjadi tren saat ini. Sepatu putih sangat mudah dipadukan dengan berbagai macam busana. Selain itu, sepatu putih juga akan membuat kamu terlihat lebih berkelas dan elegan. Namun, perawatannya memang tidak gampang.

Cara membersihkan sepatu putih yang efektif bisa kamu terapkan. Sebenarnya, dalam membersihkan sepatu putih ini, kamu tidak memerlukan berbagai bahan yang macam-macam. Beberapa bahan untuk membersihkan sepatu putih ini bahkan mudah ditemui di rumah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/12/2019) tentang cara membersihkan sepatu putih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Menggunakan Semir Sepatu dan Sabun

Menggunakan Semir Sepatu

Cara membersihkan sepatu putih yang mudah dan efektif pertama adalah menggunakan semir sepatu. Semir sepatu merupakan cara paling praktis yang bisa kamu coba.

Selama ini mungkin kamu hanya mendengar semir sepatu untuk sepatu hitam saja, ternyata ada juga semir sepatu untuk sepatu putih. Gunakan semir sepatu khusus untuk membersihkan sepatu putih. Bercak noda yang menempel akan tertutup, walau tak sepenuhnya hilang.

Menggunakan Sabun dan Air

Cara membersihkan sepatu putih yang efektif selanjutnya tentunya adalah dengan menggunakan sabun dan air. Ketika sepatu berwarna putih terkena noda cukup parah seperti lumpur, solusi terbaik memanglah cuma satu.

Bersihkan sepatu menggunakan air dan sabun, lalu jangan lupa bagian dalam juga dibersihkan. Atau jika perlu, rendamlah sepatu kamu semalaman. Setelah itu baru dibilas, dan sepatu akan kembali bersih layaknya sepatu baru.

3 dari 5 halaman

Menggunakan Soda Kue/Cuka dan Pasta Gigi/Sikat

Menggunakan Soda Kue dan Cuka

Campur soda kue, cuka, dan air panas hingga membentuk pasta. Aduk campuran 1 sendok makan (15 ml) air panas, 1 sendok makan (15 ml) cuka putih, dan 1 sendok makan (15 gram) soda kue di dalam mangkuk. Terus aduk campuran ini hingga membentuk pasta kental.

Gosokkan pasta soda kue ke permukaan sepatu dengan sikat gigi. Biarkan pasta soda kue menempel di permukaan sepatu selama 3-4 jam. Letakkan sepatu di bawah sinar matahari langsung agar pasta soda kue mengering dan mengeras. Biarkan sepatu di luar ruangan hingga lapisan pasta soda kue yang sudah kering bisa dicungkil dengan kuku jari tangan.

Menggunakan Pasta Gigi dan Sikat

Pasta gigi dan sikat juga dapat menghapus bagian noda pada sepatu warna putih. Kamu cukup mengoleskan dan menyikatnya secara perlahan-lahan. Setelah melakukannya, bersihkan dengan lap atau handuk basah supaya bekas pasta gigi dan noda benar-benar hilang.

4 dari 5 halaman

Menggunakan Sampo dan Pemutih

Menggunakan Sampo

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan sampo atau deterjen untuk membersihkan sepatu putih. Hampir sama seperti penggunaan pasta gigi dan sikat, cukup oleskan deterjen atau sampo pada bagian sepatu yang ternoda. Kemudian sikat perlahan. Jangan lupa, gunakan bulu sikat yang halus.

Menggunakan Pemutih

Pemutih dapat kamu gunakan saat sudah tak ada cara lain untuk membersihkan sepatu putih. Pasalnya, cairan ini mengandung zat yang sifatnya korosif (membuat kulit sepatu memudar).

Supaya lebih aman, sikat bagian bercak noda saja tanpa menyikat bagian lain dan diamkan beberapa saat, sehingga kotoran betul-betul terangkat.

 

5 dari 5 halaman

Menggunakan Alkohol dan Penghapus

Menggunakan Alkohol

Menggunakan alkohol juga bisa menjadi salah satu cara membersihkan sepatu putih yang efektif. Caranya yaitu siapkan alkohol dan kipas. Tuangkan merata pada bagian yang terkena noda. Karena alkohol merupakan cairan bersifat keras, hati-hatilah menggosoknya agar kulit sepatu tidak mengelupas.

Menggunakan Penghapus

Mungkin cara satu ini akan membuat kamu bertanya-tanya, tapi penghapus memang bisa menghilangkan noda pada sepatu putih kamu. Memakai penghapus untuk membersihkan sepatu berwarna putih sangat memungkinkan, terutama yang berbahan suede. Gosok penghapus melawan arah dari noda supaya sepatu lebih cepat bersih.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS