Sukses

8 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari, Lakukan Secara Rutin

Manfaat minum air hangat di pagi hari bisa kamu dapatkan bila dilakukan dengan rutin.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum air hangat di pagi hari bukanlah obat ajaib yang hasilnya bisa instan. Kamu perlu melaksanakan kebiasaan tersebut secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatannya. Air hangat di pagi hari akan membantu memulai harimu menjadi lebih sehat.  

Memahami pentingnya minum air dalam jumlah yang cukup hingga sekitar delapan gelas sehari tentu sangat penting. Mengonsumsi air putih secukupnya tiap hari adalah saran terbaik untuk menjaga tubuh terhidrasi secara optimal.

Manfaat minum air hangat di pagi hari bisa kamu dapatkan bila dilakukan dengan rutin. Kamu juga dapat menncampurkan air hangat dengan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis. Namun, perlu diperhatikan pula suhunya, jangan minum air yang terlalu panas karena dapat membakar dan membuat lidah melepuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/12/2019) tentang manfaat minum air hangat di pagi hari. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Meredakan Flu dan Sakit Tenggorokan

Meredakan Flu

Manfaat minum air hangat di pagi hari yang pertama adalah dapat meredakan gejala flu. Berbagai gejala flu seperti sakit tenggorokan, pilek, dan dehidrasi dapat dicegah dan diringankan dengan minum air hangat.

Uap hangat juga dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas. Kamu  dapat menambahkan jahe, lemon atau madu untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan dengan segera.

Melegakan Sakit Tenggorokan

Untuk mendapatkan manfaat minum air hangat di pagi hari ini, kamu juga dapat berkumur terlebih dahulu dengan setengah sendok teh garam dapur yang ditambahkan ke dalam secangkir air hangat.

Rasa sakit pada tenggorokan umumnya disertai peradangan dan pembengkakan pada dinding tenggorokan. Air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan, sehingga tenggorokan terasa lebih lega. Gunakan campuran air garam tadi untuk berkumur tiga kali sehari selama 30 detik.

3 dari 5 halaman

Meredakan Stres dan Melancarkan Sirkulasi Darah

Meredakan Stres

Manfaat Minum air hangat di pagi hari juga dapat membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk otak. Efek ini dapat membuat rileks dan meringankan stres dan rasa cemas. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan di pagi hari agar kamu lebih bersemangat menjalani hari.

Bahkan mandi atau minum air hangat dapat membantu agar tidur lebih nyenyak. Untuk hasil yang maksimal, jangan hanya air hangat, kamu dapat minum susu hangat untuk membantu merasa lebih tenang dan nyaman.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat minum air hangat di pagi hari yang bisa membantu meluruhkan simpanan lemak dan memperlancar sistem syaraf akan berdampak pada kelancaran sirkulasi darah. Sebab, air hangat mampu membantu organ tubuh membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh.

4 dari 5 halaman

Meredakan Nyeri Akibat Menstruasi dan Radang Sendi

Meredakan Nyeri Akibat Menstruasi

Manfaat minum air hangat di pagi hari juga berperan dalam meredakan rasa sakit dan nyeri haid (dismenorrhea). Minum cairan dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tubuh menahan cairan di dalam.

Akibatnya, nyeri akibat kembung yang menyertai haid dapat berkurang. Selain itu, manfaat minum air hangat di pagi hari biasanya lebih baik karena dapat merelaksasi otot yang kram. Ditambah lagi konsumsi air hangat dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Meredakan Sakit dan Nyeri pada Radang Sendi

Sebagian besar orang yang sedang diserang penyakit biasanya disarankan meminum air hangat. Manfaat air hangat di pagi hari akan memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah, dan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks.

Selain itu, manfaat minum air hangat di pagi hari berguna juga dalam menenangkan sistem saraf dan menghidrasi tubuh. Hal ini dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita radang sendi. Bahkan air hangat juga dapat mengatasi rasa sakit pada perut, kepala hingga bagian tubuh lainnya.

5 dari 5 halaman

Meringankan Gejala Akalasia dan Detoksifikasi Racun

Meringankan Gejala Akalasia

Manfaat minum air hangat di pagi hari selanjutnya adalah dapat meringankan gejala akalasia. Air hangat disebut dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna dengan lebih nyaman.

Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan untuk mengantar makanan ke dalam lambung. Gejala umumnya adalah kesulitan menelan dan merasa ada makanan yang terjebak di kerongkongan.

Detoksifikasi Racun di dalam Tubuh

Selain mampu mengeluarkan sisa makanan, air hangat juga akan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Minum air hangat akan membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh serta membersihkan sistem tubuh.

Ketika kamu minum atau mandi dengan air hangat, sistem endokrin tubuh akan aktif dan membuat tubuh berkeringat. Dengan begitu, racun akan keluar melalui keringat. Selain itu, racun juga bisa keluar melalui urine ketika Anda buang air kecil.

Jadi itulah beberapa manfaat minum air hangat di pagi hari. Berbagai manfaat tersebut bisa kamu dapatkan jika menerapkannya secara rutin tiap harinya. Tentunya minum air putih saja sudah merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk tubuh, apalagi jika ditambah air hangat di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini