Sukses

7 Situs untuk Buat CV Kreatif, Gratis dan Mudah

Tak perlu ribet untuk bikin CV kreatif.

Liputan6.com, Jakarta CV menjadi bagian penting dalam melamar pekerjaan. Tidak peduli seberapa berkualitas dirimu, kamu perlu resume atau CV yang bagus untuk menunjukkannya. CV bisa menjadi bentuk representasi dirimu di depan para perekrut.

CV kini tak cuma dibuat dengan Microsoft Word dengan templat sederhana. Jika dulu format dan desan CV cuma itu-itu saja, kini makin banyak orang yang menggunakan CV kreatif untuk melamar pekerjaan. CV kreatif umumnya didukung oleh visual dan grafis yang menarik.

CV yang menarik dapat menjadi nilai tambah bagi para pelamar. CV semacam ini terutama banyak digunakan oleh para pelamar di industri kreatif, startup, bahkan perusahaan-perusahaan ternama. Bagi kamu yang tak jago desain, membuat CV kreatif akan nampak sulit.

Namun, tak perlu khawatir, kini banyak situs-situs yang menyediakan layanan pembuatan CV kreatif secara gratis. Kamu cukup memilih templat, memasukkan data, lalu mengunduhnya dalam bentuk PDF atau Word. Berikut 7 situs untuk membuat CV kreatif yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu(18/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Resume.com

Situs ini merupakan situs pembuat resume gratis dengan beragam templat. Pembuat resume ini memungkinkan kamu membuat resume atau CV dengan memasukkan informasi yang dibutuhkan. Menariknya lagi, situs ini juga punya fitur "Impor LinkedIn". Dengan meng-klik fitur tersebut, kamu akan tersambung ke profil LinkedInmu dan memasukkan informasi di LinkedIn ke dalam resume buatanmu secara otomatis.

Resume.com dapat diakses gratis oleh semua orang. Kamu bisa mengunduh resume dalam format file PDF, Word Document, Rtf, dan Txt secara gratis. Ada berbagai templat yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan kebutuhanmu.

3 dari 8 halaman

Resume.io

Serupa dengan Resume.com, Resume.io juga memungkinkan kamu untuk membuat CV kreatif tanpa ribet. Di sini kamu bisa membuat resume gratis dan mengunduhnya dengan cepat. Ribuan orang dari seluruh dunia sudah menggunakan situs ini untuk membuat CV kreatif.

Di situs ini terdapat berbagai macam templat yang telah dikategorikan. Setiap templat dirancang dengan ahli dan mengikuti “aturan resume” yang dicari oleh tim perekrutan. Di sini terdapat jenis templat seperti templat profesional, simpel, kreatif, dan modern.

4 dari 8 halaman

VisualCV

Visual CV menyediakan templat yang bagus untuk membantu kamu membuat CV dan kemudian memberimu alat untuk menyesuaikan CVmu untuk setiap pekerjaan yang kamu lamar. Ka mu mengimpor CV yang sudah ada atau membuat CV baru menggunakan templat yang tersedia. Templat dapat disesuaikan ke tingkat yang sangat baik, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang resume atau CVmu terlihat mirip dengan orang lain.

VisualCV menyediakan versi berbayar dengan beragam fitur menarik. Tapi, kamu juga masih bisa menggunakan VisualCV dalam versi gratis dengan fitur yang bisa mendukung pembuatan CVmu secara maksimal.

5 dari 8 halaman

Resumonk

Resumonk adalah salah satu pembuat resume atau CV gratis terbaik yang tersedia saat ini. Situs ini mudah digunakan dan membutuhkan sedikit waktu untuk menyiapkan resume. Cukup kunjungi situs web Resumonk resume builder, pilih templat dan masukkan detail informasi yang ingin kamu cantumkan.

Resumonk adalah pilihan yang baik untuk membuat CV pertamamu, Dengan templat desan dasar, kamu bisa memiliki CV yang terlihat profesional. Kelebihan dari situs ini adalah kamu tidak perlu membuat akun untuk membuat resume atau CV gratis di situs ini.

6 dari 8 halaman

ConnectCV

ConnectCV merupakan situs pembuat CV gratis yang bisa kamu coba. Terdapat berbagai fitur yang memudahkanmu untuk membuat CV dengan desain profeisonal. Ada juga fitur tambahan seperti pemeriksa ejaan bawaan, tip penulisan in-line, dan sampel CV khusus industri tertentu.

Kamu juga bisa menyusun portofolio melalui situs ini lengkap dengan berbagai pilihan templatnya. Kamu bisa memyimpan hasil CV yang kamu buat dalam berbagai format seperti word atau PDF. CVmu juga bisa tersimpan dalam bentuk weblink di mana kamu bisa menyisipkan portofolio berupa video atau suara di dalamnya.

7 dari 8 halaman

Resume Genius

Resume Genius menyediakan templat yang tampak klasik dan anggun yang berhasil membuat ribuan orang mendapatkan pekerjaan baru. Keakuratan, kesederhanaan dalam fungsi dan penggunaan, dan profesionalisme terlihat dalam pilihan resume di situs ini.

Resume Genius cukup unik. Situs ini akan menanyakan kepada pencari kerja serangkaian pertanyaan pilihan ganda tentang pendidikan dan pengalaman, dan hanya meminta kamu untuk mengisi bagian yang kosong dengan tanggal, peran, dan jawaban sederhana lainnya.

8 dari 8 halaman

Canva

Canva dikenal luas sebagai alat desain grafis yang dapat digunakan semua orang. Situs ini menyediakan berbagai kebutuhan desain grafis online dengan antarmuka mudah digunakan. Tak cuma membuat poster, Canva bisa membantumu membuat CV.

Jika kamu memiliki pengalaman desain, kamu bisa mulai dengan templat kosong. Jika tak punya bakat desain kamu bisa menggunakan templat yang telah ditentukan dan mengganti informasi dummy yang ada. Semua tools desain grafis Canva tersedia untuk pembuatan resume juga. Itu berarti kamu dapat menambahkan elemen, bentuk, gambar khusus, atau lainnya ke resume buatanmu. Paket gratis Canva mungkin adalah semua yang kamu butuhkan untuk membuat CV atau resume. Kamu akan mendapatkan penyimpanan 1 GB untuk foto dan aset lainnya, serta akses ke ribuan templat menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.